Apa Saja Perbedaan BlackBerry Z30 dan BlackBerry Z10?

4 Oct 2013 11:00 29024 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Meski didera dengan berbagai permasalaan finansial, BlackBerry tetap mencoba untuk melayani para konsumennya dengan berbagai produk terbaru. 

Meski didera dengan berbagai permasalaan finansial, BlackBerry tetap mencoba untuk melayani para konsumennya dengan berbagai produk terbaru. Salah satu produk terbaru yang diluncurkannya adalah BlackBerry Z30 yang merupakan penerus dari BlackBerry Z10. Karena dilabeli sebagai ‘penerus’ maka secara otomatis terdapat berbagai peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Lantas apa sajakah perbedaan di antara dua versi tersebut? simak ulasan Paseban berikut ini.

Desain / Dimensi / Berat

Dari sisi desain, tidak ada perbedaan berarti antara BlackBerry Z30 dan BlackBerry Z10 ini. Perbedaan hanyalah terlihat dari dimensi Z30 yang lebih besar karena mengusung layar yang lebih besar juga. Secara keseluruhan, BlackBerry Z30 memiliki dimensi sebesar 140.7 x 72 x 9.4 dan berat 170 gram. Sementara BlackBerry Z10 memiliki dimensi sebesar 130 x 65.6 x 9 mm dan berat 137,5 gram. Untuk pilihan warnanya, Z10 tampak sedikit lebih baik karena menawarkan pilihan warna putih dan hitam, tidak seperti Z30 yang hanya mengusung warna hitam saja.

Layar

Dalam hal layar, kedua ponsel BlackBerry ini mengusung layar Super AMOLED capacitive touchscreen yang mampu menampilkan warna hingga 16 juta warna. Bedanya, BlackBerry Z30 mengusung layar berukuran 5 inch dengan resolusi sebesar 720 x 1080 pixels dan kepadatan layar sebesar 294 ppi. Sementara BlackBerry Z10 mengusung layar berukuran 4,2 inch dengan resolusi sebesar 768 x 1280 pixels dan kerapatan piksel sebesar 355 ppi. Jika dilihat dari spesifikasi layarnya ini, di atas kertas BlackBerry Z10 sedikit lebih baik dari saudaranya tersebut. namun dalam pemakaian sebari-hari, perbedaan tersebut tidak akan terlalu jelas terlihat.

Performa

Dari segi performa, BlackBerry Z30 ini mengusung performa yang lebih baik dari BlackBerry Z10. BlackBerry Z30 dibesut oleh prosesor Qualcomm Snapdragon S4Pro Dual-core 1.7 GHz Krait dengan RAM sebesar 2 GB. Ponsel ini juga dibekali dengan pengolah grafis Adreno 320 yang cukup tangguh untuk bermain game secara lancar. Sementara itu BlackBerry Z10 mengusung prosesor Qualcomm MSM8960 Snapdragon Dual-core 1.5 GHz Krait. Ponsel ini juga dibekali dengan RAM sebesar 2 GB serta pengolah Grafis Adreno 225.

Kamera

Tidak ada perbedaan pada kamera yang diusung oleh kedua ponsel ini. BlackBerry Z30 dan BlackBerry Z10 menyediakan kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 8 MP yang dilengkapi dengan fitur Geo-tagging, face detection, image stabilization, dan autofocus. Kamera utama ini juga mampu merekam video high definition dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps. Untuk kamera sekundernya, kedua ponsel ini menyematkan kamera dengan resousi 2 MP yang dapat dipakai untuk keperluan video chatting maupun merekam video dengan kualitas 720p pada kecepatan 30 fps.

Memori Penyimpanan

Untuk penyimpanan data, kedua ponsel besutan produsen asal Kanada ini dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Jika kapasitas memori internal tersebut dirasa beum mampu menampung data yang Anda miliki, maka Anda dapat menambahnya dengan memori ekstenal Micro SD hingga kapasitas 64 GB.

Baterai

Untuk urusan penyimpanan daya, BlackBerry Z30 dibekali dengan baterai yang lebih baik dibandingkan dengan BlackBerry Z10. Ponsel BlackBerry Z30 ini mengusung baterai Li-Ion dengan kapasitas sebesar 2880 mAh. Kapasitas baterai tersebut dapat membawa ponsel ini bertahan dalam waktu talk time hingga 25 jam. Sementara itu BlackBerry Z10 hanya dibekali dengan baterai sebesar 1800 mAh yang mampu bertahan hingga 312 jam dalam keadaan stand by, dan selama 10 jam untuk talk time.

Kesimpulan

Kedua ponsel dari BlackBerry ini memang cukup menggiurkan karena spesifikasi kelas atas yang diusungnya. Secara garis besar, tidak terlalu banyak perbedaan antara ponsel BlackBerry Z30 dan BlackBerry Z10 ini. BlackBerry Z30 hanya mengalamai peningkatan di sector prosesor dan baterai yang diusungnya saja. Sementara dalam urusan kamera dan memori penyimpanan, kedua ponsel ini cukup berimang karena mengusung spesifikasi yang sama. Namun, BlackBerry Z10 memiliki keunggulan dari segi pilihan warnya karena menyediakan pilihan warna hitam dan juga putih. Dengan begitu, Anda dapat memilih ponsel mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel