Inilah Aplikasi Astronomi Android untuk Menikmati Langit Malam

28 Aug 2014 13:00 19791 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi astronomi Android ini membawa Anda ke kosmos dan juga memberikan pelajaran yang menyenangkan. Mungkin Anda telah menemukan web yang menyediakan konten astronomi, sekarang mari kita lihat apa yang ada di Android.

Astronomi adalah hal yang keren. Jika setuju dengan ini, Anda akan suka aplikasi yang akan Paseban ulas. Aplikasi astronomi ini diambil dari kenyataan untuk menjelajah alam semesta melalui ponsel Anda. Aplikasi astronomi Android ini membawa Anda ke kosmos dan juga memberikan pelajaran yang menyenangkan. Mungkin Anda telah menemukan web yang menyediakan konten astronomi, sekarang mari kita lihat apa yang ada di Android.

 

Star Walk

Mungkin Anda pernah mencoba teleskop luar angkasa online seperti Google Sky, MicroObservatory Robotic Telescope Network, Sky View atau World Wide Telescope. Itu semua memang mengagumkan. Tetapi ada yang lebih sederhana, hanya dengan menggunakan perangkat mobile Anda. Dengan Star Walk, Anda tinggal mengarahkan perangkat Anda ke bintang, kemudian menggunakan sensor yang ada perangkat Anda menentukan titik yang Anda maksud. Aplikasi astronomi ini akan menunjukkan tata letak bintang dan planet yang ada di depan Anda. Tap pada bintang dan planet tersebut untuk mengetahui lebih banyak mengenainya.

Aplikasi astronomi ini sangat mudah digunakan dengan antarmuka yang tidak akan membingungkan Anda. Tombol pencarian di kiri bawah, tombol share di kiri atas, tombol transparansi di kanan atas dan tombol pilihan di kanan bawah.

Namun aplikasi astronomi ini tidak gratis. Harganya US$3,17 dan tidak ada versi trial. Harga seperti itu sangat layak untuk aplikasi astronomi ini. Anda tidak akan kecewa.

Star Walk

 

Star Chart

Aplikasi alternatif dari Stat Walk bila Anda ingin yang gratisan. Aplikasi astronomi ini dapat digunakan dalam posisi portrait atau lanskap dan memiliki ide yang mirip dengan Star Walk. Arahkan ponsel Anda ke langit dan dia akan mengarahkan sendiri menggunakan posisi lokasi Anda dan kompas akan menunjukkan apa yang ada di langit.

Walau aplikasi astronomi ini gratis, in-app purchase dapat mempercepat kerja aplikasi astronomi ini. Di aplikasi astronomi ini Anda dapat menyesuaikan pengaturan pada menu dan juga menentukan objek di langit yang Anda cari. Ketika mencari dilangit, tap pada benda yang Anda temukan akan memunculkan pop-up penjelasan tentang objek tersebut. Anda dapat memperbesar dan juga melihatnya secara 3D.

Ada ikon microphone di bagian bawah layar untuk perintah suara, tetapi ini kurang bekerja dengan baik. “Show me Great Bear” akan membawa Anda ke Sky View untuk melihat rasi Great Bear. “Go to Mars” Akan memperlihatkan Anda planet merah secara 3D dan bisa Anda zoom.

 

Sky Map

Open-source Sky Map Google bukanlah yang terbaik di sini, tapi ini mudah digunakan dan gratis. Berguna juga untuk sesekali melihat rasi bintang dan aplikasi astronomi ini bekerja luar biasa. Antarmukanya sederhana tetapi memiliki berbagai fitur. Anda dapat beralih dari satu objek ke objek lainnya (planet, rasi bintang, bintang dan lain-lain) di tambah terdapat kontrol secara otomatis atau manual. Kontrol otomatis memungkinkan Anda menggunakan kompas di ponsel untuk menentukan apa yang Anda lihat. Mode manual hanya memungkinkan Anda menjelajahi langit dengan men-swipe layar.

Sky Map

Tanpa iklan atau tambahan apapun dari aplikasi lain, ukurannya aplikasi astronomi ini jauh lebih kecil dari aplikasi lainnya. Aplikasi astronomi ini juga bekerja dengan baik pada ponsel yang memiliki hardware terbatas. Namun, Anda perlu memiliki aplikasi kompas internal dan GPS untuk fitur otomatisnya.

 

Solar Walk

Pembuatnya sama dengan Star Walk. Solar Walk seperti model 3D dari tatasurya kita dengan grafik yang luar biasa dan informasi mengenai planet-planet. Aplikasi yang satu ini lebih sedikit beroperasi untuk bintang-bintang dan lebih fokus ke tata surya. Walau begitu, aplikasi astronomi ini layak bila kita berbicara mengenai astronomi.

Pilih planet tertentu dan Anda akan mendapat informasi mendalam tentangnya, bahkan sampai struktur internal. Ini adalah alat untuk pendidikan yang bagus. Layak di pasang pada tablet-tablet di sekolah.

Aplikasi astronomi ini memiliki fitur 3D dengan men-tap ikon kacamata 3D. Anda juga dapat melihat tata surya secara 3D. Aplikasi astronomi ini memiliki antarmuka yang mirip dengan Star Walk. Hanya saja fokusnya pada planet-planet di tata surya kita, bukan bintang, rasi bintang atau galaxy. Aplikasi astronomi ini berukuran 300MB dan itu hanya versi trial. Untuk mendapatkan full akses Anda perlu membayar US$2,90. [RIC]

 

Link Download

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel