Samsung Galaxy Tab 3 Lite - Tablet Android yang Dibanderol Kurang dari Rp 2 Juta

19 Jan 2014 13:00 65577 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Samsung, perusahaan terkemuka asal Korea terus produktif dalam menghadirkan produk berkualitas. Tidak hanya untuk pasar premium, Samsung pun kini mencoba menghadirkan produk berkualitas untuk kelas menengah ke bawah.

Samsung, perusahaan terkemuka asal Korea terus produktif dalam menghadirkan produk berkualitas. Tidak hanya untuk pasar premium, Samsung pun kini mencoba menghadirkan produk berkualitas untuk kelas menengah ke bawah. Produk tersebut tidak lain adalah Samsung Galaxy Tab 3 Lite. Lewat sebuah bocoran buku manual di Polandia, perangkat Tablet dari Samsung ini menyeruak dengan harga yang lebih murah namun tetapi spesifikasinya tidak kalah.

Desain

Tablet yang tersedia dalam warna putih dan hitam ini memiliki kesan gaya dan menawan khas brand Samsung. Kesan itu didapatkan saat pertama kali melihat Tablet ini. Kesan gaya tersebut semakin mantap dengan bodi pada Samsung Galaxy Tab 3 Lite ini yang tergolong ringkas. Hal tersebut terbukti dengan dimensi 116.4 x 193.4 x 9.7mm dan bobot berat perangkat ini yang hanya 310 gram. Secara keseluruhan, produk yang sudah dirumorkan keberadaannya beberapa bulan lalu ini desainnya sedikit menyerupai Samsung Galaxy Tab 3 7.0.

Layar

Selain urusan desain, untuk urusan layar, perangkat ini pun tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 3 7.0. Samsung Galaxy Tab 3 Lite hadir dengan dimensi 7 inci yang mengusung resolusi 1024 x 600 piksel. Layarnya pun memiliki kerapatan yang cukup baik yakni 170 piksel per inci. Spesifikasi seperti ini memang tergolong sederhana, namun mengingat produk ini merupakan tablet 7 inch, spesifikasi layarnya ini sudah tergolong standar dan mumpuni.

Performa

Samsung Galaxy Tab 3 Lite hadir dengan chipset dari Marvell PXA986. Chipset ini memiliki spesifikasi prosesor dual-core ARM Cortex-A9 berkecepatan 1,2GHz dan GPU dari Vivante GC1000. Keberadaan prosessor pada perangkat ini tergolong baik. Dukungan GPU dari Vivante GC1000 pun membuat performa tablet ini meningkat. GPU ini tidak kalah dari pengolah grafis lain semacam PowerVX dan Mali. Kedua kombinasi ini boleh dikataka sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dan games.

Memori

Untuk membantu kinerja prosessornya, perangkat bernama Samsung Galaxy Tab 3 Lite ini ditenagai dengan RAM 1GB. Kapasitas RAM yang cukup baik tentu membuat kemampuan tablet ini dalam melakukan multitasking sudah tergolong mumpuni. Selain keberadan RAM, perangkat ini pun sudah dibekali dengan memori internal sebesar 8GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal microSD hingga 32GB

Konektivitas

Samsung Galaxy Tab 3 Lite  semakin menarik berkat hadirnya konektivitas USB 2.0 dan GPS: GPS + GLONASS. Perangkat yang berjalan pada sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean ini pun semakin mantap berkat dukungan Wi-Fi 802.11 b/g/n/ (2.4GHz) dan dukungan Wi-Fi Direct. Tidak ketinggalan pula, perangkat ini hadir dengan konektivitas BT4.0.

Kamera

Sayangnya kamera pada Samsung Galaxy Tab 3 Lite ini hanya dibekali kamera satu saja. Kamera tersebut terletak pada bagian belakang dengan sensor 2 MP. Meskipun menggunakan jenis kamera sederhana, Samsung tetap membuat kameranya terasa istimewa berkat fitur Smile Shot yang akna berfungsi otomotasi ketika memfoto orang yang tersenyum. Ada juga fitur Shoot & Share yang sangat berguna bagi pengguna yang sering berbagi foto seketika itu juga. Tentu Samsung pun tidak ketinggalan menyediakan fitur Panorama Shot. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang senang memotret gambar secara lanskap.

Baterai

Samsung Galaxy Tab 3 Lite ditanami baterai dengan kapasitas 3.600 mAh. Baterai ini tergolong baik dan bisa menyala lama unntuk pemakain normal. Untuk pemakaian video, baterai ini bisa bertahan samapi 8 jam lamanya. Sebuah kemampuan baterai yang tentunya cukup menarik.

Harga dan Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab 3 Lite adalah perangkat Tablet yang menarik. Tablet ini tampak dihadirkan oleh Samsung untuk pengguna yang menginginkan sebuah perangkat penunjang aktivitas. Untuk keperluan pemotretan tablet ini kurang bisa diandalkan mengingat kamera yang tersemat pada perangkat tergolong pas-pasan meski hadir dengan ragam fitur shot yang menarik. Perangkat ini kabarnya akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,9 juta. Tablet ini pun memiliki varian lain yakni varian 3G yang dijual sedikit di atasnya. Bila menelisik kenyataan bahwa tablet ini sudah pre-order di Polandia, buakn tidak mungkin tablet ini pun dalam waktu dekat akan hadir di pasar global termasuk Indonesia. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel