webOS 3.0 - Tidak Kalah Canggih Hanya Kalah Popularitas

10 Sep 2011 14:30 4335 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Touchpad selain menjadi produk tablet pertama HP juga menjadi debut dari OS terbaru HP, yaitu webOS 3.0 Apa saja yang ada pada webOS versi 3.0 ini? Berikut pembahasan dari masing-masing fitur yang ditonjolkan oleh webOS 3.0 ini.

Touchpad selain menjadi produk tablet pertama HP juga menjadi debut dari OS terbaru HP, yaitu webOS 3.0 Apa saja yang ada pada webOS versi 3.0 ini? Berikut pembahasan dari masing-masing fitur yang ditonjolkan oleh webOS 3.0 ini.

Multitasking & Just Type

Sistem multitasking asli milik webOS tidak kalah dengan para pesaingnya sejak awal ia muncul hingga kini. Sedikit berbeda dengan OS mobile lain, webOS 3.0 tidak mengisi homescreen dengan widgets *dan *icons, melainkan menggunakan panel shortcut yang berada di bagian bawah layar atau melalui menu yang tersedia apabila pengguna ingin mengakses suatu aplikasi.

Just Type adalah fitur search milik webOS, yang mana dengan memasukkan suatu keywords, webOS akan secara otomatis akan menampilkan list dari browser bookmarks and history, email headers, search history, local apps, contacts, dan juga suggestions dari Google.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyaksikan video demo webOS 3.0:

 

Notifications System

webOS 3.0

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, notifikasi milik webOS juga sedikit berbeda dengan OS lainnya. Notifikasi terletak di bagian paling atas layar dan berbentuk icon. Apabila Anda klik salah satu icon, detail tentang notifikasi akan muncul seperti gambar di atas.

Messaging

Jaman di mana pengguna hanya memiliki satu alamat email sudah lama berlalu. Saat ini rata-rata pengguna memiliki lebih dari satu email dengan email provider yang berbeda. webOS 3.0 menyediakan pilihan untuk me-manage email satu persatu berdasarkan akun atau me-manage-nya secara bersamaan melalui satu tampilan yang bisa pengguna atur sendiri.

webOS juga mendukung Google Talk, Yahoo! IM, Skype IM, AIM. Dan kelebihan webOS 3.0 adalah pesan dari satu kontak, baik IM maupun SMS, bisa di-manage melalui satu tampilan.

Browser and Maps

Tidak seperti browser iOS, browser webOS mendukung Adobe Flash Player lengkap dengan hardware acceleration, sehingga kenyamanan berselancar dan streaming di internet didukung sepenuhnya oleh WebOS 3.0.

Dalam hal maps, HP memilih ber-partner dengan Microsoft dan Bing Maps miliknya daripada memilih Google Maps. Bing Maps hampir sama dengan Google Maps dengan fitur tampilan satellite, birds-eye, navigasi, dan informasi traffic. Tetapi apabila Anda sering memanfaatkan Google Latitude, Anda akan kehilangan fitur ini di Bing Maps.

App Catalog

Untuk kategori ini, jelas webOS 3.0 jauh tertinggal dengan iOS, Android, bahkan Windows Phone 7. Tercatat saat ini terdapat sekitar 9000 aplikasi tersedia di market aplikasi khusus untuk webOS ini.

Dari beberapa kategori tersebut bisa Anda lihat bahwa sebenarnya webOS tidak kalah dengan OS mobile lain yang ada sekarang. Bahkan bisa dibilang webOS memiliki sedikit keistimewaan daripada beberapa OS yang memiliki tampilan dan pengoperasian yang mirip. Sayangnya webOS 3.0 masih terbilang baru dan jauh tertinggal dengan popularitas OS lainnya, sehingga dukungan akan aplikasi-aplikasi untuk OS masih sedikit, yang mana hal itulah yang menjadi pertimbangan pengguna dalam memilih OS suatu perangkat. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel