Enam Aplikasi Belajar Bahasa Jepang di Android yang Sederhana Namun Berguna

20 Sep 2013 11:15 17914 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Adakah Pasebania yang menjadi penggemar Idol Group dalam negeri bernama JKT48? Biasanya remaja-remaja baik perempuan ataupun laki-laki menyukai grup idola ini karena selain mereka berjumlah sangat banyak, penampilannya pun enak dilihat. JKT48 berisi para remaja perempuan yang memiliki kemampuan bernyanyi dan menari serta masih merupakan ‘saudara’ dari grup idola asal Jepang bernama AKB48.

Adakah Pasebania yang menjadi penggemar Idol Group dalam negeri bernama JKT48? Salah satu dampak positif dari hadirnya JKT48 ini adalah para penggemar menjadi semakin penasaran terhadap bahasa Jepang. JKT48 pun sering menyapa para penggemarnya di dunia maya memakai istilah atau kosa kata dalam bahasa Jepang. Selain kiblat mereka ke negeri sakura, kebetulan ada beberapa anggotanya pun yang berasal dari Jepang. Dan jika Anda termasuk fans JKT48 tentu sering membaca tweet para member JKT48 dalam bahasa Jepang, jadi wajar saja jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. Berikut Paseban rangkum enam aplikasi belajar bahasa Jepang yang mudah dalam penggunaannya dan tentunya bisa membantu Anda dalam berbicara dalam bahasa Jepang.

  1. ColorDict

Sebenarnya aplikasi belajar bahasa Jepang ini merupakan kamus universal yang dapat digunakan saat online maupun offline salah satunya dapat digunakan untuk English-Japanese dan Japanese-English. Aplikasi yang pemakaiannya mudah ini dapat memunculkan huruf kanji dan hasil pencarian Anda akan dsimpan. Aplikasi ini pun menuai komentar bagus dari para penggunanya karena mereka mengganggap bahwa aplikasi ini memudahkan mereka untuk mengetahui makna dari sebuah kata. Aplikasi ini dapat digunakan untuk Android sistem operasi apa saja (tergantung device-nya) dan dapat diunduh di sini.

  1. JED – Japanese Dictionary

Kamus ini bisa dibilang cukup komplit dan hampir menyerupai kamus elektronik yang beredar di pasaran. Aplikasi gratis ini lebih terstruktur daripada ColorDict. Kamus ini dapat dipakai saat offline berukuran 795k dan dapat dipakai untuk Android 1.5 ke atas dan dapat diunduh di sini.

  1. Japanese IME Kaede IME V3

Aplikasi ini berfungsi sebagai keyboard dalam penulisan bahasa Jepang yang memang memakai huruf tersendiri. Aplikasi ini membantu Anda untuk langsung menuliskan kata-kata di dalam bahasa Jepang menjadi jenis huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji. Aplikasi ini pun disertai dengan emoji (emoticon) yang lucu-lucu. Aplikasi dengan ukuran 900k ini dapat digunakan pada Android OS 1.6 sampai OS 4.0.3 (ICS) dan dapat diunduh di sini

  1. Hirameki! Crossword

Aplikasi ini semacam puzzle yang diperuntukkan bagi anak-anak di Jepang dan tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jepang mencoba aplikasi berbayar ini. Aplikasi ini seharga $1.01, berukuran 2.0M dan dapat digunakan di Android OS 2.1 ke atas. Anda dihimbau untuk mengetahui huruf-huruf Jepang terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat diunduh di sini.

  1. NihongoUp Japanese

Aplikasi ini membantu pembelajar Bahasa Jepang yang ingin mengikuti tes JLPT (seperti TOEFL namun untuk Bahasa Jepang). Aplikasi gratis ini membutuhkan koneksi internet untuk mendapatkan materi mengenai Bahasa Jepang. Ada pula fitur untuk mempelajari kosa kata dan tata bahasanya. Aplikasi dengan ukuran 485k ini dapat digunakan untuk Android OS 2.2 keatas dan dapat diunduh di sini.

  1. Obenkyo

Belajar mengenai huruf Bahasa Jepang dengan cara menulis sendiri huruf-huruf tersebut. Ada pembelajaran mengenai tata bahasanya juga dan dibahas lebih lengkap. Telah ditambah juga beberapa bahasa tambahan. Aplikasi gratis ini dapat digunakan untuk Android jenis apa saja (tergantung device-nya) dan dapat diunduh di sini.

Bahasa Jepang memiliki tulisan tersendiri seperti layaknya Bahasa Rusia, Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, bahkan Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa.

Kesimpulan

Sebanarnya bukan karena menjadi penggemar JKT48 saja yang dapat menjadikan Anda tergerak untuk mempelajari bahasa Jepang. Mengingat produk Jepang yang sudah sangat banyak ada di Indonesia, ada hal lain yang dapat menjadi alasannya. Di antaranya adalah, mungkin Anda adalah seorang game-geek yang notabene game-nya pun berisi cerita dengan bahasa Jepang atau Anda menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Jepang lain, misalnya Anda penyuka mie ramen atau sushi, Anda menyukai film-film Jepang atau Anda menyukai teknologi hasil karya Jepang. Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat dan membuat Anda menjadi tertarik untuk mempelajari bahasa-bahasa lainnya. [QPE]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel