Aplikasi Antivirus Terbaik Buatan Lokal Selain Smadav

18 Apr 2014 09:00 9266 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Program antivirus menjadi sebuah “barang” wajib ada pada perangkat komputer Anda. Ada banyak pilihan antivirus yang berbayar maupun antivirus gratis. Namun pernahkah Anda mencoba menggunakan antivirus lokal?

Program antivirus menjadi sebuah “barang” wajib ada pada perangkat komputer Anda. Ada banyak pilihan antivirus yang berbayar maupun antivirus gratis. Namun pernahkah Anda mencoba menggunakan antivirus lokal? Ya, cukup banyak disebut-sebut aplikasi antivirus terbaik lokal yang mampu efektif melindungi komputer Anda dari virus.

Jika membahas antivirus lokal, mungkin Anda akan teringat dengan Smadav. Salah satu antivirus yang cukup populer di Indonesia. Ya, memang saat ini Smadav menjadi antivirus lokal terlaris karena umumnya orang lebih banyak menggunakan antivirus dari luar negeri. Namun apakah antivirus lokal selalu Smadav saja? Ternyata cukup banyak pilihan antivirus lokal terbaik selain Smadav yang bisa Anda gunakan. Beberapa antivirus lokal bahkan memiliki fitur yang cukup lengkap dan tidak kalah dengan antivirus terkenal lainnya. Keampuhannya dalam melindungi komputer patut Anda coba. Berikut ini Paseban akan mengulas beberapa aplikasi antivirus terbaik selain Smadav :

 

  • ARTAV

Untuk pembahasan antivirus lokal pertama adalah ARTAV, sebuah program antivirus yang diciptakan oleh orang Indonesia bernama Arrival Dwi Sentosa. ARTAV dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6 dengan C++. Beberapa fitur utamanya adalah ART Hybscan teknologi Hybrid Scan, sebuah proses scan file yang cukup cepat, detail serta tentunya dengan tingkat Keakuratan yang sangat tinggi.

Selanjutnya adalah fitur ART Repair untuk melakukan restorasi data atau fule  yang di hilang akibat virus. Fitur ini juga bisa melakukan perbaikan pada Registry Windows yang rusak oleh virus. Tidak hanya sebagai antivirus saja, ARTAV juga menyediakan internet filtering untuk pemblokiran situs yang tidak diinginkan seperti pornografi, perjudian dan lain-lain.

Anda bisa mengunduh ARTAV secara gratis di sini dengan ukuran file hanya 1.6 MB. Interface sederhana memungkinkan pengguna pemula tidak akan merasa kesulitan menggunakan ARTAV:

 

  • PCMAV

Antivirus kedua adalah PCMAV, sebuah program antivirus yang juga sudah cukup populer. Program ini dikembangkan oleh PCMedia dan pertama kali rilis pada 2006. PCMAV dianggap sangat ampuh untuk mendeteksi berbagai virus lokal maupun virus impor yang sering beredar di Indonesia. Program ini sangat solid dan lebih handal dalam proses pengembalian file, dokumen serta sistem yang menjadi sasaran serangan dari virus. Fitur utama PCMAV adalah Real time protection yang mampu mencegah malware aktif pada memori.

Kemudian dengan Link Protector memungkinkan Anda lebih aman dalam menjelajahi dunia maya karena fitur ini dapat mencegat website berbahaya yang sering menyebarkan malware. Salah satu yang membuat PCMAV unggul adalah Anti Key Stroke yang sangat handal dalam mencegat perekaman tekanan tombol keyboard oleh program keylogger.  Membuat pengguna lebih merasa nyaman tanpa adanya “penyadapan” dari oknum tidak bertanggung jawab. Masih kurang? masih banyak fitur lainnya dalam PCMAV seperti pendeteksian virus meski sudah di “bungkus” dengan ZIP atau RAR.

PCMAV dapat Anda unduh secara gratis di sini dengan ukuran hanya 85 MB:

 

  • ANSAV

Antivirus ketiga adalah ANSAV, yang tidak kalah dengan PCMAV maupun ARTAV. Ini merupakan program antivirus yang sudah dibekali dengan beberapa plugin dan plugin tersebut dapat Anda pasang maupun dilepas dengan mudah. Perlindungan dari ANSAV lebih bersifat modular atau artinya adalah program ini melakukan proses scanning secara mandiri tanpa harus menunggu scanning pada proses lain.

Dipastikan pula Engine perangkat lunak ini sanggup melakukan deteksi malware yang lebih akurat, terutama untuk versi paling baru. Database Virus yang banyak kembali didukung dengan durasi scanning super cepat. Memungkinkan Anda tidak perlu menunggu lama untuk file banyak.

ANSAV dikembangkan oleh developer AnLab Software dan pastinya tersedia gratis. Ukuran file cukup kecil, hanya mencapai 721 Kb, Anda bisa unduh di sini.

 

  • N-Shield

Alternatif lain jika Anda enggan menggunakan beberapa virus diatas adalah menggunakan N-Shield Antivirus. Sebuah antivirus lokal yang cukup handal yang cukup handal menjegal berbagai jenis virus pada PC serta virus di flashdisk. Pertama kali N-Shield diperkenalkan kepada publik pada tahun 2009. Program ini memiliki keunggulan utama yakni mampu mendeteksi virus yang memiliki teknologi rootkit, bahkan mampu melihat virus yang tidak terlihat pada memory maupun Hidden Process.

N-Shield juga sudah dibekali kemampuan melakukan scanning file yang disisipkan pada program arsip seperti RAR dan ZIP. Seluruh metode dilakukan N-Shield Antivirus secara cepat dan ringan pada memory meskipun program ini juga diklaim mempunyai jumlah virus database cukup banyak, mencapai lebih dari 60 ribu virus.

N-Shield dapat Anda unduh secara gratis di sini dengan ukuran file hanya 13 MB untuk sistem operasi Windows. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel