Tiga Aplikasi Android Gratis untuk Anda yang Hobi Mengoleksi Barang

5 Jan 2013 17:00 4131 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagian orang mungkin lebih menyukai untuk membuang atau menjual kembali barang yang sudah tidak dipakai. Namun ada beberapa orang yang justru menyimpan barang-barang tersebut untuk dijadikan sebagai sebuah koleksi.

Sebagian orang mungkin lebih menyukai untuk membuang atau menjual kembali barang yang sudah tidak dipakai. Namun ada beberapa orang yang justru menyimpan barang-barang tersebut untuk dijadikan sebagai sebuah koleksi. Jika Anda termasuk kedalam seorang yang hobi mengoleksi barang, maka Anda wajib mencoba beberapa aplikasi Android yang dapat mengatur dan menyusun berbagai barang koleksi Anda dengan baik.

Pada kesempatan kali ini Paseban tidak akan membahas aplikasi Android yang dapat digunakan untuk menyusun benda koleksi secara umum seperti aplikasi Evernote. Namun kali ini Paseban akan membahas 3 aplikasi Android gratis yang dikhususkan untuk mengatur barang-barang koleksi tertentu. Apa sajakah aplikasinya? Berikut Paseban akan membahasnya untuk Anda.

Collectionista

Collectionista merupakan sebuah aplikasi gratis yang yang dapat mengatur berbagai macam jenis koleksi. Untuk menggunakannya, Anda hanya tinggal menuliskan jenis koleksi yang Anda miliki, contohnya adalah koleksi buku. Setelah itu Anda tinggal memasukan judul bukunya secara manual atau juga dapat dilakukan dengan cara melakukan scanning pada barcode buku tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan berbagai keterangan lain tentang buku tersebut, dan Anda juga dapat memasukan foto cover depan dan belakang dari buku tersebut. terdapat juga kolom untuk mengisi jumlah halaman, tanggal penerbitan, nama penerbit, lokasi penerbitan, dan lainnya. Ketika Anda telah selesai memasukan segala informasi tersebut, maka buku Anda akan tersimpan dalam sebuah rak yang mirip dengan rak pada aplikasi iBooks.

Secara keseluruhan, Collectionista merupakan sebuah aplikasi yang lengkap dan sangat berguna untuk mengatur berbagai koleksi seperti buku, CD, DVD, dan lainnya. Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Movie Collection and Inventory

Movie Collection & Inventory menawarkan sebuah aplikasi yang lebih spesifik daripada Collectionista karena aplikasi ini dikhususkan untuk mengatur koleksi DVD dan Blu Ray. Fitur Barcode Scanning yang terdapat pada aplikasi ini juga jauh lebih baik daripada Collectionista, sehingga Anda tidak perlu repot utuk memasukan koleksi film Anda secara manual. Pada aplikasi ini Anda juga dapat menambahkan berbagai keterangan lain mengenai DVD tersebut seperti kategori filmnya, ratingnya, dan lain sebagainya.

Koleksi yang Anda miliki akan ditampilkan pada sebuah layar yang menampilkan daftar koleksi, tidak seperti Collectionista yang menampilkannya dalam sebuah gambar. Selain itu, terdapat pula sebuah fitur tersembunyi pada tab "others”. Jika Anda membuka tab tersebut, maka Anda akan melihat berbagai macam daftar koleksi film milik pengguna yang lain. Pada film tersebut, Anda dapat memberikan "like”, memberikan komentar, atau menambahkannya ke daftar wishlist.
Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi Movie Collection and Inventory ini, Anda dapat mendownloadnya secara gratis di sini.

Model Collection Manager

Aplikasi terakhir bagi Anda yang hobi mengoleksi adalah aplikasi Model Collection Manager. Aplikasi yang dibuat oleh developer Geek Blog ini sangat cocok sekali untuk Anda yang hobi mengoleksi berbagai macam mainan. Aplikasi Model Collection Manager ini memiliki tampilan yang paling simpel diantara dua aplikasi yang telah disebutkan di atas, namun memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan dua aplikasi tersebut.

Anda dapat menuliskan berbagai keterangan detail tentang mainan yang Anda miliki. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan sebuah kolom yang dapat Anda isi dengan harga beli dan harga jual mainan tersebut, sehingga aplikasi ini sangat berguna sekali bagi para kolektor professional. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mensortir koleksi Anda berdasarkan kriteria tertentu seperti model mainan, merk mainan, dan lain sebagainya.

Aplikasi Model Collection Manager ini akan sangat berguna sekali bagi Anda yang memiliki sebuah mainan besar dan ingin menjualnya ke seorang calon pembeli potensial. Anda tidak perlu membawa mainan yang besar tersebut karena Anda hanya tinggal membuka aplikasi ini dan menunjukannya detailnya ke calon pembeli tersebut, termasuk detail harga ketika Anda membelinya.

Jika Anda seorang pengoleksi mainan, maka Anda dapat mencoba aplikasi ini dengan mengunduhnya secara gratis di sini. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel