Adu Fitur Peta Digital - Nokia Maps vs Google Maps, Mana yang Bekerja Lebih Baik di Gadget?

5 Jan 2013 15:00 4892 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android, Apple, dan Nokia seperti tidak mau kalah bersaing. Setelah sebelumnya Apple dan Nokia yang menggunakan jasa Google untuk aplikasi navigasi mereka, kini masing masing dari mereka meluncurkan aplikasi navigasi mereka masing masing.

Android, Apple, dan Nokia seperti tidak mau kalah bersaing. Setelah sebelumnya Apple dan Nokia yang menggunakan jasa Google untuk aplikasi navigasi mereka, kini masing masing dari mereka meluncurkan aplikasi navigasi mereka masing masing.

Kali ini Paseban akan membahas mengenai kompetisi antara Google dan Nokia untuk aplikasi navigasi tersebut. Kompetisi aplikasi navigasi Nokia Maps dan Google Maps semakin ketat. Keduanya bersaing sebagai layanan peta dan penunjuk arah. Cukup populer di kalangan pencinta gadget, traveling, bahkan pribadi yang aktif di kota-kota besar. Ribuan bahkan jutaan orang telah menggunakan keduanya hanya dalam genggaman tangan lewat sebuah ponsel. Begitu pun dengan kami. Akses jalan pintas Kebon Jeruk, Jakarta dan Bekasi sebagai rute jalan pulang kantor telah di pandu dua Maps tadi.

Untuk navigasi menggunakan Nokia Maps, diwakili oleh Nokia Lumia 900, dan untuk akses peta milik Google ditampilkan oleh layar 4,7 inci milik LG Optimus 4x HD. Keduanya kami gunakan secara bersamaan untuk mengetahui mana yang lebih cepat dan akurat memandu aktivitas perjalanan.

Versi teranyar untuk Google Maps yang kami temukan di Google Play adalah 6. 14. 1, sementara untuk Nokia versi 1. 3. 10.230, dimana untuk versi 2.5-nya belum support karena update WP 7.8 belum tersedia. Sangat berbeda dengan Nokia 902 yang telah banyak mengalami pengembangan, salah satunya penambahan fitur Nokia City Lensnya.

Tampilan Aplikasi

Sebagai pengguna tentunya kita menginginkan tampilan yang nyaman dan jelas sampai pada titik dimana kita berada, atau menunjukan keakuratan dari suatu lokasi yang diinginkan. Kedua Maps bisa menampilkan lokasi peta dengan layers yang berbeda-beda, mulai dari Maps Views, Satelite View, Traffic View, dan street View. Saat mencari lokasi dimana kami berpijak, tepatnya digedung kompas Gramedia, jalan panjang, Google memberikan tajinya dengan detail peta hingga menampilkan nama Gedung Kompas Gramedia, meski akurasinya meleset 50 meter.

Kecepatan juga terdongkrak karena prosesor LG 4X HD sudah Quad Core, 1,5 Ghz, sementara Nokia Lumia 900 hanya mengandalkan Single Core 1,4 Ghz, dan sayangnya lokasi tidak sampai sedetil peta milik Google. Nokia Maps hanya menapilkan nama jalan dan daerahnya saja. Pada My Location, Google Maps akan mendeteksi deretan tampat terdekat dari lokasi Kami berada. Sementara Noki Maps tidak dapat melakukan itu dan untuk berbagi lokasi hanya dapat menggunakan Email, Messaging, dan Post a message sedangkan Google Maps bisa melalui Bluetooth, Messaging, Google +, Sosial +, Gmail dan Email. Keduanya juga dilengkapi dengan Get

Direction

Di sisi lain, Nokia unggul dalam mesin pencarianya. Saat kami ketik sebuah perumahan Sinar Pondok Benda, Nokia Maps dengan sigap menunjuk lokasi yang kami maksud yang berada di Jati Asih, Bekasi. Nokia pun memberikan opsi daerah lain dari kata kunci yang dituliskan. Sementara Google meleset jauh, malah menunjuk lokasi lain, yakni sebuah nama jalan, Jalan Sinar Mulia, di bilangan Depok.

Ketika kata kunci "Gelora Bung Karno” dituliskan, keduanya bekerja maksimal dengan detail dan akurasi yang tepat. Tentu saja hal itu terjadi karena lokasi tersebut sangat familiar. Kalau di Google Maps, hanya satu lokasi yang ditunjukan, dan ditampilkan, foto, nomor telepon, alamat tempat tersebut dan review dari orang lain. Nokia terlihat lebih detail karena banyak menunjukan beberapa lokasi di lingkungan Gelora Bung Karno sampai Halte bus terdekatnya pun ada.

Kinerja dan Kecepatan GPS

Di bagian ini dukungan hardware sangatlah berperan penting. Kalau dilihat dari sepesifikasinya, Nokia lumia bukanlah tandingan dari LG 4X yang sudah mengandalkan kecepatan prosesor empat inti 1,5Ghz. Dengan mengandalkan prosesor single Core 1,4Ghz, membuat Nokia tertinggal saat sedang berlari bersama smartphone dari Korea tersebut. Nokia 920 yang datang pun hanya akan menggunakan prosesor dual core 1,5Ghz.

Jadi, setelah melihat perbandingan keduanya, semua tetap kembali kepada pilihan anda. Anda yang menentukan aplikasi mana yang lebih baik dan tentunya cocok dengan anda. Karena aplikasi ini tentunya akan menentukan jenis ponsel yang anda gunakan, mengingat keduanya merupakan aplikasi untuk ponsel yang berbeda sistem operasi. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel