Berbagi Film, Foto, dan Dokumen Dari Windows Phone Via Penyimpanan Data Online SkyDrive

8 Mar 2013 19:00 3237 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu peningkatan yang disampaikan dengan Windows Phone 8 adalah dukungan untuk penyimpanan data online SkyDrive yang merupakan layanan penyimpanan awan dari Microsoft yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan mensinkronisasi foto, musik, video dan banyak lagi di antara perangkat yang berbeda.

Salah satu peningkatan yang disampaikan dengan Windows Phone 8 adalah dukungan untuk penyimpanan data online SkyDrive yang merupakan layanan penyimpanan awan dari Microsoft yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan mensinkronisasi foto, musik, video dan banyak lagi di antara perangkat yang berbeda.

Windows Phone 7 memiliki dukungan terbatas untuk layanan penyimpanan data online tersebut, aplikasi pertama untuk awan hanyan dirilis pada tahun 2012. Untuk pengguna Windows Phone 8, akses ke penyimpanan tersedia melalui Offce Hub dan melalui aplikasi gratis resmi ini, tersedia dari Windows Phone Store. Menghadapi persaingan dari layanan penyimpanan data online seperti Box, Dropbox, dan Google Drive, bagaimana SkyDrive untuk Windows Phone bisa bertahan?

Fitur Sinkronisasi Awan

Salah satu kegunaan utama dari aplikasi online storage pada Windows Phone ini adalah secara otomatis mampu mensinkronisasi gambar yang telah diambil dari kamera ponsel. Hal ini dapat dengan mudah diatur di latar belakang dan mengunggahnya dengan sangat cepat (tentu saja tergantung pada koneksi Anda).

Aplikasi ini juga menawarkan browsing penuh dari akun penyimpanan data online Anda, menawarkan pilihan tampilan (list dan thumbnail), kemampuan untuk membuat folder dan memindahkan file, bahkan membagikan konten dengan kontak email. Anda juga bisa memeriksa penyimpanan yang tersisa, seperti kemampuan untuk mengelola ukuran foto yang diunggah dan diunduh.

Untuk pengguna yang berkepentingan dengan dokumen Office, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menelusuri dan membuka dokumen dalam aplikasi Microsoft Office yang sesuai pada Windows Phone Anda.

Kemudahan Penggunaan

Apa yang paling mencolok tentang aplikasi ini adalah kemudahan penggunaannya. Dari saat peluncuran, Anda akan melihat bahwa aplikasi ini langsung mengantarkan Anda ke koleksi file dan folder, menawarkan akses cepat ke foto, video dan dokumen lainnya yang mungkin telah Anda simpan di penyimpanan awan Microsoft. File terbaru juga dapat dilihat, sementara kemampuan untuk mencari, berganti tampilan, membuat folder baru, memilih file dan mengubah pengaturan Anda tersedia dengan menarik menu elips (kontekstual, perubahan tergantung pada layar yang sedang Anda lihat).

Auto-Sinkronisasi SkyDrive

Mensinkronisasi foto terbaru ke aplikasi sangat sederhana, dan penting untuk memastikan Anda tidak kehilangan mereka jika sesuatu terjadi pada ponsel. Pada Windows Phone, Anda bisa memilih alat sinkronisasi bawaan melalui Settings > Applications > Photo+Camera dan mengaktifkan SkyDrive untuk mengunggah foto dan video. Perhatikan bahwa Facebook juga dapat dipilih untuk mengunggah manual secara photo-by-photo secara langsung dari aplikasi kamera.

Sementara dokumen dan spreadsheet yang Anda buat pada ponsel dapat disimpan ke penyimpanan menggunakan pilihan Save as. Setelah tersimpan di penyimpanan awan, aplikasi akan terus menjadi lokasi default untuk membuka file tersebut kecuali ada koneksi internet yang memungkinkan.

Browsing dan Membuka File dari SkyDrive

Untuk menelusuri file pada aplikasi yang Anda butuhkan adalah membuka aplikasinya dan memilih folder yang sesuai. Daftar Files menunjukkan seluruh isi aplikasi, dimulai ari video hingga musik dan dokumen, serta gambar. Semuanya diurutkan berdasarkan abjad, ini tidak bisa diubah dan jika Anda men-tap, maka akan menampilkan file yang dipilih dengan aplikasi yang benar. Misalnya, dokumen Word akan dibuka di Word mobile, MP3 akan dibuka di media player built-in dan lain-lain.

Ada pengaturan tambahan yang tersedia untuk mengelola aplikasi, namun ini hanya dapat diakses melalui browser. Dengan membuka Settings > Account > Manage Storage, Anda bisa meningkatkan ukuran penyimpanan aplikasi, namun Anda harus berlangganan dan membayar ke Microsoft. Anda juga dapat mengelola Office File Format, menentukan apakah file Word, PowerPoint dan Excel yang akan disimpan sebagai dokumen Microsoft Office Open XML Format (.DOCX, .PPTX dan .XLSX) atau OpenDocument Format (.ODT, . ODP, .ODS) –pilihan bagus yang diberikan oleh Microsoft.

Keputusan

Kekurangan dari aplikasi resmi DropBox dan Google Drive untuk Windows Phone cukup banyak membatasi kompetisi pada aplikasi untuk Box. Meskipun yang terakhir menawarkan penyimpanan yang lebih, aplikasi Microsoft ini ditujukan untuk Windows Phone sebagaimana iCloud ditujukan untuk iOS. Ini adalah pasangan yang sempurna, layaknya Romeo dan Juliet. Oleh sebab itu, ini harusnya menjadi aplikasi yang Anda instal pada Windows Phone Anda. Aplikasi ini bisa didownload di situs resminya di sini. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel