VLC for Android: Aplikasi Media Player Yang Bisa Memainkan Berbagai Format Video Dan Audio

10 Jan 2013 14:15 3405 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketika Anda menginginkan program media player yang bisa digunakan pada komputer, tentunya akan banyak pilihan yang akan Anda pertimbangkan. Salah satu yang banyak menjadi pilihan adalah VLC Media Player dari VideoLAN.

Ketika Anda menginginkan program media player yang bisa digunakan pada komputer, tentunya akan banyak pilihan yang akan Anda pertimbangkan. Salah satu yang banyak menjadi pilihan adalah VLC Media Player dari VideoLAN. Dalam beberapa tahun terakhir, dapat dikatakan VLC menjadi program media player yang wajib ada pada komputer dan menjadi pilihan para pengguna komputer untuk memutar berbagai file video dan audio tanpa mempedulikan kompatibilitas file dan tanpa mengunduh codec. Program ini tersedia pada berbagai platform, termasuk Mac, Windows, dan Linux.

Mungkin banyak orang yang menunggu, kapan VLC media player dapat dimanfaatkan dalam perangkat mobile. Penantian itu akhirnya selesai, dengan diluncurkannya VLC Media Player untuk platform Android yang dapat ditemui di Google Play Store. Walaupun aplikasi media player untuk Android ini masih belum bekerja full feature, developer terus bekerja dengan keras untuk mengembangkan dan memaksimalkan fitur yang biasanya ada pada VLC di perangkat komputer. Namun di samping itu, aplikasi media player ini mampu melebihi kualitas dari aplikasi media player default Android.

Sama seperti kegunaannya pada komputer, VLC for Android adalah sebuah media player serba bisa yang mendukung dalam memainkan berbagai format video dan audio yang sering digunakan. Di sini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah codec ataupun penyesuaian format jika akan memainkannya. Jika telah Anda instalasi, VLC akan menjalankan peranannya dengan baik. Anda dapat memutar langsung media streaming dari URL yang Anda masukkan dari program lainnya. Dalam perangkat yang kompatibel, aplikasi ini juga dapat memanfaatkan penggunaan hardware acceleration untuk media playback, yang akan meningkatkan performanya, terutama ketika memainkan video dengan resolusi tinggi. Fitur ini tidak diaktifkan sejak awal, jadi Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu.

Pertama kali Anda menjalankan aplikasi media player ini, VLC akan melakukan scanning pada perangkat Android Anda untuk memasukkan file yang kompatibel dan akan menampilkan daftar file-file tersebut. Cukup tap pada file yang Anda inginkan, dan file tersebut akan langsung dimainkan. Sebagai catatan, aplikasi ini mengaktifkan screen rotation sejak awal, jadi jika Anda tidak menginginkannya, Anda bisa menon-aktifkannya terlebih dahulu. Untuk mencegah agar perangkat Android Anda tidak melakukan screen rotation yang mungkin dapat mengganggu, tap icon kunci di bagian bawah kiri. Ada juga fitur tersembunyi yang bisa Anda gunakan. Diantaranya, untuk mengatur brigtness, lakukan swipe secara vertikal dari sisi kiri layar, dan untuk volume lakukan swipe dari sisi kanan.

Tampilan yang ada masih menampilkan ciri khas VLC, dengan warna orange yang kentara. Jika Anda melakukan tap pada icon panah di bagian kiri atas, maka VLC akan memperlihatkan context menu dari sebelah kiri, dimana Anda dapat mengganti antara file video, file audio, dan folder pada perangkat Android Anda. File audio yang ada bisa disaring berdasarkan artist, album, song, dan genre.Video playback ditampilkan dengan sederhana, namun dengan fitur yang tepat. Satu tempat dengan tombol play/pause, Anda dapat menggunakan tombol backward dan forward untuk mengontrol video yang sedang Anda mainkan. Fitur yang diaplikasikan dari program VLC untuk komputer ini akan membuat Anda kagum. Anda dapat memilih dan menyesuaikan tampilan video dengan rasio 4:3 ataupun 16:9 dengan melakukan tap pada tombol panah di bagian pojok bawah kanan. Kemudian, jika Anda melakukan tap pada icon 1.00x, akan mengontrol kecepatan video yang Anda inginkan.

Tampilan audio playback pada aplikasi media player ini hampir sama dengan videonya, dengan ditambah porsi album art dan tombol kontrol, shuffle, serta repeat. Track yang Anda mainkan dapat diambil dari daftar yang ada, atau Anda bisa memasukkannya dari folder.

VLC for Android adalah aplikasi media player serba bisa yang tidak akan mengecewakan Anda. Walupun belum memiliki fitur yang semaksimal saudaranya di komputer, VLC masih menjadi salah satu pilihan media player yang digunakan pada perangkat Android milik Anda. Jika fitur-fiturnya telah dimaksimalkan, bukan tidak mungkin VLC akan menjadi aplikasi media player terbaik bagi platform Android. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel