Islamic Calender - Aplikasi Kalender Hijriah untuk Smartphone Anda

10 Dec 2014 13:00 16417 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita memang lebih banyak menggunakan kalender Masehi. Segala aktivitas seperti pembayaran tagihan hingga dateline pekerjaan berpatok pada kalander Masehi. Di sisi lain, sebagai umat muslim, kalender Hijriah juga diperlukan terutama untuk kebutuhan seperti dalam rangka puasa sunnah di tiap bulan Islam, penentuan awal Ramadhan, hingga penentuan hari raya Islam.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita memang lebih banyak menggunakan kalender Masehi. Segala aktivitas seperti pembayaran tagihan hingga dateline pekerjaan berpatok pada kalander Masehi. Di sisi lain, sebagai umat muslim, kalender Hijriah juga diperlukan terutama untuk kebutuhan seperti dalam rangka puasa sunnah di tiap bulan Islam, penentuan awal Ramadhan, hingga penentuan hari raya Islam.

Namun, sepertinya hal tersebut memang belum dirasa penting bagi kebanyakan orang. Mereka lebih suka melihat kalander Hijriah dalam kalender dinding. Terlebih fasilitas kalender Hijriah tersebut belum ada yang tersemat dalam sebuah handphone. Selama ini kita hanya menemukan kalander masehi yang berlaku untuk masyarakat dunia dalam sebuah handphone. Harus akui, kadang kebutuhan kalender Hijriah memang diperlukan. Karena itulah pada artikel ini Paseban akan mengulas dua aplikasi kalender Hijriah yang tersedia di Android Market dan iTunes.

 

ISLAMIC CALENDAR ANDROID

Aplikasi kalender Hijriah ini tidak hanya berfungsi sekadar kalender hijriah saja. Namun, bisa menjadi semacam pengingat Anda akan hari-hari besar umat Islam. Pengingat pada aplikasi kalender Hijriah ini tidak hanya saat berguna pada hari raya saja, namun Anda akan diberi semacam notifikasi sehari sebelumnya. Kelebihan lain, aplikasi kalendar hijriah ini juga telah terintegrasi sehingga dapat beradaptasi dengan lokasi dan menampilkan data berdasarkan jaringan dan lokasi GPS di negara mana kita berada. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu repot-repot melakukan pengaturan sesuai tempat Anda berada.

Islamic Calendar Android Islamic Calendar Android Islamic Calendar Android

Semua hari-hari besar Islam, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra' Mi'raj dan tahun baru Hijriah telah tersemat dalam aplikasi ini. Lengkap dengan sejarah dari peringatan tersebut. Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di Google Play

 

ISLAMIC CALENDAR IPHONE

Aplikasi kalender Hijriah juga tersedia untuk perangkat iPhone. Jika dibandingkan dengan aplikasi serupa untuk Android, aplikasi ini terlihat lebih eksklusif dengan fitur yang lebih lengkap. Selain bisa melihat perayaan hari-hari besar Islam, Anda juga bisa men-convert aplikasi ini ke kalender Masehi.

Islamic Calendar iPhone Islamic Calendar iPhone Islamic Calendar iPhone

Kelebihan yang tidak dimiliki aplikasi kalender hijriah Android dalam aplikasi ini yakni bisa menunjukkan fase bulan untuk setiap tanggal-tanggal tertentu. Ditambah lagi dengan desain yang nyaman dipandang, membuat Anda tak bosan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Anda bisa mengubah bahasa dalam aplikasi Kalender Hijriah ini menjadi bahasa Arab. Anda pun dapat mengubah tema utama dan menambah animasi sesuai dengan yang Anda kehendaki. Menarik bukan?

Tentu dengan penambahan fitur yang lebih mewah ini, aplikasi kalender Hijriah untuk iPhone lebih mahal jika dibandingkan dengan versi Android. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduh Aplikasi kalender Hijriah ini  di iTunes. [HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel