Aplikasi Smartphone Untuk Membantu Travelling

27 Dec 2011 19:00 3905 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda akan melakukan suatu perjalanan untuk liburan maupun keperluan lainnya, smartphone Anda bisa menjadi perangkat yang sangat berguna dalam mendukung perjalanan Anda. Aplikasi smartphone apa sajakah yang paling penting?

Jika Anda akan melakukan suatu perjalanan untuk liburan maupun keperluan lainnya, smartphone Anda bisa menjadi perangkat yang sangat berguna untuk membantu Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan aplikasi yang diperlukan untuk menghilangkan kebosanan dalam perjalanan atau untuk keperluan internet. Berikut aplikasi smartphone yang Paseban sarankan untuk Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan.

Mencari WiFi gratis

Jika Anda berada di sebuah kota baru, atau bahkan Negara baru, Anda tentu tidak mengetahui di mana tempat yang menyediakan WiFi hotspot seperti saat Anda berada di kota Anda sendiri. Aplikasi smartphone bisa membantu Anda untuk masalah ini.

Apabila Anda menggunakan iPhone, Anda bisa menggunakan aplikasi gratis bernama 4sqwifi yang menggunakan Foursquare sebagai sumber untuk mengetahui lokasi hostpot WiFi yang berada di dekat Anda.

Untuk pengguna Android, Anda bisa mencoba WiFi Tracker yang bisa membantu menemukan lokasi WiFi hotspot terdekat menggunakan Google Maps. Sayangnya aplikasi smartphone ini tidak gratis dan dibanderol dengan harga $1,55.

Rencana Perjalanan

Merencanakan perjalanan mulai dari jadwal penerbangan, transportasi saat Anda berada di kota tujuan, restoran, navigasi tempat yang akan Anda kunjungi di kota tujuan dan perencanaan lainnya tentu biasa dilakukan oleh orang yang akan melakukan perjalanan. Dan aplikasi smartphone bernama TripIt tidak hanya akan mencatat jadwal, tetapi sekaligus akan memberikan petunjuk atas segala hal yang disebutkan diatas.

TripIt, yang tersedia gratis untuk iPhone, Android, BlackBerry dan Windows Phone, akan menampilkan peta kota tujuan Anda, navigasi, lokasi restoran dan masih banyak lagi.

Ketahui cuaca kota tujuan

Mengetahui cuaca dan temperatur kota tujuan juga penting untuk mempersiapkan apa yang perlu Anda bawa. Anda tentu tidak ingin salah kostum dengan hanya membawa pakaian tipis saja sementara kota yang Anda tuju sedang musim hujan dan bertemperatur dingin.

Tersedia banyak aplikasi smartphone semacam ini yang tersedia untuk iPhone, Android, BlackBerry maupun Windows Phone. Anda bisa mengakses market app pada smartphone Anda dan search menggunakan kata kunci weather, maka akan muncul banyak aplikasi pilihan.

Menyiapkan diri untuk perjalanan ekstrim

Beberapa orang mungkin tidak menyukai liburan standar dan menginginkan sedikit petualangan. Persiapan ekstra dibutuhkan untuk perjalanan petualangan seperti ini. Aplikasi smartphone pun menyediakan panduan untuk perjalanan semacam ini.

Pada iPhone terdapat aplikasi khusus untuk perjalanan petualangan semacam ini bernama "wikiHow: How to and DIY Survival Kit." Aplikasi gratis ini menyediakan informasi mulai dari cara meloloskan mobil saat terperangkap di tepi jurang hingga bagaimana cara menyalakan api di badai es. Untuk pengguna smartphone berplatform selain iPhone, Anda bisa menggunakan browser smartphone dan mengakses situs ini.

Menjadikan smartphone sebagai WiFi hotspot

Ada kalanya dalam perjalanan Anda perlu membawa laptop dan koneksi internet untuk mengerjakan sesuatu. Smartphone saat ini memiliki kemampuan sebagai hotspot WiFi pribadi. Oleh karena itu pengetahuan cara menggunakan smartphone sebagai WiFi hotspot juga sangat diperlukan apabila Anda berada dalam kondisi urgent dan tidak menemukan WiFi hotspot terdekat.

Untuk pengguna Android, Anda bisa mengetahui cara menjadikan smartphone Android sebagai WiFi hotspot pada artikel sebelumnya di sini. Atau Anda bisa menggunakan aplikasi smartphone bernama PDAnet yang tersedia untuk Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, bahkan PalmOS. Anda bisa mendapatkan PDAnet di sini. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel