LG 55EA9800 - OLED TV Pertama dengan Layar Lengkung

21 Oct 2013 14:00 2339 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada pagelaran akbar IFA 2013 di Jerman beberapa waktu yang lalu, hanya beberapa sedikit produk baru yang diperkenalkan. Beberapa produsen berlomba-lomba memamerkan produk terbarunya, namun LG menunjukkan tanda-tanda melambatnya.

Pada pagelaran akbar IFA 2013 di Jerman beberapa waktu yang lalu, hanya beberapa sedikit produk baru yang diperkenalkan. Beberapa produsen berlomba-lomba memamerkan produk terbarunya, namun LG menunjukkan tanda-tanda melambatnya. Hal itu ditAndai dengan hadirnya OLED TV 55 inci yang sedikit melengkung yang  memberikan konsep yang benar-benar baru akan dunia TV. Atau setidaknya itu hanyalah teori.

Meskipun ini termasuk ide yang aneh, dan Samsung pun memamerkan salah satunya, namun OLED TV dengan layar lengkung ini layak untuk diberi perhatian. Hal pertama yang harus katakan tentang 55EA9800 (yang juga dikenal sebagai 5EA980V) adalah meskipun memiliki sudut lengkung, televisi ini memiliki salah satu panel yang paling sulit digunakan, yakni OLED.

Kualitas Gambar

Kualitas gambar yang dihadirkan oleh OLED TV ini benar-benar kaya warna, murni, dalam, kontras hitam yang jelas dan mengagumkan yang sering diremehkan oleh para komentator, tapi panel OLED merupakan hal yang terbaik yang kita miliki untuk sebuah televisi datar. OLED TV ini sangat halus dan menjadikan sebuah kemajuan untuk TV LED di kelas high-end.

Mungkin ini merupakan bentuk baru, namun LG telah terjebak dengan rasa 4 Colour Pixel dari OLED yang juga disebut dengan WRGB, di mana white sub-pixel ditambahkan. Ini juga merupakan OLED TV pertama yang mendapatkan sertifikat THX. Ini tentu terlihat mewah. Para desainer dari 55EA9800 telah bekerja keras. Dengan kurva panel umum, plastik transaparan di bagian bawah yang disebut dengan Crystal Stand menambah kesan elegan pada televisi ini dan mencerminkan sudut lengkung yang menjorok di pusat.

Selain mendapatkan Crystal Stand, OLED TV ini juga mendapatkan  Clear Speakers  yang juga didesain untuk menonjlkan kurva. Hanya dibenamkan 4.3 mm di tepi, itu adalah sesuatu yang meramaikan tempat. Sisi dari OLED TV ini sangatlah tipis dan tebal dibagian belakang tepat dibagian tengah, meskipun kurva lembut digunakan untuk menyembunyikan perangkat elektroniknya.

Konektivitas

Di sisi yang sedikit miring, Anda akan menemukan empat slot HDMI, tiga slot USB – satu dimaksudkan untuk  HDD untuk merekam dari built-in TV tuner - dan slot Common Interface. Di sisi bawah OLED TV ini, Anda akan menemukan port untukheadphone jack, output audio digital optik, port untuk digital dan TV satelit dan beberapa adapter untuk mengkoneksikan Scart, composite dan component video.

Masih belum diketahui apakah OLED TV ini menanamkan aplikasi Smart TV di dalamnya, meskipun di dalam TV ini tidak menyematkan built-in kamera, mungkin karena sudut lengkunya yang membuat sulit untuk dipasangi kamera, tetapi beberapa sudut kemungkinan sudah dipangkas. Berbicara masalah kerampingan OLED TV ini, 55EA9800 tidak memiliki bezel paling tipis. Bezel pada OLED TV ini memiliki ukuran 10mm di semua sisi.

desainer LG ini telah sengaja mengambil perhatian dari OLED sebagai teknologi dasar, 55EA9800 sagnat menakjubkan ketika menyaksikan dari titik tengah. Sebuah gambar yang tampak kemilau dan mengkilap di dalam  55EA9800 sangat matang untuk mengambil kilatan cahaya yang terefleksi di hadapan layarnya.

Dari semua itu, sudut pAndang teknis 55EA9800 sangat mengesankan, dengan sedikit kehialngan kontras atau warna ketika menyaksikan OLED TV ini dari sisi. Jangan berharap Anda akan menyakskan IMAX dan 'surround TV'  di dalam OLED TV ini, karena OLED TV ini tidak menyediakannya untuk Anda.

Namun, salah satu penarik perhatian yang ampuh adalah sudut lengkunya, tetapi kurangnya piksel menjadikan OLED TV ini juga sedikit tidak bertenaga. Keputusan LG untuk sementara tidak melirik resolusi 4k Ultra HD pada kelas high-end mungkin dapat diterima untuk saat ini,  namun para konsumen akan bersikeras untuk berbelok pada  resolusi 2160P untuk setiap layar yang mengaku akan menjadi barang mewah.

55EA9800 ini tidak hanya inovasi OLED LG untuk IFA, produsen asal Korea Selatan ini juga telah menunjukkan televisi sebesar 55 lainnya di pameran IFA yang juga masih menggunakan panel OLED dan menjadi OLED TV pertama yang dapat dipasangkan ke dalam dinding.

Kesimpulan

Untuk saat ini, Curved OLED tampaknya merupakan hal baru yang murni bagi para konsumen saat ini dan juga bisa dikatakan sia-sia. Tetapi OLED TV ini layak untuk diberikan perhatian. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel