Acer Chromebook C720 - Chromebook Baru Murah dengan Prosesor Intel Haswell

11 Dec 2013 22:00 16629 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah baru-baru ini HP merilis Chromebook 11, sekarang Acer menyusulnya dengan meluncurkan perangkat sejenis, Chromebook C720. Chromebook baru murah besutan Acer ini datang dengan prosesor terbaru dari Intel, yaitu prosesor Intel Haswell. Harganya pun dibanderol sangat bersahabat dengan kantong, dan sepertinya akan menjadi pesaing kuat bagi HP Chromebook 11 dan Chromebook Pixel dari Google.

Setelah baru-baru ini HP merilis Chromebook 11, sekarang Acer menyusulnya dengan meluncurkan perangkat sejenis, Chromebook C720. Acer Chromebook baru murah ini datang dengan prosesor terbaru dari Intel, yaitu prosesor Intel Haswell. Harganya pun dibanderol sangat bersahabat dengan kantong, dan sepertinya akan menjadi pesaing kuat bagi HP Chromebook 11 dan Chromebook Pixel dari Google.

Sebagai chromebook pertama yang menggunakan prosesor terbaru Intel Haswell, Acer Chromebook C720 akan lebih bertenaga jika dibandingkan dengan HP Chromebook 11, yang menggunakan prosesor Exynos 5250. Selain itu,  Acer Chromebook baru murah dari produsen asal Taiwan ini juga dipersiapkan sebagai suksesor versi sebelumnya yang berlabel C710. Acer Chromebook C720 pastinya diharapkan bisa sesukses saudara tuanya itu.

Desain

Chromebook besutan Acer ini hadir dengan mengusung bodi yang tipis dan bobot yang ringan. Ketebalannya hanya 19,05 mm saat dilipat, sedangkan bobotnya hanya 1,25 kg. Inilah salah satu keunggulan Acer Chromebook C720 ini, sehingga membuat perangkat ini cukup mudah untuk dibawa kemanapun, dan nyaman dijinjing kala bepergian. Tapi, meskipun chromebook ini memiliki bentuk yang tipis dan ringan, spesifikasi yang dibawanya tetap dapat diandalkan.

Keyboard dan Display

Acer Chromebook C720 ini dibekali dengan layar besar berukuran 11,6 inci. Sektor layarnya itu sudah memenuhi spesifikasi standar untuk sebuah chromebook, yakni beresolusi 1366 x 768 piksel. Selain itu, layar gadget ini juga memiliki rasio aspek 16:9 dan anti-glare. Sayangnya, belum diketahui apakah layarnya tersebut mendukung teknologi touchscreen atau tidak. Meski begitu, untuk mengetik sudah tersedia keyboard spill-resistant bagi pengguna perangkat ini.

Ports dan Webcam

Untuk mendukung konektivitasnya, Acer telah menyediakan 2 port USB versi 3.0 dan 2.0, serta port HDMI pada chromebook ini. Selain itu, ada pula koneksi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, serta SD card reader dan slot SD card. Sedangkan, webcam yang dimilikinya berjenis Webcam HD, yang tentunya mampu menghasilkan kualitas HD. Webcam-nya tersebut bisa dimanfaatkan untuk video chatting, serta juga untuk merekam video dan foto.

Performa dan Software

Untuk menilai sebuah gadget pintar, tentu tidak sah jika kita belum melihat kekuatan sector dapur pacunya. Acer Chromebook C720 ini ditenagai oleh prosesor dual-core jenis Intel Celeron 2955U dengan kecepatan maksimal hingga 1,4 GHz, sama dengan yang kita temui pada Chromebook 14 dari HP. Kemudian, sektor tenaganya itu juga didukung dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Intel HD Graphics.

Meskipun chromebook terbaru dari Acer ini masih menggunakan tenaga Celeron, tetapi prosesornya itu sudah memiliki basis arsitektur Haswell. Prosesor ini merupakan generasi keempat alias generasi terbaru dari Intel. Keunggulannya, mampu menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan prosesor generasi sebelumnya. Penggunaan prosesor seri Haswell ini sendiri sesuai dengan yang disampaikan Intel pada bulan September 2013 lalu.

Sebagai sebuah chromebook, perangkat ini tentunya akan menggunakan sistem operasi berbasis cloud atau awan besutan Google, yaitu Chrome OS. Makanya, wajar saja jika spesifikasi perangkat keras pada Acer Chromebook C720 ini secara umum tidaklah terlalu canggih, sama seperti chromebook merek lainnya, karena cara kerjanya menggunakan bantuan cloud. Hanya saja, penggunaan sistem operasi tersebut akan memerlukan koneksi internet yang kuat.

Battery Life

Kelebihan lain yang dijanjikan oleh Acer Chromebook C720 ini ada pada baterainya. Sumber daya pada perangkat ini mempunyai ketahanan yang cukup baik, dengan kemampuan bertahan hingga 8,5 jam dalam pemakaian normal. Daya tahannya itu dua kali lipat lebih lama dibandingkan dengan baterai yang dimiliki pendahulunya, C710. Jika diadu dengan HP Chromebook 11, daya tahan baterai chromebook Acer ini juga lebih handal.

Konfigurasi dan Fitur Lain

Acer Chromebook C720 ini juga sudah dibekali dengan memori internal berupa SSD dengan kapasitas maksimal 16 GB. Berkat dukungan SSD berkapasitas kecil itu, perangkat ini hanya membutuhkan waktu kurang dari tujuh detik untuk proses booting. Jika ruang penyimpanan tersebut masih kurang, tersedia pula Google Drive berkapasitas 100 GB pada layanan cloud, yang bisa digunakan secara gratis selama dua tahun.

Harga

Chromebook baru dari Acer ini dijual dengan dua pilihan yang berbeda pada kapasitas RAM yang dimilikinya, yaitu memori RAM sebesar 2 GB dan 4 GB. Nilai jualnya sendiri akan dipatok dengan harga yang cukup murah, dibandingkan pesaing sekelasnya. Banderol Acer Chromebook C720 adalah 249 dolar AS, atau sekitar Rp 2,8 juta. Harganya itu lebih murah 30 dolar AS dibanding HP Chromebook 11 yang menjadi pesaing utamanya.

Acer Chromebook C720 ini sekarang sudah bisa dipesan secara pre-order oleh para konsumennya di Amerika Serikat, melalui toko online Amazon dan Best Buy, serta akan mulai dikirimkan pada akhir bulan Oktober 2013 mendatang. Sayangnya, belum ada informasi mengenai ketersediaan chromebook ini untuk pasar internasional, termasuk di Indonesia. Jikapun perangkat ini nantinya dijual juga di Tanah Ari, tentunya harganya akan lebih mahal.

Kesimpulan

Spesifikasi detail Acer Chromebook C720 ini memang belum banyak diketahui, termasuk juga mengenai sektor audionya. Meski begitu, sebagai penerus dari C710, kelengkapan chromebook baru murah ini sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan pendahulunya itu. Yang jelas, fungsinya tetap dikhususkan untuk penggunaan browsing dan mengedit dokumen ringan, serta ditujukan bagi konsumen dengan mobilitas sangat tinggi, seperti pelajar dan mahasiswa. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel