Telusuri Perbandingan dan Fitur pada BlackBerry Bold Touch 9900 (Dakota) VS iPhone 4

28 Sep 2011 14:00 8113 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

BlackBerry Bold Touch 9900 atau lebih dikenal dengan nama Dakota telah rilis sejak bulan Mei 2011 lalu dan telah masuk ke pasar smartphone Indonesia. Lalu apa kelebihan dari BlackBerry Dakota ini? untuk mengetahuinya, Paseban mencoba membandingkan dengan salah satu smartphone ternama saat ini, yakni iPhone 4.

BlackBerry Bold Touch 9900 atau lebih dikenal dengan nama Dakota telah rilis sejak bulan Mei 2011 lalu dan telah masuk ke pasar smartphone Indonesia. Lalu apa kelebihan dari BlackBerry Dakota ini? untuk mengetahuinya, Paseban mencoba membandingkan dengan salah satu smartphone ternama saat ini, yakni iPhone 4.

Berikut spesifikasi kedua perangkat:

  BlackBerry Bold Touch 9900 (Dakota) iPhone 4
Network 2G Network: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network: HSDPA 850 / 1900 / 2100 / 800
HSDPA 900 / 1700 / 2100
2G Network: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network: HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
CPU 1.2 GHz QC 8655 processor 1 GHz ARM Cortex-A8 processor, PowerVR SGX535GPU, Apple A4 chipset
Internal Memory 8GB storage, 768 MB RAM 16/32 GB storage, 512 MB RAM
OS BlackBerry OS 7 iOS 4

Physical

Dalam hal bentuk, iPhone 4 memiliki dimensi lebih besar, lebih tipis, dan karena iPhone 4 adalah smartphone dengan pengoperasian full-touchscreen maka ia memiliki layar yang lebih lega. Namun dalam hal kualitas warna yang dimiliki oleh kedua perangkat ini, BlackBerry Bold Touch 9900 lebih kaya warna karena perangkat ini baru saja rilis dan memiliki teknologi yang lebih baru. Selain itu, untuk pengguna yang lebih memilih adanya physical QWERTY keyboard dari pada virtual QWERTY keyboard, BlackBerry Bold Touch 9900 akan menjadi pilihan yang lebih cocok.

User interface

Dengan menggunakan prosesor berkecepatan lebih tinggi, pengoperasian slide menu BlackBerry Dakota menjadi lebih lancar jika dibandingkan dengan produk-produk BlackBerry sebelumnya. Jika dibandingkan dengan slide menu iPhone 4 yang terkenal sangat "smooth", BlackBerry Bold Touch 9900 telah berhasil mengimbanginya.

Reception

Untuk kualitas penerimaan sinyal, sejak dulu kedua perangkat ini berada pada kelas yang berbeda. BlackBerry tidak pernah memiliki masalah akan hal ini, sebaliknya isu klasik milik iPhone dalam hal sinyal dan cara memegang perangkat yang bisa mempengaruhi penerimaan sinyal masih terdapat pada iPhone 4.

Browser

BlackBerry Dakota menunjukkan satu kemajuan lagi yaitu pada browser OS 7 miliknya. Kecepatan browsing menggunakan browser bawaan BlackBerry Bold Touch 9900 mengalami perkembangan yang cukup kentara jika dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya. Meskipun masih belum bisa mengalahkan safari pada iPhone 4, ketertinggalan hanya sepersekian detik dari browser OS 7 BlackBerry Dakota menunjukkan keberhasilan pengembangan yang dilakukan RIM.

Email

Dalam kategori ini BlackBerry telah diandalkan oleh banyak orang sejak lama. Dengan sistem keamanan yang sudah sangat mumpuni dan format tampilan email yang sudah banyak dikenal oleh banyak pengguna membuatnya sulit untuk dikalahkan oleh perangkat atau mobile OS (Operating System) lain. Meskipun sebenarnya fitur email pada iPhone 4 tidak kalah dengan BlackBerry Dakota, namun kehandalan email BlackBerry yang populer lebih dulu membuatnya berada di atas dalam kategori ini.

Battery

iPhone 4 masih menjadi smartphone dengan baterai terhemat saat ini dibandingkan dengan produk smartphone lainnya. BlackBerry masih belum bisa menandingi teknologi baterai dan sistem manajemen daya baterai yang dimiliki oleh Apple dengan perbandingan kasar iPhone 4 tahan hingga satu hari penuh sementara BlackBerry Bold Touch 9900 hanya setengah hari.

Kamera

Hardware kamera kedua perangkat memiliki spesifikasi yang sama yaitu 5 megapixel dan LED flash, jadi dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan kedua perangkat juga seharusnya sama. Namun hilangnya fitur autofocus yang terdapat pada produk BlackBerry terdahulu membuat hasil foto BlackBerry Dakota sedikit kabur. Sementara iPhone 4 dengan fitur autofocus membuat perangkat ini bisa menghasilkan "crystal clear" picture.

Berikut video perbandingan kedua perangkat:

RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel