Asus VN247H, LCD Monitor Asus Terbaru yang Mumpuni Untuk Gaming Multi Monitor

16 Oct 2013 17:00 2882 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Teknologi gaming multi monitor baik dari NVIDIA dan AMD paling tidak memerlukan tiga monitor yang sejenis agar dapat digunakan. Saat ini, menemukan monitor yang dapat dikonfigurasi untuk multi monitor sebenarnya tidak begitu sulit. Tetapi, hal yang paling sulit justru adalah memilih monitor dengan bezel seminimal mungkin agar tampilan yang terlihat benar-benar bagus dan tidak seperti gabungan dari beberapa monitor.

Teknologi gaming multi monitor baik dari NVIDIA dan AMD paling tidak memerlukan tiga monitor yang sejenis agar dapat digunakan. Saat ini, menemukan monitor yang dapat dikonfigurasi untuk multi monitor sebenarnya tidak begitu sulit. Tetapi, hal yang paling sulit justru adalah memilih monitor dengan bezel seminimal mungkin agar tampilan yang terlihat benar-benar bagus dan tidak seperti gabungan dari beberapa monitor. Jadi semakin kecil ukuran bezelnya, pandangan game pun akan lebih nyaman dan leluasa. Dari sekian banyak LCD monitor yang ada, LCD Monitor Asus menjadi salah satu monitor dengan bezel tertipis yakni Asus VN247H.

Design

Asus VN247H merupakan LCD monitor terbaru dari Asus yang hadir dengan ukuran 23,6 inchi dengan resolusi display 1920 x 1080 piksel. Monitor ini terlihat begitu mewah dan elegan dengan balutan bodi berwarna hitam. Sementara itu, permukaan bezel layar dan monitor menggunakan bahan yang tidak mengkilap. Penggunaan bahan ini tentu akan menghindari pantulan bayangan benda-benda yang ada di sekitar monitor. Menariknya, bezel pada LCD Monitor Asus ini sangat tipis yaitu hanya 9 mm. Tentu saja ini sangat tipis bukan?

Untuk mengatur LCD monitor ASUS ini, Asus telah menempatkan sejumlah tombol menu di bagian kanan bawah belakang monitor. Tombol paling kiri adalah QuickFit button sedangkan tombol paling kanan adalah tombol power yang digunakan untuk mematikan dan menyalakan LCD Monitor Asus ini. Selain kedua tombol tersebut, ada juga menu button, input selection button, value/brightness button, splendid/menu exit button, dan Audio Volume button. Di bagian belakang LCD Monitor Asus ini, terdapat VESA mounting berukuran 100 x 100 mm. Mounting tersebut memungkinkan pengguna untuk menempelkan LCD ini pada dinding sehingga lebih menghemat ruangan.

Performa

LCD Monitor terbaru dari Asus ini menggunakan panel dengan waktu respon 1 millisecond yang dipercaya dapat membuat LCD Monitor Asus ini dapat menghasilkan gambar bebas bayangan saat adegan cepat baik adegan pada game maupun film. Performa mumpuni dari monitor ini nampaknya memperkuat dugaan bahwa Asus memang sengaja menyiapkan LCD monitor ini untuk para pecinta game.

Walaupun bezel pada LCD Monitor Asus ini sudah cukup tipis, ternyata tidak seluruh permukaan layar monitornya digunakan untuk menampilkan. Terdapat jarak sekitar 2 mm antara area tampilan layar dengan bezel monitor. Hasilnya, pada saat konfigurasi multi monitor, area tidak aktif tersebut akan dianggap sebagai area tambahan untuk bezel monitor.

Terlepas dari itu, Asus telah membekali LCD monitor ini dengan beberapa konektor yang akan memudahkan pengguna untuk menghubungkan Asus VN247H dengan perangkat lain. Konektor tersebut di antaranya adalah D-sub, port HDMI, 3,5 mm audio jack input, 3,5 mm audio jack output, dan sebuah power connector. Jika menggunakan LCD Monitor Asus ini, pengguna tidak perlu menyediakan speaker tambahan karena di dalam monitor ini telah dilengkapi dengan speaker internal dengan output RMS berkapasitas 2 watt. Jika kualitas suara yang dihasilkan speaker internal kurang memuaskan, pengguna dapat menghubungkan speaker mereka ke LCD monitor ini melalui port audio 3,5 mm. Selain menawarkan performa yang mumpuni, Asus juga melengkapi LCD ini dengan fitur Kensington lock untuk meningkatkan keamanan.

Berbicara mengenai menu pengoperasian, menu-menu pada LCD Monitor Asus ini cukup mudah dipahami oleh para pengguna, bahkan pengguna awam sekalipun. Untuk mengatur tampilan, Asus VN247H memiliki fitur unik Splendid Video Intelligence Technology. Fitur ini menawarkan 6 preset setting berbeda mulai dari standard mode hinggga scenery mode. Pengguna tinggal mengatur preset tersebut sesuai dengan kondisi pemakaian. Misalnya saja standard mode untuk editing dokumen sedangkan Theater Mode digunakan saat menonton film.

Harga dan Kesimpulan

Asus VN247H merupakan LCD Monitor Asus yang memiliki bezel kurang dari 1 cm. Monitor ini sangat cocok untuk konfigurasi multi-monitor. Monitor ini dapat digunakan untuk menonton film, mengetik, hingga bermain game. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh LCD monitor ini cukup memuaskan, terutama pada preset Scenery Mode dan Theater mode dimana warnanya terlihat lebih cerah.

Dengan response time 1 milisecond, monitor ini menawarkan performa yang mumpuni untuk game bertempo cepat tanpa ada bayangkan. Selain itu, LCD ini juga sudah dilengkapi fitur Trace Free yang dapat membantu meningkatkan response time pada layar. Lalu, berapa harga yang harus dibayar untuk mendapatkan LCD monitor Asus ini? Saat ini Asus VN247H dijual dengan harga sekitar Rp 3,1 jutaan. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel