ExoDrive, Casing Smartphone Unik Yang Bisa Jadi Slot MicroSD

14 Mar 2015 15:30 3993 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

ExoDrive adalah casing unik yang merupakan proyek urunan atau proyek crowdfunding atau pengumpulan dana. Keunikan casing ini adalah adanya Slot MicroSD yang bisa terhubung dengan smartphone. Cara kerja smartphone ini sederhana tetapi sangat membantu. Menariknya, sudah banyak perangkat smartphone yang telah didukung oleh pembungkus ponsel cerdas ini.

​http://www.plimbi.com - Casing smartphone yang satu ini boleh dibilang unik. Mengusung nama ExoDrive, casing ini akan berfungsi tidak hanya sebagai pelindung smartphone. Casing ini ternyata bisa menjadi penyedia Memory External dengan menambahkan Slot MicroSD. Hal ini berarti pengguna yang memakai produk ini bisa menambah memori eksternal.

Fungsi casing smartphone ExoDrive yang bisa menambah memory External ini tentu akan sangat berguna. Terlebih untuk pengguna smartphone yang tidak memiliki dukungan terhadap Slot MicroSD. Seperti yang diketahui, beberapa smartphone, bahkan di kelas premium seperti HTC One M8, HTC One M7, dan Nexus 5 tidak memiliki dukungan Slot MicroSD. Sehingga kehadiran produk ini bisa menjadi solusi bagi pengguna yang menggunakan smartphone tersebut.

 

ExoDrive

ExoDrive adalah casing unik yang merupakan proyek urunan atau proyek crowdfunding atau pengumpulan dana. Keunikan casing ini adalah adanya Slot MicroSD yang bisa terhubung dengan smartphone. Cara kerja smartphone ini sederhana tetapi sangat membantu. Menariknya, sudah banyak perangkat smartphone yang telah didukung oleh pembungkus ponsel cerdas ini.

ExoDrive dikembangkan oleh Bhadrajee Dahanayake. Dia menciptakan produk ini memang dengan tujuan untuk memfasilitasi pengguna smartphone yang tidak memiliki Slot MicroSD. Langkah yang dilakukannya mendapat apresiasi yang baik. Hal ini terlihat ketika Bhadrajee Dahanayake mempublikasikan proyeknya ini di situs crowdfunding ternama, Kickstarter.

Sudah banyak yang menyumbang agar proyek ini terealisasi. Dana yang harus dikumpulkan oleh Bhadrajee Dahanayake adalah $10.000. Dan saat artikel ini ditulis, proyek ini sudah mengumpulkan dana lebih dari yang ditargetkan. Lantas seperti apa bentuk dan kemampuan ExoDrive ini?
 

Bentuk dan Desain ExoDrive

ExoDrive memiliki bentuk yang sederhana dan tidak terlalu ribet. Bentuknya juga mirip dengan casing yang beredar ada umumnya. Hanya saja casing ini terbalut dari bahan alumunium.

Bentuk kasingnya tidak mengganggu dan hadir dengan desain warna yang tidak terlalu mencolok. Ada tiga pilihan warna yang nantinya akan hadir, yakni warna hitam, abu-abu, dan putih.

 

Cara Kerja ExoDrive

ExoDrive akan bekerja dengan memanfaatkan USB on-the-go atau OTG. Fitur ini dilengkapi dengan Port Micro USB dan juga Slot MicroSD yang ada pada bagian bawah casing. Slot inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan memori eksternal. Cukup mudah bukan? Selain kemudahan penggunaan, casing ini juga ternyata mendukung penyimpanan memori eksternal yang besar.

Tidak tanggung-tanggung, ExoDrive mendukung penyimpanan hingga 128GB. Kapasitas tersebut tentunya lebih besar dari Slot MicroSD yang ada di smartphone yang umumnya hanya mendukung kapasitas hingga 32 atau 64GB.

Sayangnya, produk ini memiliki kekurangan. Produk ini ternyata tidak mendukung semua smartphone Android. Produk ini hanya baru mendukung beberapa smartphone saja.

loading

Beberapa smartphone yang sudah dipastikan didukung oleh perangkat ini adalah Motorola Moto G generasi pertama, Motorola Moto X, Google Nexus 5, dan Google Nexus 6. Smartphone dari vendor Korea Selatan juga sudah didukung oleh casing ini, yakni Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, dan LG G2. Sementara dari vendor Tiongkok, perangkat HTC One (M8), HTC One (M7), dan OnePlus One sudah didukung oleh casing ini. Kedepan, bisa saja dukungannya akan lebih banyak.

ExoDrive sendiri rencananya akan dihadirkan pada Maret 2015. Harga jualnya sendiri adalah $35 atau sekitar Rp 440 ribu. Harga awalnya sebenarnya tidak sampai 400 ribu lebih. Penciptanya tadinya membanderol ExoDrive dengan harga $ 25 atau sekitar Rp 312 ribu. Entah apa yang menyebabkan harga perangkat ini naik. Bisa saja kenaikan terjadi karena respon yang bagus terhadap produk ini.

 

Kesimpulan

ExoDrive adalah solusi yang menarik untuk pengguna yang memiliki smartphone tanpa slot microSD. Kehadiran produk ini bakalan banyak disuka. Meskipun produk Smartphone Android yang tidak menghadirkan Slot MicroSD umumnya memberikan kapasitas yang besar, tentu pilihan penggunaan memori eksternal bisa membuat kapasitasnya semakin bertambah.

Apalagi jika penggunanya adalah orang yang sering menyimpan lagu, data, ataupun video dengan ukuran yang besar. Pengguna smartphone Android tipe demikian akan senang tentunya. Dan, penciptanya berjanji jika dana terkumpul sampai $100.000, maka ia akan menciptakan ExoDrive yang mampu mendukung Apple iPhone. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel