Adu Dua Ponsel Slide QWERTY - Nokia C6 VS Sony Ericsson Vivaz Pro

9 Dec 2011 15:00 11790 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada saat ini, varian ponsel sudah tersedia dalam berbagai design yang inovatif dan menarik. Salah satu design yang sempat populer dan sampai sekarang masih banyak dicari konsumen adalah ponsel pintar dengan *design* *slide* QWERTY. Berikut Paseban akan mengulas perbandingan dua ponsel *slide* QWERTY yakni Nokia C6 VS Sony Ericsson Vivaz Pro.

Pada saat ini, varian ponsel sudah tersedia dalam berbagai design yang inovatif dan menarik. Salah satu design yang sempat populer dan sampai sekarang masih banyak dicari konsumen adalah ponsel pintar dengan design slide QWERTY. Sekilas tampilan dari ponsel-ponsel ini mirip netbook atau laptop versi mini dalam hal penggunaannya.

Berikut Paseban akan mengulas perbandingan dua ponsel slide QWERTY yakni Nokia C6 VS Sony Ericsson Vivaz Pro.

Dimensi dan Layar

Dalam hal ini, Nokia C6 berukuran 113 x 53 x 16.8 mm dengan berat 150 gram sedangkan Vivaz Pro berukuran 109 x 52 x 15 mm dengan berat 117 gram. Dapat kita simpulkan bahwa Vivaz Pro ternyata lebih ringan dan lebih tipis jika dibandingkan dengan lawannya. Untuk ukuran layar, ternyata kedua ponsel ini sama-sama mengusung layar 3.2 inci dengan resolusi 360 x 640 pixels, 16 juta warna dan TFT resistive touchscreen. Namun, Vivaz Pro masih lebih unggul dengan sudah dibenamkannya teknologi anti gores atau scratch-resistant surface.

Processor dan Sistem Operasi

Performa maksimal yang bisa dihasilkan Nokia C6 ditunjang dengan processor 434 MHz ARM 11 processor dengan sistem operasi Symbian OS v9.4 Series 60 rel. 5. Sedangkan Vivaz Pro lebih unggul dengan telah dilengkapi dengan processor 720 MHz PowerVR SGX GPU dan Symbian S60 5th edition.

Kamera dan Baterai

Untuk keperluan fotografi, ponsel keluaran Nokia ini sudah memiliki kamera utama 5 MP dan kamera depan QVGA quality. Vivaz Pro juga sudah dilengkapi dengan kamera 5 MP namun tanpa memiliki kamera depan untuk video-calling. Kedua ponsel telah dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas 1200 mAh namun berbeda dalam jenis Li-ion yang dimiliki Nokia C6 dengan Li-Po yang dipakai oleh Vivaz Pro. Baterai jenis Li-Po ditengarai mampu memberikan standby time dan talktime lebih lama daripada Li-ion.

Konektivitas

Jaringan untuk akses internet yang ditawarkan C6 adalah GPRS (class 32), EDGE (class 32) dan 3G via HSDPA dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps. Sedangkan lawannya memfasilitasi jaringan GPRS (class 10), EDGE (class 10), 3G via HSDPA (10.2 Mbps) dan HSUPA (2 Mbps). Tentunya jaringan 3G miliki Vivaz pro lebih cepat untuk keperluan akses internet.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Sony Ericsson Vivaz Pro masih jauh lebih unggul bila dibandingkan dengan Nokia C6 dalam berbagai aspek. Namun ternyata kedua ponsel ini dibanderol dengan harga yang sama yakni sekitar Rp. 2.500.000 (baru) di pasaran. [IS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel