Perbandingan Tarif Paket SMS Semua Operator

18 Oct 2011 13:00 65130 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi sebagian orang dan mungkin termasuk salah satunya Anda lebih menyenangi SMS-an di banding menelepon. SMS merupakan kepanjangan dari Short Message Service yang berarti layanan pesan singkat. Beberapa operator ada yang lebih menekankan layanannya pada fitur paket SMS ini daripada telepon.

Bagi sebagian orang dan mungkin termasuk salah satunya Anda lebih menyenangi SMS-an di banding menelepon. SMS merupakan kepanjangan dari Short Message Service yang berarti layanan pesan singkat. Beberapa operator ada yang lebih menekankan layanannya pada fitur paket SMS ini daripada telepon.

Tetapi ada juga operator yang lebih menekankan pada fitur layanan telepon daripada paket SMS. Pada artikel ini Paseban akan mencoba me-review perbandingan tarif setiap operator yang menyediakan layanan paket SMS.

Indosat

Di antara semua produk Indosat yaitu IM3, Mentari, Matrix dan Star One (CDMA), hanya IM3 yang memiliki layanan paket SMS. Sebenarnya pelanggan Mentari juga bisa menggunakan layanan ini, caranya yaitu dengan berpindah tarif ke paket IM3. Nama layanan paket SMS dari Indosat ini bernama "Sesukanya! IM3 SMS Banget!" Selain menyediakan paket SMS, Indosat merupakan satu-satunya operator yang menyediakan paket SMS dengan denomiasasi voucher. Denomisasi voucher tersebut hanya tersedia dalam tiga paket seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

Denomisasi Vocher SMS Jenis Jumlah SMS Masa Aktif Masa Berlaku
Rp 50.000 Voucher Elektronik (SEV) 333 3 hari Selama kartu aktif
Rp 10.000 Voucher Elektronik (SEV) 666 10 hari
Rp 25.000 Voucher Elektronik (SEV) 1.666 30 hari

Cara mengaktifkan Paket SMS

Paket SMS Mekanisme Registrasi Jumlah SMS Masa Berlaku
Rp 1.000 ketik SMS1000 kirim ke 303 500 1 hari
Rp 5.000 ketik SMS5000 kirim ke 303 333 Selama kartu aktif
Rp 10.000 ketik SMS10000 kirim ke 303 666

Tabel kedua menunjukkan cara untuk mengaktifkan paket SMS dengan sistem pemotongan pulsa dari saldo yang dimiliki pelanggan. Untuk mengetahui status jumlah paket SMS, Anda bisa mengaksesnya di menu *555*1#. Tarif di atas berlaku juga bagi pelanggan Mentari yang berpindah tarif ke paket IM3. Coba pertimbangkan kembali bagaimana perbedaan harga voucher dengan harga paket SMS melalui tabel di atas. Anda tentunya yang lebih tahu dengan kebutuhan Anda sendiri, Anda bisa mementingkan jumlah kuantitas paket pulsa atau lebih menekankan masa aktifnya.

Telkomsel

Seperti halnya Indosat, paket SMS Telkomsel juga hanya bisa dinikmati oleh salah satu brand produknya. Jika paket SMS Indosat bisa digunakan oleh pelanggan IM3 dan Mentari, maka paket SMS Telkomsel hanya bisa digunakan oleh pelanggan Kartu As saja, itu pun dengan batasan wilayah tertentu. Nama layanan paket SMS Telkomsel adalah Jagoan Serbuuu (Serba Seribu). Di bawah ini adalah skema paket SMS Kartu As dari Telkomsel.

SMS Jagoan Serbuuu Status Paket Keterangan
Paket SMS Jagoan Serbuuu hanya berlaku di Sumatera, Jabodetabek, Bali, NTB, Sulawesi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Rp 1.000 SMS ke semua operator Pembelian paket : 00.00 s/d 17.00

Masa Penggunaan : 00.00 s/d 24.00(Waktu setempat)

Kekurangan layanan paket SMS Telkomsel terletak pada dibatasinya wilayah, sehingga tidak semua wilayah dapat menjangkau layanan paket SMS Serbuuu tersebut. Bagi Anda yang daerahnya termasuk dalam daftar status wilayah jangkauan layanan paket SMS Serbuuu, bisa mengaktifkan layanan tersebut melalui SMS dengan mengetikkan SERBUSMS kirim ke 8999 atau ketik *100*11# lalu tekan OK/YES.

XL

Berhubung XL sudah memangkas anak-anaknya (Jempol dan Bebas), maka istilah tarif khusus bagi pelanggannya pun sudah ditiadakan. Artinya, semua promo dan hal apapun hanya berlaku bagi pelanggan XL secara umum.

Status Paket SMS Tarif
1 hari Rp 2.000
3 hari Rp 5.000
7 hari Rp 20.000
30 hari Rp 50.000

XL juga menyediakan paket SMS yang di-bundle dengan paket Nelpon dan Internet. Untuk lebih jelasnya menegnai informasi bundling tersebut Anda bisa melihatnya di aplikasi Telcolator Paseban.

Axis

Seperti halnya beberapa layanan paket SMS yang telah Paseban review di atas, operator Axis juga menyediakan berbagai pilihan layanan paket SMS yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya. Tarif layanan paket SMS Axis seperti yang diklaim di situsnya menyebutkan bahwa batas minimal tarif tersebut berkisar mulai dari Rp 1.000 per hari untuk 10.000 SMS. Lihat tabel di bawah ini.

Paket SMS
Harian Rp 1.000 10.000 SMS
2 Harian Rp 1.900 10.000 SMS
3 Harian Rp 2.800 10.000 SMS
Mingguan Rp 6.500 10.000 SMS
2 Mingguan Rp 12.900 10.000 SMS
Bulanan Rp 25.000 10.000 SMS

Jika Anda ingin mengaktifkan paket SMS Axis, tekan *777# lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Untuk mengecek status paket SMS ketik *888# lalu tekan OK/YES. Dari informasi tabel di atas, jika dibandingkan dengan operator lain untuk layanan paket SMS GSM, Axis sepertinya memenangkan pertempuran tarif paket SMS di antara semua operator GSM.

3 (Three)

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pemenang pertama untuk kategori layanan paket SMS GSM adalah Axis. Mungkin Anda merasa heran bahwa 3 (baca: tri) seperti yang Anda ketahui merupakan operator yang selalu menyediakan layanan dengan tarif yang sangat terjangkau alias murah. Usut punya usut, paket SMS 3 baru saja tidak berlaku pada akhir Desember 2010 kemarin. Dan untuk tahun ini 3 hanya menyediakan PakeTri All in One yang berlaku untuk paket telepon, SMS dan internet. PakeTri All in One ini dihargai sebedar Rp 10.000 dengan masa aktif 10 hari. Paket ini terdiri dari paket telepon 5.000 menit, 50.000 SMS, 30 MB Internet. Untuk lebih jelasnya mengenai PakeTri ini, Anda bisa melihatnya di artikel Paseban sebelumnya mengenai paket tarif 3.

CDMA

Untuk produk operator CDMA seperti Smart Fren, Ceria, Star One dan Flexi, Paseban tidak menemukan layanan paket SMS kecuali Esia. Esia memiliki layanan paket SMS sekaligus menjadi satu-satunya operator GSM yang menyediakan layanan tersebut. Untuk Flexi, mereka menyediakan paket SMS yang bernama FlexiMILIS, tetapi layanan tersebut termasuk kepada value added service (layanan tambahan).

Bagi Anda pengguna Esia, Anda bisa berlangganan paket SMS sepuasnya ke semua operator dengan fitur tambahan 20.000 karakter SMS selama satu hari. Nama layanan paket SMS ini bernama SMSNNSTOP, untuk berlangganan caranya adalah dengan mengetikkan REGSMS1 kirim ke 800.

Tarif registrasi paket SMS Esia tersebut adalah sekitar Rp 2.000 sedangkan tariff SMS ke short code 800 hanya berkisar Rp 50 (+PPN) tentunya. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang paket SMS ini bisa menghubungi pihak Esia melalui SMS dengan mengetikkan kode INFO kirim ke 800. Sekedar informasi bagi Anda pengguna Esia bahwa layanan paket SMS ini hanya berlaku bagi Anda pelanggan Esia prabayar dan paket ini tidak bisa di daftarkan dengan nomor Esia GOGO. MG

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel