4 Aplikasi Text Editor untuk Perangkat iOS dan Android

27 Jan 2012 18:45 7748 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kini sudah mulai bermunculan aplikasi untuk melakukan pengembangan aplikasi ataupun *web* pada smartphone. Mayoritasnya, berfungsi sebagai aplikasi text editor yang dilengkapi dengan berbagai fungsi lainnya seperti akses FTP, format kode dan sebagainya.

Dunia teknologi semakin berkembang dengan sangat pesat. Bermacam revolusi dalam bidang telekomunikasi kian mengalami eskalasinya yang kencang. Dahulu smartphone dan tablet masih sebatas imajinasi saja, namun kini kedua benda 'ajaib' itu sudah berada dalam genggaman.

Beragam orang menggunakan kedua perangkat hasil pengembangan teknologi ini secara berbeda, ada yang digunakan untuk mendukung pekerjaan, hiburan maupun sekedar hobi saja. Mereka yang telah menggunakan smartphone dan tablet dari iOS maupun Android beranggapan bahwa hal-hal yang tadinya dilakukan menggunakan PC kini bisa dilakukan hanya dengan sebuah smartphone atau tablet.

Pertanyaannya ialah apakah bisa user smartphone dan tablet tadi melakukan coding di iPad atau Android?

Inilah yang paling menarik, karena kini sebenarnya sudah mulai bermunculan aplikasi untuk melakukan pengembangan aplikasi ataupun web pada smartphone. Mayoritasnya, aplikasi tersebut berfungsi sebagai aplikasi text editor yang dilengkapi dengan berbagai fungsi lainnya seperti akses FTP, format kode dan sebagainya. Nah, dibawah ini terdapat empat aplikasi text editor yang layak untuk Anda coba pada perangkat iOS dan Android.

Gusto

Aplikasi text editor yang satu ini berbasiskan text editor dan FTP on the go. Adapun kelebihan yang diberikan oleh Gusto ialah local and remote preview, fitur project, site tumbnail, dan juga persistence project state.

Aplikasi Gusto sendiri bisa untuk mendukunh syntax highlight dengan bahasa pemrograman semisal ASP, C, ColdFusion, CSS, HTML, Java, Javascript, LaTeX, Lisp, Objective-C, maupun XML. Anda cukup mengeluarkan $9,99 yang bisa Anda unduh di sini.

Textastic

Aplikasi yang dihargai $9,99 ini merupakan salah satu aplikasi untuk mengembangkan berbagai aplikasi untuk iPad. Textastic ini didukung dengan fitur untuk meng-edit syntax dari berbagai jenis bahasa pemrograman, selain itu juga memiliki FTP on the go di mana penggunanya bisa langsung melakukan editing dari FTP dan bias melihat hasilnya secara langsung. Untuk memililiki aplikasi ini Anda bias mengunjungi situs ini.

CodeToGo

Aplikasi text editor CodeToGo dihargai sekitar $2,99, tidak menyediakan syntax editing yang saling terintegrasi dengan FTP on the go. Kelebihannya, aplikasi ini memiliki testing code secara live. Untuk mendapatkan aplikasinya Anda bias mengunduhnya di sini.

Touchqode

Aplikasi text editor yang terakhir ini merupakan code editor yang berjalan pada Android. Tersedia cukup banyak highlight syntax yang mendukungnya, misalnya saja HTML, Javascript, Python, C++ dan PHP.

Pada aplikasi ini juga bisa melakukan proses compile yang tentunya prosesnya akan berjalan di server. Untuk mendapatkannnya Anda bias mengunduhnya di Android Market. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel