Ricoh GR Limited Edition - Kamera dengan Motif Kayu yang Berkualitas

20 Jun 2014 11:00 5898 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dua bahan yang sangat paling banyak dipakai untuk membuat kamera adalah plastik dan magnesium alloy warna hitam dan merah. Namun bagaimana jika ada sebuah kamera modern yang dirancang menggunakan motif kayu? Ricoh GR Limited Edition adalah yang kami maksud. Kamera digital mumpuni dengan kualitas super.

Dua bahan yang sangat paling banyak dipakai untuk membuat kamera adalah plastik dan magnesium alloy warna hitam dan merah. Namun bagaimana jika ada sebuah kamera modern yang dirancang menggunakan motif kayu? Ricoh GR Limited Edition adalah yang kami maksud. Kamera digital mumpuni dengan kualitas super.

Produsen peralatan fotografi Ricoh memang sudah dianggap kalah bersaing dengan Nikon, Canon maupun Sony. Namun bukan berarti mereka lambat dalam berinovasi. Terbukti dengan kehadiran Ricoh GR Limited Edition yang begitu sangat memukau. Seri ini memang sering dikaitkan dengan Ricoh GR versi biasa, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan meski ada pula banyak persamaan.

Dikabarkan Ricoh GR Limited Edition saat ini hanya tersedia sejumlah 5000 unit dan termasuk dalam kategori kamera digital poket (kamera saku). Ada banyak sekali fitur-fitur unggulan dan canggih yang akan Anda temukan dalam kamera ini. Bahkan dianggap mampu bersaing dengan kamera jenis DSLR maupun Mirrorless. Simak review selengkapnya dibawah ini Ricoh GR Limited Edition.

 

Desain

Melihat desain dari Ricoh GR Limited Edition mungkin Anda akan melihat sebuah kamera digital biasa. Namun jika diperhatikan maka Anda akan melihat warna yang tidak biasa pada sebuah kamera, yakni motif hijau bergelombang  atau patern. Memberi kesan unik atau bahkan mewah. Selain itu pada bagian depan, Anda juga akan melihat grip yang memiliki sentuhan motif kayu mengkilap. Semakin unik bukan? kamera dengan desain motif kayu seperti ini mungkin bisa Anda temukan pada kamera-kamera retro jadul. Itulah mengapa Ricoh GR versi ini dihadirkan secara Limited Edition.

Melihat ke bagian belakang, Anda akan melihat banyak tombol, dengan tuas serta tool pengoperasian lain. Diantaranya adalah tombol Fn, Delete, Display, Navigasi yang dibarengi Fn1, Flash, White Balance, Macro, Menu/OK, AEL, AFL, C-AF, tuas ISO, Zoom-in, Zoom-out, dan Play. Cukup banyak untuk sebuah kamera saku. Keseluruhan tombol dan tool terletak dibagian kanan, sedangkan bagian tengah sampai kiri ditempai oleh layar LCD dengan resolusi tinggi berukuran mencapai 3 inchi dengan 1,23 juta titik gambar. Tentu saja memiliki kemampuan tingkat kecerahan otomatis tinggi dan ketajaman yang natural. Beralih ke bagian atas ada tersedia bulatan mode pemotretan, baik itu Auto, Program, Aperture Priority, Shutter Priority, TAv, Manual, serta mode untuk perekaman video. Selain itu pastinya tersedia tombol Shutter yang responsif, tombol On/Off serta tuas serba guna. Mungkin cukup memuaskan, seperti halnya pengaturan pada kamera DSLR.

Satu hal lagi yang membuat Ricoh GR Limited Edition ini unik adalah cincin lensa dengan bahan berlian yang berinisial seri produk GR. Apakah Anda menemukan berlian pada DSLR seharga puluhan juta?

Ricoh GR Limited Edition

Fitur

Kamera ini memiliki opsi Manual yang tentu saja akan memungkinkan Anda mengatur sendiri kecepatan rana, Aperture dan ISO. Shutter speed kamera ini dapat diatur hingga 1/4000 detik. Terdapat Indikator horizon elektronik pada layar yang bisa membantu Anda saat pengambilan gambar tegak lurus. Kamera ini juga dianggap sangat cepat dan responsif. Anda bisa melakukan Start-up hanya dalam waktu 1 detik saja, serta AF dalam waktu 0.2 detik. Begitu sangat cepat seperti DSLR, sehingga cocok untuk pemotretan snapshot serta candid atau momen-momen yang cepat.

Melihat kebagian dalam, Ricoh GR Limited Edition didukung dengan Sensor ukuran APS-C CMOS 16 Megapiksel. Sensor berkualitas tinggi ini didukung dengan teknologi mesin prosesor terbaru GR ENGINE versi V sehingga memungkinkan untuk melakukan pengolahan gambar berkualitas super. Pada lensa tidak tersedia stabilizer, namun pada kamera tetap tersedia. Fitur Shake Reduction dalam Ricoh GR ini dianggap sangat solid untuk mengurangi efek blur pada gambar akibat guncangan tangan.  Lalu bagaimana dengan kepekaan cahaya? ISO maksimal hingga mencapai 25.600 dengan kebersihan dari noise mencapai angka 1600.

 

Lensa

Ricoh GR Limited Edition memiliki lensa prime GR berperforma tinggi 18.3mm F2.8 atau diklaim sudah setara dengan 28mm pada format full frame. Bukaan terbesar F2.8 memungkinkan cahaya lebih banyak didapat. Sedangkan Aperture minimum mencapai F16.

 

Harga dan Penggunaan

Saat ini Ricoh GR Limited Edition dibanderol dengan harga mencapai USD 899.95 atau sekitar Rp 10 jutaan untuk pasaran Indonesia.  Tentu sangat cocok untuk berbagai keperluan fotografi mulai dari kegiatan outdoor, traveling, indoor, party, candid, dan lain-lain. Sangat pas jika Anda menginginkan kamera yang modis dan mewah. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel