Ketahui Segala Fitur Terbaru Adobe Photoshop CC 2014 Berikut Ini

6 Jan 2015 16:30 12906 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bulan Juli 2014, Adobe merilis program editing terbarunya, yakni Adobe Photoshop CC 2014. Program ini diharapkan menuai kesuksesan seperti halnya Adobe Photoshop CS6. Adobe sendiri menghadirkan program ini tergolong sangat cepat. Tidak seperti Adobe Photoshop CS5 ke Adobe Photoshop CS6 yang agak lama, kehadiran produk ini hanya berjarak satu tahun dari Adobe Photoshop CS6.

Bulan Juli 2014, Adobe merilis program editing terbarunya, yakni Adobe Photoshop CC 2014. Program ini diharapkan menuai kesuksesan seperti halnya Adobe Photoshop CS6. Adobe sendiri menghadirkan program ini tergolong sangat cepat. Tidak seperti Adobe Photoshop CS5 ke Adobe Photoshop CS6 yang agak lama, kehadiran produk ini hanya berjarak satu tahun dari Adobe Photoshop CS6.

Tentu saja hal ini menimbulkan banyak pertanyaan dari pemakai Adobe Photoshop. Banyak yang menganggap program ini tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Perbedaan terbesarnya hanya terletak pada konsep dan sistemnya. Lantas, seperti Adobe Photoshop CC 2014 ini? Benarkah tidak ada fitur terbaru Adobe Photoshop CC 2014 yang banyak dibandingkan sebelumnya? Simak ulasan tentang program desain yang banyak digunakan ini.

 

TENTANG PHOTOSHOP CC (CREATIVE CLOUD)

Sebelum membahas tentang fitur terbaru Adobe Photoshop CC 2014, ada baiknya mengenal dulu seperti apa produk yang satu ini. Mengapa Adobe memakai nama lain untuk program desainnya ini? Ternyata hal ini semata-mata karena Adobe mengubah cara mendapatkan lisensi dari program desain ini. Sebelumnya, Adobe cukup sukses dengan menghadirkan seri Adobe Photoshop CS atau Creative Suite sampai versi enam. Kini, Adobe melakukan langkah baru dengan menghentikan seri CS dan menggantinya dengan nama CC atau Creative Cloud.

Mendengar nama CC atau Creative Cloud, tentu saja bayangan semua orang adalah tentang penyimpanan online. Dan memang itulah yang ingin dihadirkan oleh Adobe. Adobe menghadirkan fitur penyimpanan online gratis dengan kapasitas 20GB kepada pengguna yang memakai CC atau Creative Cloud.

Sistem seperti ini membuat banyak pengguna bisa mengakses File dari perangkat manapun. Pengguna juga bisa melakukan kerja sama atau semacam kolaborasi dengan pengguna lain.

Apa yang dilakukan oleh Adobe terhadap produknya ini banyak menuai pro dan kontra. Pasalnya, produk Adobe Photoshop CC 2014 tidak lagi dijual dengan satu lisensi untuk selamanya. Adobe menghadirkan fitur berlangganan setiap bulan kepada penggunanya. Pengguna yang tidak membayar nantinya tidak akan bisa menggunakan program ini. Konsep seperti ini pun bisa dibilang merupakan salah satu fitur terbaru Adobe Photoshop CC 2014.

 

FITUR ADOBE PHOTOSHOP CC 2014 YANG MENARIK

Adobe sendiri menghadirkan banyak fitur di program ini. Tidak seperti dugaan sebelumnya, program ini ternyata memiliki banyak fitur baru. Memang jika dibandingkan dengan perubahan dari Adobe Photoshop CS5 ke Adobe Photoshop CS6, perubahan dan fitur dari Photoshop CS6 ke Photoshop CC 2014 tidaklah terlalu besar. Namun, fitur terbaru Adobe Photoshop CC 2014 bisa dikatakan lebih baik dan optimal.

Fitur terbaru Adobe Photoshop CC 2014 diantaranya adalah, Tool Selection untuk fokus, dan efek Blur. Fitur-fitur ini memang cukup baik dan lebih optimal. Tidak hanya kehadiran fitur baru, program ini juga mendukung perbaikan beberapa Tool seperti sistem layar yang diperbaiki dan banyak fitur lainnya dengan banyak perbaikan.

Fitur terbaru Adobe Photoshop CC 2014 yang menarik adalah kehadiran Shake Reduction. Fitur yang satu ini bisa diakses di bagian menu filter. Fitur yang sering disebut sebagai Deblur ini berfungsi untuk memperbaiki Blur pada foto. Jika pengguna mengambil foto kemudian tangan bergoyang yang mengakibatkan hasil foto menjadi Blur, maka dengan fitur ini, blur tersebut akan hilang.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah fitur Instan Preview Font. Fitur ini mampu menampilkan bentuk Font ketika pengguna memilih Font huruf yang akan digunakan. Ada juga fitur Contens Aware. Fitur ini mampu menghilangkan bagian foto yang tidak diinginkan oleh pengguna. Dan yang patut diapresiasi adalah bahwa program ini mendukung Printer 3D. Seperti yang diketahui, saat ini Printer 3D sedang menjadi fenomena karena kemampuannya dalam menampilkan bentuk tiga dimensi. Namun, untuk menggunakannya, pengguna harus menginstal Software 3D Printer terlebih dulu yang disediakan oleh Adobe.

 

VIDEO - ADOBE PHOTOSHOP CC 2014 TOP 4 FEATURES

 

Itulah tadi gambaran tentang fitur terbaru Adobe Photoshop CC 2014 yang memiliki konsep dan sistem pemasaran yang berbeda dengan program sebelumnya. Untuk pengguna yang ingin melihat lebih dekat dengan program dan fitur dari program ini, pengguna bisa Download Adobe Photoshop CC 2014 versi Trial di situs resminya berikut ini. Jika dirasa cocok, pengguna bisa berlangganan dengan harga sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 perbulannya [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel