Fooducate Healthy - Aplikasi Kesehatan yang Memberikan Informasi Kandungan Dalam Makanan

9 Nov 2014 16:30 3722 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fooducate Healthy Weight Loss merupakan aplikasi kesehatan yang akan memberikan informasi terkait kandungan dalam makanan. Aplikasi ini akan sangat membantu bagi banyak pengguna yang sensitif terhadap kandungan dalam sebuah produk makanan.

Aplikasi kesehatan saat ini menjadi semakin populer saja, terutama yang berkaitan dengan asupan makanan. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor maraknya kualitas dari produk makanan olahan atau produk makanan yang dijual di pasar. Tidak sedikit makanan-makanan tersebut mengandung unsur-unsur yang bisa merusak tubuh.

 

Karena situasi inilah, maka banyak muncul aplikasi yang berkaitan dengan makanan. Salah satunya adalah Fooducate Healthy Weight Loss. Aplikasi kesehatan ini merupakan aplikasi yang bisa menghitung gizi makanan. Seperti apa lengkapnya aplikasi ini? Simak ulasannya berikut.

 

Desain

Fooducate Healthy Weight Loss merupakan aplikasi kesehatan makanan yang tampil dengan desain sederhana. Tidak ada ikon-ikon yang membingungkan pengguna. Semua desain juga tampak bersahabat dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang lebih menginginkan informasi gizi dibandingkan tampilan yang ciamik. Secara konsep tampilan, bolehlah dibilang aplikasi kesehatan ini cukup lebih banyak memuat informasi dibandingkan gambar-gambar yang tidak jelas.

 

Fitur

Fooducate Healthy Weight Loss bisa dikategorikan sebagai aplikasi pengganti dokter gizi. Betapa tidak, aplikasi kesehatan ini menyediakan berbagai hal terkait informasi tentang gizi. Pengguna tidak perlu repot-repot datang ke dokter gizi karena aplikasi kesehatan ini mampu melakukan semua hal tersebut. Bahkan beberapa fitur di dalam aplikasi kesehatan ini bisa dikatakan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi gizi makanan penggunanya.

 

Salah satu fitur dari aplikasi kesehatan ini adalah adanya informasi mengenai kandungan lemak gula, vitamin, serat, karbohidrat, dan juga protein. Dengan adanya informasi gizi tentunya akan membantu pengguna untuk tetap sehat dan bisa memilah makanan yang akan dikonsumsi. Informasi tentang kandungan gizi ini pun sangat berguna bagi para penderita diabetes. Apalagi seperti yang diketahui, penderita diabetes umumnya akan sangat memperhatikan kandungan makanan. Bagi mereka, info gizi akan sangat berguna. Salah memilah makanan malah nantinya akan membuat diabetes yang diderita semakin parah.

 

Cara kerja aplikasi kesehatan ini juga tergolong sederhana. Aplikasi ini akan memberitahukan bahan makanan apa saja yang tidak baik untuk tubuh. Misal, bila ada bahan makanan dengan pemanis buatan, maka aplikasi kesehatan ini akan memberitahukan kepada penggunanya. Bila pengguna semisal tidak mengetahui istilah dari kandungan gizi, maka aplikasi kesehatan ini akan memberikan informasi lebih jelas tentang istilah tersebut.

 

Fitur lain dari aplikasi kesehatan ini adalah fitur yang menampilkan penilaian makanan. Penilaian dikategorikan menjadi 10. Penilaian tidak menggunakan angka melainkan huruf dari A sampai D. Lengkapnya, yaitu A, A-, B +, B, B-, C +, C, C-, D +, dan D. Tentu penilaian dengan huruf A adalah penilaian yang paling baik sedangkan penilaian D merupakan penilaian yang dianggap buruk. Sistem penilaian yang dilakukan aplikasi kesehatan ini sendiri berdasar pada bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah makanan.

Makanan yang mendapatkan nilai A biasanya adalah tipe makanan yang memiliki banyak nutrisi. Sementara bila sebuah makanan lebih banyak mengandung bahan-bahan yang merusak tubuh, maka akan semakin turun nilainya. Misalnya sebuah makanan banyak mengandung zat pewarna dan bahan pengawet tentu akan semakin menurunkan nilai dari makanan tersebut.

 

Aplikasi Fooducate ini juga sangat baik digunakan untuk pengguna yang sedang menjalani program diet. Tentunya, pengguna yang sedang menjalani program diet akan lebih banyak memilih makanan yang sehat atau jenis makanan dengan kandungan lemak yang sedikit. Pengguna juga tentunya akan mendapatkan informasi terkait kalori dalam sebuah makanan. Hal ini sangat penting untuk pengguna yang sedang menjalani program diet. Dan tentunya pengguna tersebut akan dimudahkan karena tidak perlu menghitung kalori lagi.

 

Kesimpulan

Fooducate merupakan aplikasi kesehatan yang tampaknya wajib dipasang. aplikasi kesehatan ini menjawab kebutuhan banyak pengguna akan informasi terkait kandungan makanan. Cara kerja aplikasi kesehatan ini pun cukup mudah, yakni dengan memindai (scaning) barcode dari sebuah produk makanan. Sayangnya, aplikasi kesehatan ini tersedia dalam bahasa Inggris. Namun hal ini bukan masalah besar karena istilah gizi biasanya tidak berbeda dengan istilah gizi dalam bahasa Indonesia. [HMN]

 

Link Download Fooducate

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel