Pengenalan Linux sebagai Sistem Operasi Bebas (part 1)

23 Nov 2011 12:00 3122 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada artikel Paseban kali ini yang mengusung tema pengenalan Linux, Paseban merasa bahwa saat ini, kata "Linux" sepertinya memang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet. Tidak menutup kemungkinan pula jiga Linux nantinya juga akan digunakan pada OS Smartphone seperti yang sudah pernah Paseban ulas sebelumnya.

Pada artikel Paseban kali ini yang mengusung tema pengenalan Linux, Paseban merasa bahwa saat ini, kata "Linux" sepertinya memang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet. Tidak menutup kemungkinan pula juga Linux Ubuntu OS nantinya juga akan digunakan pada OS Smartphone seperti yang sudah pernah Paseban ulas sebelumnya.

Secara teknis Linux merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, di mana dapat berjalan pada berbagai platform termasuk prosesor Intel 386 ataupun yang lebih tinggi dari itu. Sistem operasi ini mengimplementasikan standar POSIX, sehingga Linux dapat berintegrasi dengan sistem operasi yang lain termasuk Apple, Microsoft dan Novell.

Dalam pengenalan Linux, tentunya dimulai dari nama Linux itu sendiri, di mana namanya itu diturunkan dari pencipta awalnya, yaitu Linus Torvalds. Linux sebenarnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap. Lingkungan sistem operasi Linux ini mencakup ratusan program termasuk kompiler, interpreter, editor dan utilitas. Dan Linux ini merupakan perangkat bantu yang mendukung konektifitas, ethernet, SLIP dan PPP serta interoperabilitas.

Pengenalan Linux juga tidak lepas dari kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja keras dan menjadikan Linux menjadi sebuah sistem operasi portabel ke suatu platform baru, di mana Linux juga mendukung pengguna yang memiliki beragam kebutuhan serta memungkinkan mereka untuk dapat turut serta dalam bertindak sebagai tim pengembang sendiri.

Perbedaan Mendasar Linux

Dalam perkenalan Linux, satu hal yang paling mendasar dan membedakan adalah masalah harga. Linux memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi lain. Selain itu, Linux dapat diperbanyak dan didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang.

Selain pertimbangan harga, pertimbangan source code juga menjadi hal yang lebih utama, di mana source code Linux tersedia bagi semua orang sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya. Kebebasan ini juga memungkinkan para vendor hardware membuat driver untuk beberapa device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal atau menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA). Hal ini juga memungkinkan setiap orang untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi nyata dan berkualitas komersial karena Linux tersedia secara bebas di internet, berbagai vendor juga telah membuat suatu paket distribusi yang dapat dianggap sebagai versi kemasan Linux. Paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap perangkat lunak untuk instalasi dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus dengan dukungan khusus.

Perbedaan Linux dengan sistem operasi lain

Linux disusun berdasarkan standar sistem operasi POSIX yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan seminimal mungkin. Secara umum, dapat dikatakan bahwa Linux berjalan lebih cepat dibandingkan dengan UNIX lain pada hardware yang sama. Dan UNIX juga memiliki kelemahan yaitu tidak bersifat free. MS. DOS memiliki kemiripan dengan Linux yaitu file sistemnya bersifat hirarkis. Tetapi MS. DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86 yang tidak mendukung multi user dan multi tasking serta tidak bersifat free. MS. DOS juga tidak memiliki dukungan yang baik untuk berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang dan program utilitas yang ada dalam Linux.

MS. Windows menawarkan kemampuan grafis yang ada pada Linux termasuk kemampuan networking tetapi tetap memiliki kekurangan yang ada pada MS. DOS. Windows NT juga tersedia untuk Digital Alpha selain prosesor x86, namun Windows NT ini masih memiliki beberapa kekurangan seperti halnya pada MS. DOS. Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus dibayar. Selain pada MS. DOS, Linux juga telah tersedia dan dapat dijalankan pada PowerMac, Appe. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel