Aplikasi Augmented Reality Sebagai Penterjemah Real-time

23 Jan 2012 09:05 4830 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Satu lagi teknologi Augmented Reality dengan fungsi yang menarik Paseban temukan, yaitu untuk menterjemahkan teks pada suatu objek secara *real-time*. Dan saat mecoba melakukan *searching*, Paseban menemukan 4 aplikasi Augmented Reality dengan fungsi ini untuk *platform* iOS, Android, dan Windows Phone.

Satu lagi teknologi Augmented Reality dengan fungsi yang menarik Paseban temukan, yaitu untuk menterjemahkan teks pada suatu objek secara real-time. Dan saat mecoba melakukan searching, Paseban menemukan 4 aplikasi Augmented Reality dengan fungsi ini untuk platform iOS, Android, dan Windows Phone.

Berikut keempat aplikasi Augmented Reality yang bisa membantu Anda menghindari "lost in translation":

CamDictionary

CamDictionary adalah aplikasi Augmented Reality yang bisa mengidentifikasi teks yang berada pada suatu objek, dan kemudian menterjemahkannya kedalam 36 bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Indonesia.

Cara menggunakan Aplikasi Augmented Reality ini cukup mudah, Anda tinggal mengaktifkan aplikasi, yang secara otomatis menggunakan kamera handset Android Anda, kemudian arahkan kamera pada teks suatu obyek yang ingin Anda terjemahkan. CamDictionary bisa melakukan translate langsung melalui kamera, dalam artian saat mengarahkan kamera ke suatu teks objek Anda bisa langsung melakukan penterjemahan. Atau Anda bisa menjepret obyek tersebut, kemudian melakukan penterjemahan dari hasil foto.

Paseban mencoba aplikasi Augmented Reality ini dengan mengarahkan kamera handset Android pada layar komputer yang menampilkan situs berbahasa inggris, dan CamDictionary menunjukkan hasil yang memuaskan. Ia bisa melakukan penterjemahan dengan tepat dan sempurna, baik dari kamera langsung maupun dari foto. Sebagai catatan CamDictionary menterjemahkan per kata bukan kalimat.

Anda bisa mendapatkan aplikasi Augmented rReality ini secara gratis di sini. Berikut video demo CamDictionary:

CamDictionary

Word Lens

Word Lens adalah aplikasi Augmented Reality penterjemah yang tersedia untuk platform iOS. Dengan fungsi Word Lens mirip dengan CamDictionary, tetapi kemampuannya jauh lebih menarik dari CamDictionary!

Seperti yang bisa Anda lihat pada video demo CamDictionary di atas, hasil penterjemahan ditampilkan dalam bentuk "teks bubble". Tetapi penterjemahan yang dilakukan oleh aplikasi Augmented Reality untuk iOS ini adalah benar-benar merubah teks pada objek. Berikut video demo Word Lens:

Word Lens

Aplikasi Augmented Reality ini tersedia secara gratis di App Store. Tetapi versi gratis ini hanya bisa menerjemahkan dalam tiga bahasa saja, yaitu Inggris, Prancis dan Spanyol. Sementara apabila Anda ingin memperoleh tambahan bahasa lain, Anda harus mengeluarkan biaya $9.99 per-bahasa.

BabelCam

Untuk Anda pengguna Windows Phone Mango, tersedia BabelCam dengan fungsi yang hampir mirip dengan kedua aplikasi Augmented Reality di atas, yaitu menerjemahkan kata pada gambar. Sayangnya BabelCam tidak bisa dikategorikan dalam aplikasi Augmented Reality, karena ia hanya bisa menerjemahkan berdasarkan hasil foto saja.

Mengapa Paseban mengikutsertakan BabelCam pada artikel ini apabila ia bukan aplikasi Augmented Reality? Karena aplikasi Windows Phone inilah yang memiliki fungsi terdekat dengan kedua aplikasi iOS dan Android di atas.

Anda bisa mendapatkan BabelCam di sini. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel