Perbedaan Adobe Photoshop untuk Android dengan Aplikasi Edit Foto Lainnya

23 Apr 2015 09:00 22722 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perbedaan Adobe Photoshop untuk Android, khususnya Touch dengan aplikasi edit foto lain yang ada di Google PlayStore 

Adobe Photoshop untuk Android-Tak bisa dipungkiri, Adobe Photoshop merupakan pengembang edit foto terbaik saat ini untuk di PC. Namun, produk versi full smartphone mereka tidak setenar versi PC. Kenapa? Salah satu faktornya adalah pengguna smartphone ingin hasil yang instan, yang tidak membuat mereka ribet dengan proses editing.

Kebanyakan, pengguna smartphone ingin proses one-tap- finish (sekali tap selesai) dan hasilnya seperti yang mereka inginkan sehingga lebih versi Express. Di Photoshop hal tersebut tidak bisa dilakukan bila ingin mendapat hasil yang maksimal. Dan kemaksimalan editing foto untuk yang pro hanya bisa di dapat melalui Adobe Photoshop untuk Android.

Adobe Photoshop untuk Android

Ada dua versi unAdobe Photoshop untuk Android.  Kedua versi tersebut adalah versi Express dan versi Touch. Express merupakan versi gratisnya dan Touch merupakan versi berbayar. Sesuai namanya, Express tidak jauh berbeda dengan aplikasi edit foto pada umumnya yang mengandalkan kemudahan dan layanan instan dalam penggunaannya. Versi Touch lebih kompleks. Versi ini mirip dengan versi desktop dan tentunya lebih banyak fitur dibandingkan versi gratis. Untuk kali ini, yang akan dibahas adalah Adobe Photoshop Android versi berbayarnya, yakni Photoshop Touch.

Photoshop Touch

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, versi Touch memiliki fitur mirip versi desktop. Pada versi ini Anda akan menemukan layer, selection tools, adjustman, filter brush dan masih banyak lagi. Dengan alat yang disediakan Touch, Anda bisa mengedit foto yang kompleks seperti mengganti latar belakang, memotong foto dengan lasso tools atau polygon, menyatukan foto dengan mulus dan masih banyak lagi. Photoshop Touch juga bisa bekerja untuk foto beresolusi besar.

Fitur Photoshop Touch

Jauh berbeda dengan versi Express. Ketika Anda membuka Touch, Anda akan merasakan seperti sedang berhadapan dengan Phostoshop Desktop. Seperti Photoshop desktop, versi smartphone ini juga mengandalkan layer, tools dan kemampuannya yang sangat costumisize. Berikut fitu-fiturnya:

  1. Selection tools. Touch menyediakan  Marquee, Circle, Lasso dan Polygon. Sayang sekali tidak ada magnet pada aplikasi ini, padahal fitur ini sangat membantu pengguna melakukan seleksi. Dengan tools ini Anda bebas memotong gambar sesuka hati Anda, tidak seperti kebanyakan aplikasi edit foto saat ini yang terbatas dalam melakukan seleksi.

Selain selection tools di atas, Touch juga memberikan adan kemudahan dengan untuk menyeleksi gambar dengan brush, magic wand, scribble dan. Anda tentu sudah akrab dengan tools-tools ini bila paham menggunakan Adobe Photoshop. Dan tentu tidak ketinggalan Erase untuk menghapus, Spray untuk pemberian warna dan brush untuk effect paint tools. Untuk melengkapi toolsnya, Touch menyediakan clone stamp, healing brushdan smudge tools. Semua tools ini bisa Anda atur besarnya, ketebalan warna dan bentuknya. Jadi Anda bisa mempermulus bagian wajah sesuka hati, menghilangkan jerawat dengan mudah atau menghilangkan bagian foto yang tidak perlu tanpa mengganggu foto aslinya.

  1. Fitur Dasar Photoshop. Touch juga menyediakan fitur dasar Photoshop seperti cut, paste, select, inverse, transform, clear yang membantu Anda dalam mengotak-atik foto. Ini tidak akan Anda temukan di kebanyakan aplikasi lain di Play Store karena aplikasi edit saat ini lebih ke filter.
  2. Adjustment. Adjustment berfungsi seperti filter pada aplikasi foto kebanyakan yang membedakannya, kita bisa mengatur kekuatan pengaturan warna di sini, bukan hanya kekuatan filternya saja. Di aplikasi editing lainnya, Anda menerima sudah jadi (siap pakai) seperti filer lumo, retro, vintage, HDR dan lain sebagainya. Di aplikasi ini, bisa dikatakan Anda menciptakan filter sendiri melalui berbagai pengaturan yang disediakan.
  3. FX. Ini adalah fitur yang sama dengan filter aplikasi editing kebanyakan. Kita hanya bisa mengubah ketegasan filter, tidak bisa mengotak-atik warna. FX menyediakan sedikit sekali filter, hanya ada sembilan. Kenapa? Anda bisa menciptakan filter sendiri dengan menggabungkan semua peralatan yang diberikan
  4. Fitur Dasar editing. Untuk bagian ini Touch memberikan fungsi seperti crop, pengaturan ukuran foto, Warp untuk mengubah bentuk foto, fill & Stroke untuk pemberian warna, Gradient untuk gradasi warna, lensa Flare, Camera Fill dan Fade.
  5. Layer. Ini adalah keunggulan utama Adobe Photoshop. Anda bisa menyusun banyak foto untuk satu gambar. Ini berguna ketika Anda ingin menggabungkan foto, membuat efek dual tone, Silhouette atau efek-efek selective colour lainnya. Dengan layer, Anda bisa mudah mengganti background foto, mengganti sebagian objek seperti mengganti wajah dan lainnya.

Photoshop Touch tidak akan membatasi imajinasi dan kreatifitas Anda, ini yang tidak ditemukan pada aplikasi editing foto lainnya. Anda bisa melakukan apa saja dalam hal editing di aplikasi ini yang aplikasi lain tidak mampu melakukannya.

Kesimpulan

Hasil instan memang banyak dipilih orang-orang, tetapi hasil instan memiliki banyak keterbatasan karena itulah hadir Photoshop. Sayang, aplikasi ini tidaklah gratis. Untuk memilikinya Anda harus membayar Rp58,133 (versi handphone) dan Rp116,383 untuk versi tablet. Perangkat Anda butuh prosesor dan grafis yang kuat karena di Photoshop kita berbicara kedetailan dan proses yang cukup berat. Handphone dengan RAM di bawah 512 dan prosesor di bawah 1GHz akan kesulitan merender setiap proses yang dilakukan. Dan yang terakhir, Anda perlu latihan bila belum terlalu paham dengan Photoshop untuk mendapat hasil yang diinginkan. [RIC]

Link Download Photoshop Touch Android 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel