Perbandingan Ponsel Lokal CSL Blueberry i6100 dan CSL BlueBerry i6200

5 Oct 2011 16:00 5732 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika pada artikel-artikel sebelumnya **Paseban** banyak me-*review* produk-produk populer, kali Paseban mencoba menghadirkan *review* yang bisa di bilang masih cukup baru di pasar ponsel, yaitu CSL BlueBerry.

Jika pada artikel-artikel sebelumnya Paseban banyak me-review produk-produk populer, kali Paseban mencoba menghadirkan review yang bisa di bilang masih cukup baru di pasar ponsel, yaitu CSL BlueBerry.

Sebelum ke pembahasan, alangkah baiknya Anda memperhatikan tabel spesifikasi ponsel CSL BlueBerry di bawah ini.

Spesifikasi CSL i6100 CSL i6200
Teknologi GSM GSM
Layar 220 x 176 px,   2.0 inches, TFT, 65K colors 220 x 176 px, 2.0 inches  , TFT 262K colors 
Detail Ukuran 97 x 73 x 52 mm 110 x 58 x 13.7 mm, berat 72 gr, warn : Red Pink/black, silver, red Ukuran 110 x 58 x 13.7 mm, berat 92 gr, warna : Pink/black, silver, red
Fitur Voice Call, SMS/MMS, WAP, Radio, Video Player, MP3 Voice Call, SMS/MMS, WAP, Video Player, MP3, WAV, AMR, Dual SIM
Harga Rp 350.000 RP 400.000

Untuk review lebih jelas Anda bisa melihatnya di Paseban Application - Handset Specification, baik untuk i6100 maupun i6200. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa lansung meng-compare nya di halaman tersebut.

Ponsel CSL Blueberry i6100 memiliki platform keyboard QWERTY dengan desain ala ponsel BlackBerry. Fitur yang tak dimilikinya adalah dual SIM card seperti yang digadang-gadang oleh kawannya CSL BlueBerry i6200. Kedua ponsel CSL ini menawarkan fitur kamera bagi ponsel low-end dengan kualitas VGA.

Fitur canggih masa kini yang dibekali pda CSL Blueberry i6200 memang menjadi kekuatan tersendiri bagi tipe ini, apalagi mendukung dual SIM dan dual camera. Dual Camera memungkinkan Anda mengakses fitur kamera pada keyboard yang disesuaikan dengan pengambilan gambar, entah itu dari belakang atau dari depan. Dengan fitur dual SIM Anda dapat menikmati kemudahan berkomunikasi, baik dengan keluarga, kerabat, teman atau bahkan kenalan di dunia maya. Selain itu, desain Candy Bar dari CSL Blueberry i6200 yang begitu fashionable memungkinkan penggunanya mengakses fitur-fitur yang ada dengan begitu mudahnya.

CSL Blueberry i6100 memiliki layar 2 inci dengan dukungan warna TFT. Resolusi yang dimilikinya adalah tipe CIF dengan ukuran 220 x €176 piksel, dengan resolusi tersebut i6100 memiliki kemampuan menampilkan gambar dengan kedalaman hingga 65.000 warna. Di bawah layar i6100 terdapat sebuah kunci navigasi D-pad. Sedangkan di samping kiri kunci navigasi tersebut Anda akan menemukan tombol untuk dial on dengan kartu SIM 1 atau SIM 2, serta tombol pintas ke fitur messaging. Di sebelah kanannya terdapat tombol pintas ke fasilitas radio FM, pemutar audio dan dial off.

Kekurangan CSL i6100 ini terletak pada jarak antara tombol-tombol papan ketik QWERTY-nya yang menurut Paseban itu terlalu rapat, sehingga pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengetik terutama mengetik cepat. Apalagi jika Anda memiliki ukuran jari yang relatif besar. Jika menggunakan ponsel ini Anda harus berhati-hati agar tombol yang ada di sebelahnya tidak ikut tertekan sehingga berakibat salah mengetikkan huruf.

Memori internal bawaan CSL i6100 adalah 128MB ROM dan 64 MB RAM. Untuk memori, hampir tak menyisakan lagi ruang untuk penyimpanan file multimedia karena banyaknya aplikasi bawaan dari ponsel yang satu ini. Meskipun demikian, Anda bisa menyiasati kondisi tersebut dengan memanfaatkan kartu memori eksternal berkapasitas maksimum 2 GB, kapasitas ini cukup untuk menyimpan beberapa file lagu, foto, dan games kesukaan Anda.

Bagi Anda penggemar dan pengguna CSL Blueberry i6200, ponsel Anda dilengkapi dengan aplikasi social network serta beberapa aplikasi lainnya. Sehingga Anda bisa bersenang-senang dengan fitur jejaring sosial sesuka hati Anda. Dari segi audio, ponsel ini dibekali pemutar MP3/MP4 serta radio FM yang dilengkapi dengan fasilitas perekam siaran radio.

Secara keseluruhan, kedua ponsel ini memiliki keunggulan masing-masing yang dipertahankan. Dari segi harga pun tak begitu memiliki perbedaan yang signifikan. Masalah selera, itu kembali kepada Anda. MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel