CAT B100: Ponsel Tangguh yang Tahan Banting, Tahan Air dan Tahan Cuaca Ekstrim

28 Jan 2014 23:00 19046 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

CAT atau Caterpillar selama ini lebih dikenal sebagai sebuah perusahaan penyedia alat-alat berat khusus konstruksi seperti traktor. Namun, selain itu ternyata mereka juga memproduksi telepon seluler alias ponsel.

CAT atau Caterpillar selama ini lebih dikenal sebagai sebuah perusahaan penyedia alat-alat berat khusus konstruksi seperti traktor. Namun, selain itu ternyata mereka juga memproduksi telepon seluler alias ponsel. Sebelumnya, mereka telah menelurkan dua ponsel seri CAT B25 pada tahun 2012 dan CAT B15 pada tahun 2013. Tahun 2014 ini, mereka kembali mengeluarkan satu produk lagi berlabel ponsel tahan air dengan nama CAT B100.

Ponsel baru ini diluncurkan oleh CAT dalam ajang gadget Consumer Electronic Show (CES) 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat, beberapa hari yang lalu. Sama seperti produk-produk telekomunikasi sebelumnya yang pernah diproduksi oleh perusahaan tersebut, CAT B100 ini juga mengutamakan ketangguhan, sehingga pantas disebut sebagai ponsel tahan air. Lalu apa kekuatan perangkat ini sebenarnya? Berikut ulasan khususnya untuk para Pasebania.

Desain

Dilihat sekilas, desain ponsel CAT B100 ini memang terlihat sedikit berbeda. Desainnya terlihat lebih mengikuti seri CAR B25 dengan model feature phone, dibandingkan seri B15 yang berbasis platform Android. Soal ukurannya, dengan dimensi penuh berukuran 123 mm x 56 mm x 17,5 mm dan bobot 136 gram, ponsel ini memang terlihat memiliki bodi yang agak besar dibandingkan dengan jenis perangkat lain kategori feature phone yang sekelas.

Tetapi, ternyata dalam bodinya yang agak besar itulah terletak kekuatan perangkat telekomunikasi ini sebagai sebuah ponsel yang tangguh dengan fisik yang sangat kokoh. Soal ketangguhannya, ponsel CAT B100 ini sudah lulus uji coba sebagai perangkat yang tahan banting, tahan air, dan tahan dalam cuaca yang ekstrem. Sederet sertifikasi menjadi bukti ketangguhan dan kekuatan perangkat ini, sehingga disebut pula sebagai ponsel “Hercules”.

Pertama adalah sertifikasi MIL 810G yang menjamin kekuatan bodi ponsel CAT B100 ini, meski terbanting, terbentur, ataupun terjatuh dari ketinggian 1,8 meter. Kemudian, perangkat ini juga tetap bisa dioperasikan dalam temperatur yang sangat ekstrem sekalipun, dalam rentang temperatur minus 25 derajat celcius sampai 55 derajat celcius. Bandingkan dengan iPhone 5, yang hanya dapat bertahan pada rentang temperatur 0-35 derajat celcius.

Yang kedua adalah sertifikasi IP67, sebagai jaminan bahwa ponsel CAT B100 ini tahan air dan menjaminnya akan tetap hidup di air yang dalamnya mencapai 1 meter selama 30 menit. Selain itu, perangkat ini juga dipastikan tahan debu. Ditambah lagi dengan tombol alfanumerik yang terbuat dari bahan karet pada ponsel berformat candybar ini, semakin membuatnya cocok digunakan untuk sarung tangan dan jari-jari kotor para pekerja berat.

Performa

Soal spesifikasinya, ponsel CAT B100 ini memang kalah jauh dari berbagai merek smartphone yang saat ini membanjiri pasaran gadget dunia. Sebagai sebuah ponsel biasa atau feature phone, perangkat ini memang tidak dilengkapi dengan spesifikasi mewah. Untuk mendukung performanya, hanya dibekali dengan prosesor MediaTek MT6276W, dan didukung dengan memori RAM sebesar 64 MB. Kemudian, ponsel ini juga dilengkapi dengan custom OS.

Layar dan Konektivitas

Sektor layar ponsel CAT B100 ini juga biasa-biasa saja. Perangkat ini hanya mengusung layar jenis TFT berukuran 2,2 inci, yang didukung dengan resolusi QVGA 240 x 320 piksel. Sementara itu, untuk konektivitasnya ternyata ponsel ini sudah mendukung jaringan 3G. Hanya saja, penggunaannya memang lebih banyak untuk fungsi dasar telepon dan SMS. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur konektivitas berupa Bluetooth 2.0 dan GPS.

Memori Penyimpanan dan Kamera

Ponsel CAT B100 ini telah pula dibekali dengan kamera yang mampu merekam gambar berkualitas 3 megapiksel. Tetapi, tidak diketahui soal kemampuan kameranya tersebut dalam mereka video. Sebagai media penyimpanan, terdapat memori internal dengan kapasitas 128 MB. Memang kapasitas memori yang disediakan sangatlah terbatas. Namun, ponsel ini juga didukung dengan slot kartu microSD hingga kapasitas maksimal 32 GB.

Baterai dan Fitur Lain

Untuk mendukung penggunaan ponsel CAT B100 ini, dipasangkan pula baterai berkapasitas 1.150 mAh, yang diklaim mampu bertahan dalam talk time yang cukup panjang, yakni dengan waktu bicara hingga 10 jam. Kemudian, CAT juga menyematkan sejumlah fitur tambahan pada produknya ini, seperti Radio FM, serta sebuah microphone berteknologi noise-canceling, yang dapat digunakan untuk menelepon dalam kondisi bising sekalipun.

Harga dan Kesimpulan

Ponsel dengan bodi yang kuat dan penampilan yang gahar ini kabarnya dipasarkan dengan banderol 150 Euro atau sekitar Rp 2 jutaan. CAT sendiri akan mulai memasarkannya untuk pertama kali di Eropa, dan kemudian menyusul di wilayah lainnya pada pertengahan paruh pertama tahun 2014 ini. Co-CEO of Bullitt Mobile, Dave Floyd menyebut CAT B100 ini sebagai ponsel tangguh yang praktis, sehingga ditujukan untuk para pekerja outdoor. [MAR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel