Adu Dua Ponsel dengan Fitur Unggulan QWERTY - Sony Ericsson TxT Vs Nokia C3

22 Nov 2011 11:00 5351 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Persaingan ponsel dengan fitur QWERTY ternyata masih berlangsung di pasar ponsel lokal maupun internasional. Hal ini terbukti dengan dirilisnya ponsel Sony Ericsson Txt pada bulan Oktober lalu. Ini adalah ponsel pertama keluaran Sony Ericsson dengan fitur unggulan QWERTY *keyboard* dan pilihan warna yang sangat menarik.

Persaingan ponsel dengan fitur QWERTY ternyata masih berlangsung di pasar ponsel lokal maupun internasional. Hal ini terbukti dengan dirilisnya ponsel Sony Ericsson Txt pada bulan Oktober lalu. Ini adalah ponsel pertama keluaran Sony Ericsson dengan fitur unggulan QWERTY keyboard dan pilihan warna yang sangat menarik. Untuk menambah bahan pertimbangan buat anda, Paseban akan mencoba membandingkan Sony Ericsson Txt VS Nokia C3 yang memiliki fitur dan spesifikasi yang tidak terlalu jauh berbeda.

Design

Kedua ponsel ini sama-sama mengedepankan design QWERTY keyboard sebagai andalannya namun dengan dimensi dan berat yang cukup jauh berbeda. Sony Ericsson Txt memiliki dimensi 106 x 60 x 14.5 mm dengan berat sebesar 95 gram. Sedangkan rivalnya memiliki ukuran keseluruhan body 115.5 x 58.1 x 13.6 mm dengan berat 114 gram. Sama-sama dibekali layar TFT 256.000 warna (320x240 pixel) namun dengan ukuran yang sedikit berbeda yakni 2.55 inci untuk SE Txt dan 2.4 inci untuk Nokia C3. SE Txt juga lebih unggul dengan memiliki fitur scratch-resistant surface pada layarnya.

Fitur Messaging dan Jejaring Sosial

Design QWERTY keyboard memang sangat ideal untuk digunakan sebagai media untuk messaging dan jejaring sosial. Kedua ponsel tersebut sudah terintegrasi dengan dua situs jejaring terkenal. Selain itu, fitur Instant Messaging (IM), Push email, Predictive text input juga sudah tersedia pada kedua ponsel ini. Namun lagi-lagi SE Txt memiliki keunggulan lebih dengan sudah tersedianya akses langsung ke Gmail dan Google Search sebagai fitur tambahan untuk browsing internet.

Kamera

Untuk kebutuhan fotografi, Sony Ericsson Txt memiliki kamera 3.15 megapixel yang sudah lebih dari cukup untuk ponsel kelas menengah. Kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur fixed-focus yang mampu menangkap semua gambar yang ada di depannya dengan tajam, akan tetapi ketajamannya maupun kepekaannya biasanya bermutu rendah. Untuk Nokia C3, fitur kamera 2 megapixel sudah ditambahkan sebagai pelengkap untuk kebutuhan fotografi dan juga untuk merekam video dengan kualitas QCIF (@15 fps).

Baterai

Dalam hal kekuatan baterai, SE Txt sudah di-bundle dengan baterai Li-ion 1000 mAh yang mampu memberikan waktu stand by sampai 416 jam, talk-time hingga 3 jam lebih dan pemutar lagu sampai 23 jam. Berbanding cukup jauh dengan lawannya Nokia C3 yang sudah dibekali dengan baterai Li-ion 1320 mAh (BL-5J) yang dapat memberikan durasi standby hingga 800 jam dan talk-time sampai 7 jam.

Kesimpulan

Bila ditinjau dari ulasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan secara umum bahwa Sony Ericsson Txt masih lebih unggul daripada lawannya dikarenakan ukurannya yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan. Selain itu, SE Txt memiliki fitur untuk internetan yang lebih lengkap dan juga fitur kamera yang lebih mumpuni. Nokia C3 hanya lebih unggul dalam hal kapasitas baterai yang lebih banyak dan waktu standby dan talktime yang lebih panjang. Namun, keputusan sepenuhnya terserah anda dan untuk referensi tambahan, kedua ponsel ini dibanderol dengan harga di bawah 1 jutaan. [IS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel