Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Lewat Aplikasi Android, Mudah dan Gratis

17 Jan 2014 12:30 16293 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seiring dengan berkembanganya zaman dan arus globalisasi yang semakin kuat kita tentu memerlukan kemahiran bahasa asing. Bahasa Inggris salah satunya. Pada umunya, saat ini, sekolah dasar telah mengajarkan bahasa Inggris yang sebetulnya kurang efektif. Keberhasilan dalam pemelajaran bahasa tidak ditentukan dari lamanya belajar bahasa tersebut tetapi materi  yang masuk. Nah, mahir berbeda hanya dengan bisa.

Seiring dengan berkembanganya zaman dan arus globalisasi yang semakin kuat kita tentu memerlukan kemahiran bahasa asing. Bahasa Inggris salah satunya. Pada umunya, saat ini, sekolah dasar telah mengajarkan bahasa Inggris yang sebetulnya kurang efektif. Keberhasilan dalam pemelajaran bahasa tidak ditentukan dari lamanya belajar bahasa tersebut tetapi materi  yang masuk. Nah, mahir berbeda hanya dengan bisa. Banyak orang mungkin dapat mengatakn bahwa dirinya bisa mengcuapkan bahasa Inggris. Akan tetapi apakah dapat menggunakannya dengan benar dan tepat? Oleh karena itu, Paseban akan membagikan informasi mengenai beberapa aplikasi cara cepat belajar bahasa Inggris di Android.

Semua aplikasi cara cepat belajar bahasa Inggris ini dikembangkan oleh British Council. Sebuah lembaga yang menyebarkan hal-hal tentang Inggris. Lembaga ini berada di bawah Pemerintah Inggris. Jadi, tidak perlu diragukan lagi ya aplikasi ini!

LearnEnglish Grammar (UK ed.)

Aplikasi ini dikhusukan untuk mempelajari tata bahasa Inggris secara umum. Tata bahasa yang disediakan terdiri dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Aplikasi ini berupa kuis yang terdiri dari pilihan ganda ataupun berbentuk form. Versi ini adalah versi UK sehingga tata bahasa yang digunakan adalah tata bahasa Inggris – Inggris. Tentu kita sudah mengetahui bahwa terdapat perbedaan Antara tata bahasa Inggris – Inggris dan tata bahasa Inggris – Amerika.

Aplikasi ini hanya sebesar 15 MB sehingga tidak perlu khawatir akan membebani ponsel pintar Anda. Aplikasi ini cocok digunakan ketika Anda menunggu bus atau di perjalanan dan ingin melatih tata bahasa yang sudah anda pelajari. Aplikasi ini diberikan secara gratis tetapi beberapa kuis harus dibeli terlebih dahulu. Hagra tiap kuis sekitar 1 US$. Berikut ini adalah tautan untuk mengunduh aplikasi ini

LearnEnglish Podcasts

Anda tentu juga harus bisa memahami ucapan orang lain bukan? Nah, belajar menyimak dalam bahasa asing juga merupakan hal yang penting. Tidak mungkin kita hanya mempelajari tata bahasanya saja tanpa bisa menyimak. Kalau begitu, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mendengarkan podcast lalu menjawab pertanyaan yang tersedia. Dengan berlatih menyimak, Anda tidak akan kesulitan untuk memahami ucapan penutur jati bahasa Inggris. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini diberikan secara gratis. Namun, beberapa file audio dan file latihan harus dibeli. Berikut ini adalah tautan untuk mengunduh LearnEnglish Podcast.

MyWordBook 2

Setelah belajar menyimak dan belajar tata bahasa, tentunya kita harus mengenal kata-kata baru. Akan merepotkan jika kita harus membawa buku ke mana-mana serta pulpen. Anda mempunyai ponsel pintar! British Council pun memahami ketidakpraktisan ini. Mereka membuat aplikasi MyWordBook 2 yang digunakan untuk mempelajari kosa kata serta menyimpan kosa kata.

Di dalam aplikasi ini sudah terdapat satu paket kosakata. Jika Anda ingin menambahnya maka Anda harus membelinya. Akan tetapi, tenang saja! Aplikasi ini sifatnya seperti catatan. Anda dapat menambahkan kosa kata Anda sendiri. Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mencatat kosa kata, tetapi juga mempelajarinya. Anda dapat memilih fitur learn untuk mempelajari kosa kata yang ada. Anda akan diberikan gambar, definisi, atau kata lalu harus menjawabnya. Fitur yang paling canggih sehingga membadakan antara aplikasi ini dengan catatan biasa adalah Anda dapat memasukkan gambar bersama kata yang Anda catat. Hal ini berguna untuk mengingatkan kata tersebut terhadap suatu objek. Bagaimana? Ini aplikasi yang berguna bukan? Jika ya, ayo unduh aplikasi My Word Book 2 di tautan berikut

IELTS Word Power

Setelah belajar dengan beberapa aplikasi di atas dan berlatih tekun, Anda merasa telah mahir? Jika ya dan bersiap mengikuti tes IELTS maka aplikasi ini sangat cocok untuk Anda. Aplikasi ini dirancang utnuk pengguna yang akan mengambil tes IELTS. Anda sudah tahu IELTS, kan?

IELTS adalah tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam berbahasa Inggris. Pengmbang IELTS dan TOEFL berbeda. IELTS dikembangkan oleh Cambridge University. Oia, kembali lagi. Aplikasi Word Power ini sangat lengkap, latihan tersedia dalam format mengisi bagian yang rumpang maupun latihan mendengarkan. Ayo tunggu aplagi? Unduh segera aplikasi ini di sini.

Bagaimana? Sudah berapa aplikasi yang Anda unduh? Sukses selalu dan jangan pernah melupakan bahasa Indonesia. Ingat bahwa bahasa adalah identitas sebagai perorangan dan identitas kenegaraan. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel