Melihat Kembali tentang Kelebihan dan Kekurangan PlayStation 3

30 Sep 2013 15:00 86064 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dunia game sedang dihebohkan dengan kehadiran konsol Next gen PlayStation 4 dan Xbox One. Namun bukan berarti ini membuat mati PlayStation 3 karena bagaimana pun juga konsol ini masih cukup canggih. Namun dibalik kesuksesannya, mari kita lihat kembali apa kelebihan dan kekurangan PlayStation 3. Apakah para penggunanya benar-benar puas?

Dunia game sedang dihebohkan dengan kehadiran konsol Next gen PlayStation 4 dan Xbox One. Namun bukan berarti ini membuat mati PlayStation 3 karena bagaimana pun juga konsol ini masih cukup canggih. Namun dibalik kesuksesannya, mari kita lihat kembali apa kelebihan dan kekurangan PlayStation 3. Apakah para penggunanya benar-benar puas?

PlayStation 3 masuk dalam daftar konsol generasi ke 3 yang dari Sony Computer Entertaiment, dan termasuk kategori konsol generasi ke 7 secara umum. Konsol ini pertama kali dirilis pada tanggal 11 November 2006 di Jepang dan dilanjutkan hingga terakhir bulan Maret 2007. Kala itu PlayStation 3 langsung menjadi saingat terberat dari konsol milik Microsoft yakni Xbox 360 yang sudah dirilis lebih dulu pada bulan November 2005. Secara umum PlayStation 3 memiliki perubahan yang signifikan dibandingkan pendahulunya PlayStation 2 di segala sisi. Berikut ini Paseban akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan PlayStation 3 dan perbandingannya dengan konsol-konsol lain sebelum konsol ini benar-benar “tenggelam” oleh kehadiran PlayStation 4:

Kelebihan:                                                                     

  • PlayStation menggunakan teknologi terbaru yakni cell processor-nya,sebuah  tipe prosesor yang dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Sangat berbeda dibandingkan dengan prosesor desktop lain karena kemampuan cell processor PlayStation 3 ini untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Pihak Sony mengklaim bahwa prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 adalah prosesor yang paling canggih saat ini.
  • Teknologi lain, PlayStation 3 sudah menggunakan fitur Cross Media Bar, atau XMB. Ini merupakan sistem operasi yang sudah digunakan sebelumnya pada PSX, PlayStation Portable serta seluruh televisi produksi Sony terbaru (Sony Bravia).
  • Selayaknya sebuah perangkat PC, PlayStation 3 juga memiliki fitur untuk browser Internet yang bisa diakses melalui menu XMB. PlayStation 3 bahkan menawarkan fitur multitasking, baik itu untuk mendengarkan lagu sembari mengakses internet (Browsing). XMB PlayStation 3 juga mampu membuka file dengan berbagai format mulai dari musik, foto, dan video.
  • Konsol baru, namun bisa memainkan game-game dari konsol lama. Ya, tentu saja PlayStation 3 bisa digunakan untuk memainkan berbagai game dari PlayStation maupun PlayStation 2 yang mengikuti TRC (Technical Requirements Checklist).
  • Penggunaan Blu-ray disc sebagai media distribusi game agaknya menjadi sebuah langkah tepat PlayStation 3. Cakram Blu-ray dianggap mampu menyimpan data lebih banyak dibandingkan format DVD. Kemampuannya juga termasuk menyimpan game dengan kualitas HD.
  • PlayStation 3 memiliki desain yang mumpuni, terkesan mewah, ditambah dengan fitur sentuh untuk tombol open/close pada Blu-ray.
  • Tersedia jaringan online dalam PSN (PlayStation Network) yang merupakan jaringan online untuk permainan dengan mode multiplayer.

Kekurangan

  • Ada sebuah kontroversi yang pernah terjadi ketika Sony menyatakan bahwa OS Linux akan di-instal pada PlayStation 3. Namun nyatanya semua PlayStation 3 yang sudah terjual tidak memiliki sistem Linux. Akhirnya Sony mengkonfirmasi bahwa menu untuk menginstal OS lain ada di menu XMB. Namun hal ini menjadi bumerang karena para pengguna OS Linux dalam PS 3 kahirnya dapat memainkan game bajakan.
  • Patut disayangkan bahwa PlayStation 3 ternyata tidak bisa memanfaatkan memory card dan joystik dari PlayStation maupun PlayStation 2. Untuk save data game, para pengguna hanya bisa menyimpan data permainan pada virtual memory card yang dibuat dari menu PlayStation 3.
  • Awalnya PlayStation 3 diluncurkan dalam 2 versi, yakni versi 60 GB serta versi 20 GB. Namun sayangnya Sony menyatakan bahwa varian 20 GB  tidak dapat diupgrade menjadi 60 GB. Sebagai alternatifnya Sony merilis PlayStation 3 dengan 40 GB, dan tetap saja ada kekurangan yakni tidak menyertakan fitur Backward Compatibility sehingga tidak mampu lagi memainkan game PlayStation 2 dan PlayStation.
  • PlayStation 3 dikritik habis-habisan ketika menambahkan 6-Way Movement Sensor (SIXAXIS) karena dianggap meniru sistem kontroller konsol Nintendo Wii.
  • Sistem keamanan PlayStation Network sempat dipertanyakan, hal ini lantaran PSN pernah diserang oleh Hacker sehingga ditutup sementara tanggal 19 April 2011. Kabarnya  ada sekitar 130 server, 50 program piranti lunak,serta 77 juta akun pengguna PSN menjadi korbannya.
  • Harga tergolong mahal, khususnya di Indonesia pada awal peluncurannya PlayStation 3 dibanderol hingga angka sekitar 9 jutaan versi 60 GB. Meskipun pada akhirnya harganya turun drastis.
  • Secara umum penjualan PlayStation 3 belum bisa menyaingi konsol sekelasnya seperti Xbox 360 dan Nintendo Wii. Bahkan kehdiran versi PS 3 slim juga belum mampu mendongkrak penjualan PS 3 untuk melampaui Xbox maupun Wii.[ALX]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel