Telegram - Aplikasi Chatting yang Mengutamakan Keamaman

27 Oct 2014 11:00 21483 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Diantara banyaknya aplikasi Chatting yang bertebaran di Google Play Store, mungkin hanya beberapa saja Aplikasi Chatting yang anda gunakan. Lalu mengapa anda menggunakan aplikasi tersebut ? berdasarkan survei kebanyakan Aplikasi Chatting sukses karena pelayanannya yang cepat dalam menghantarkan pesan dari Handphone pengirim ke penerima dan sisanya adalah karena fitur tambahan yang terdapat dalam aplikasi chatting tersebut seperti Attach foto, dokumen dan lain lain.

Apalah artinya sebuah Handphone tanpa aplikasi pesan singkat. Walaupun fungsi dari sebuah Handphone sudah mulai mekar, namun fitur pengiriman pesan masih tetap menjadi fungsi utama sebuah handphone. Mungkin inilah yang menyebabkan semakin menjamurnya aplikasi pesan terlebih lagi bagi para pengguna Smartphone.

Diantara banyaknya aplikasi Chatting yang bertebaran di Google Play Store, mungkin hanya beberapa saja Aplikasi Chatting yang anda gunakan. Lalu mengapa anda menggunakan aplikasi tersebut ? berdasarkan survei kebanyakan Aplikasi Chatting sukses karena pelayanannya yang cepat dalam menghantarkan pesan dari Handphone pengirim ke penerima dan sisanya adalah karena fitur tambahan yang terdapat dalam aplikasi chatting tersebut seperti Attach foto, dokumen dan lain lain.

Namun apakah terfikirkan oleh anda keamanan dalam menggunakan aplikasi Chatting tersebut? Masih ingat dalam benak kita tentang banyaknya penyadapan yang terjadi akhir akhir ini, jika Anda  sedikit berhari hati dalam menggunakan sebuah aplikasi Chatting, mungkin hal ini tidak akan menimpa kepada anda.

Lalu tahukan bahwa baru baru ini ada sebuah aplikasi yang mengutamakan keimanan pesan yang kita kirim? Ya ,, baru baru ini sebuah aplikasi Chatting bernama Telegram muncul untuk memberi solusi bagi orang yang khawatir akan privasi, khususnya privasi dalam berkomunikasi via aplikasi Chatting.

 

Fitur Dasar

telegram

Dikarenakan telegram adalah aplikasi Chatting, maka fitur dasar yang dimiliki oleh aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Chatting lainnya. dimulai dari fitur berbagi pesan teks, Attach gambar hingga Attach dokumen. Konsep sama yang diusung oleh WhatsApp, Telegram akan mengambil data dari kontak dan memfilternya untuk anda, sehingga anda bisa mengetahui teman anda yang mana saja yang telah menggunakan aplikasi Chatting ini.

Fitur dasar lainnya yang terdapat pada telegram ini adalah, anda bisa membuat grup yang berguna sebagai ruang obrolan, sehingga para anggota grup bisa mengetahui jika ada obrolan yang dikirim pada grup ini. Layaknya BBM, anda harus menambahkan orang dengan menginvite nya secara manual untuk bergabung pada grup yang telah anda buat.

 

Fitur Unggulan

telegram

Selain fitur dasar, ada beberapa fitur yang membuat telegram unggul daripada aplikasi Chatting lainnya. yang pertama adalah fitur “Obrolan Rahasia”, jika anda ingin mengirim pesan kepada sesama teman di Telegram, anda bisa menggunakan fitur “Secret Chat” yang bisa anda akses pada menu di sebelah kanan atas. Perbedaan fitur ini dari fitur obrolan biasa adalah terletak pada Enkripsi pesan yang dikirimkan oleh para pengguna. Dengan kata lain, pesan hanya bisa di eknsripsi (sistem penerjemahan) oleh si penerima, sehingga jikalau ada yang ingin membajak obrolan anda, maka mereka setidaknya akan merasa kesulitan membaca pesan yang masih dalam berbentuk kode.

Fitur unggulan yang kedua adalah “Self Destruction”. Fitur ini asi terdapat pada mode “Secret Chat”. Fitur ini akan secara otomatis menghapus History percakapan berdasarkan waktu yang kita tentukan. Anda bisa mengatur waktu penghapusan riwayat percakapan Anda dengan menekan Icon Waktu yang terdapat di bagian atas Aplikasi. Dengan fitur ini Anda bisa merasa lebih aman jikalau anda lupa menghapus informasi penting yang telah anda berikan kepada teman Anda.

Fitur lainnya yang membuat Telegram semakin unggul yaitu tidak ada batas storage untuk berbagi File, baik itu berupa video, musik dan dokumen. Bahkan yang akan membuat anda lebih betah adalah layanan antarnya yang begitu cepat bila dibandingkan dengan aplikasi yang sedang ngetren di bumi pertiwi ini.

 

Kesimpulan

Dari sekian banyak aplikasi Chatting yang bertebaran untuk smartphone Android, Telegram bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mengutamakan keamanan dalam berinteraksi menggunakan layanan pesan singkat. Bahkan pihak Developer Telegram yang berasal dari Rusia sedang mengembangkan fitur lainnya, yaitu fitur untuk menghapus akun yang akan benar-benar dihapus secara total dari Server mereka. Tertarik menggunakan aplikasi ini? silakan download Telegram di Google Play Secara Gratis [IA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel