Asus ZenBook UX51VZ - Desain Kokoh Tanpa Kaca Sentuh

10 Apr 2013 21:00 6974 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
**Asus ZenBook** UX51VZ merupakan laptop 15.6 keluaran terbaru dari Asus yang mengemas prosesor Quad-core, yang didukung penuh dengan prosesor grafis Nvidia dan sepasang SSD 128 GB. Perangkat ini dibangun dengan baik dan memiliki banyak fitur kelas tinggi, termasuk layar IPS dengan sudut pAndang tak terbatas, speaker yang besar, backlit keyboard yang menyenangkan dan kemampuan baterai yang tinggi. Namun sayangnya perangkat ini ditawarkan dengan harga yang cukup menguras isi kantong Anda dan absennya layar sentuh dalam perangkat ini. Ingin tahu bagaimana performa dari perangkat ini? Berikut ulasan Paseban.

Asus ZenBook UX51VZ merupakan laptop 15.6” keluaran terbaru dari Asus yang mengemas prosesor Quad-core yang didukung penuh dengan prosesor grafis Nvidia dan sepasang SSD 128 GB. Perangkat ini dibangun dengan baik dan memiliki banyak fitur kelas tinggi, termasuk layar IPS dengan sudut pandang tak terbatas, speaker yang besar, backlit keyboard yang menyenangkan dan kemampuan baterai yang tinggi. Namun sayangnya perangkat ini ditawarkan dengan harga yang cukup menguras isi kantong Anda dan absennya layar sentuh dalam perangkat ini. Ingin tahu bagaimana performa dari perangkat ini? Berikut ulasannya.

Desain

Asus membungkus UX51VZ dengan bodi yang tipis untuk laptop yang memiliki ukuran layar sebesar 15.6 inch, dan memiliki berat sebesar 4.6 kilgoram. Dengan kata lain Ultrabook ini sedikit lebih tebal dan satu pon lebih ringan dibandingkan dengan Apple MacBook Pro terbaru, namun tetap akan menjadi sumber perhatian bagi mereka yang menginginkan perangkat dengan desain berbeda dari perangkat lainnya di pasaran. Desain Asus ZenBook UX51VZ ini relatif sederhana dengan chasis alumunium dan penutup alumunium berwarna perak gun metal. Bahan alumunum memang identik dengan bahan untuk perangkat high-end dan ASUS menggunakannya di seluruh badan dari Ultrabook ini diseluruh chasis, bukan hanya di bagian atas. Chasis yang dibawa oleh ASUS ini terdiri dari dua bagian yakni bagian atas dan bawah, dan bukan merupakan desain unibody. ASUS menciptakan desain yang cantik untuk perangkatnya satu ini dan memang banyak konsumen yang tertarik akan desain dari sebuah produk.

Layar

UX51VZ datang dengan layar yang cantik dari panel IPS yang merupakan panel dengan sudut pandang yang tidak terbatas. Gambar yang dihasilkan oleh perangkat ini tampak sangat memukau jika Anda melihatnya langsung dari sudut yang tepat. Layar pada ASUS ini memiliki kecerahan yang sangat baik dan saturasi, warna yang dihasilkan pun cukup hidup. Permukaan layarnya yang anti silau dapat dijadikan poin tambah untuk meminang perangkat ini. Layarnya sendiri mampu menghasilkan resolusi sebesar 1920 x 1080 piksel, ini sangat cocok untuk produktivitas Anda yang tinggi. Resolsui tinggi ini juga sangat cocok untuk melakukan editing foto dan multimedia karena ada begitu banyak piksel yang tertuang di dalam layar perangkat ini, terhitung dua kali lebih besar dari resolusi 1366 x 768 pada umumnya. Banyak detail yang ditampilkan pada layar pada saat yang sama tanpa zooming.

Performa

Pada bagian dapur pacunya, Ultrabook ini membawa prosesor Quad core i7-3612QM, varian ini merupakan varian prosesor tercepat saat ini dan telah terbungkus dalam desain yang ramping. Berikutnya adalah SSD 128GB dual, mereka dikonfigurasi dalam array RAID 0 yang memiliki beberapa keunggulan kinerja jika dibandingkan dengan menggunakan satu SSD sebesar 256GB. Selanjutnya, Asus ZenBook UX51VZ juga ditunjang dengan RAM sebesar 8 GB, yang perlahan-lahan menjadi norma baru di dalam pasar komputer jinjing.

Untuk para penggemar permainan 3D, kartu grafis yang disematkan di dalam perangkat ini cukup memiliki performa yang tinggi, yakni Nvidia GeForce GT 650m dengan 2GB memori sendiri. 650m GT sudah cukup untuk memainkan game terbaru saat ini, meskipun mungkin tidak semua dari mereka di dapat dimainkan dalam resolusi yang tinggi sebesar 1920 x 1080. Namun sayangnya, layar yang dipasangkan di dalam Ultrabook ini tidak menyematkan layar sentuh yang mana tidak sebanding dengan harga tinggi yang ditawarkannya.

Daya Baterai

Dalam urusan daya tahannya, Ultrabook ini mampu bertahan hingga 3 jam 42 menit ketika dilakukan tes pada Powermark. Kemampuannya ini mampu mengalahkan Ultrabook di kelas 14 inch dan 13.3 inch lainnya di pasaran. Dengan daya tahan yang cukup mumpuni, perangkat ini bisa diandalkan disegala kondisi terutama untuk Anda yang memiliki jam terbang yang tinggi di dalam pekerjaan Anda.

Kesimpulan

UX51VZ merupakan perangkat yang memiliki desain cantik pada kelas Notebook 15.6 inch yang pada akhirnya membawa harga yang mahal. Memang yang menjadikannya perangkat ini bisa menjadi deal-breaker adalah tidak disematkannya kaca sentuh di dalam perangkat in, mengingat perangkat ini membawa sistem operasi Windows 8 yang atraktif digunakan dalam layar sentuh. Layar yang tajam, backlit keyboard menawan, dan kartu grafis yang kencang akan menjadi nilai tersendiri bagi perangkat ini. Sayangnya harga yang dibanderol oleh perangkat ini tergolong mahal untuk sekelas perangkat yang absen dari layar sentuhnya, Anda bisa memboyong perangkat ini dengan harga sekitar Rp 22 jutaan. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel