Cari Tahu Perbedaan Antara Samsung Galaxy Note 2 vs Samsung Galaxy Note 3 di Sini

16 Sep 2013 12:30 5797 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Samsung Galaxy Note 3 muncul dengan segala perbaikan hardware guna menggantikan peran dari Samsung Galaxy Note 2 yang telah mengisi pasaran selama beberapa waktu ini.

Samsung Galaxy Note 3 muncul dengan segala perbaikan hardware guna menggantikan peran dari Samsung Galaxy Note 2 yang telah mengisi pasaran selama beberapa waktu ini. Tapi apakah ponsel ini benar-benar layak untuk dimiliki?

Samsung Galaxy Note 3 ini memiliki sedikit perbedaan dari Samsung Galaxy Note 2 bukan hanya sekedar perbaikan estetika. Dari kemampuan S Pen yang baru untuk tampilan yang lebih tajam dan beberapa fitur baru yang ditanamkan di dalamnya. Baca terus ulasan Paseban untuk mengintip lebih jauh seperti apa perbedaan antara Samsung Galaxy Note 2 dan Samsung Galaxy Note 3 di bawah ini.

Desain

Samsung tetap mempertahankan estetika bahasa desain dari Samsung Galaxy Note generasi sebelumnya, namun beberapa peningkatan di tanamkan di dalam ponsel ini yang mana diisi dengan bahan yang lebih membangun. Samsung Galaxy Note 3 ini terlihat lebih premium dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 2 dan terlihat lebih mencolok dari desain sebelumnya. Tepian pada Samsung Galaxy Note 3 ini datang dengan kontur yang boxy dibandingkan dengan pendahulunya yang terlihat seperti jahitan yang ekslusif.

Tapi mungkin perubahan desain yang paling nyata yang datang pada Samsung Galaxy Note 3 ini adalah sentuhan kulit imitasi yang lembut. Samsung telah bertukar bahan plastik dengan kulit imitasi untuk menutup bagian belakang dari ponsel ini lengkap dengan jahitan di sekitaran tepi. Seperti pendahulunya, Anda akan menemukan kamera utama yang terletak di bagian atas panel belakang handset ini, meskipun Samsung telah menempatkan sensor di bawah lensa tidak lagi berdampingan dengan kamera utamanya.

Meskipun Note 3 memiliki bahan material atas desainnya yang baru, namun Samsung Galaxy Note 3 berhasil mempertahankan keringanan tubuhnya yang mana hanya memiliki berat sebesar 167 gram dan Note 3 lebih tipis dibandingkan saudaranya yang mana Note 3 memiliki dimensi sebesar 5,9 x 3,1 x 0,3 inci dan Note 2 memiliki dimensi sebesar 5,9 x 3,2 x 0,37 inci.

Layar

Samsung telah menaikkan kualitas dalam hal penampang layar yang ditanamakannya dan tak lupa pula dengan ukurannya. Samsung Galaxy Note 3 membawa layar Super AMOLED 5.7 inci dengan resolusi sebesar 1920 x 1080 yang mana bertentangan dengan layar 5.5 inci Super AMOLED beresolusi 1280  x 720 yang bisa Anda temukan di dalam Samsung Galaxy Note 2. Tentu dengan perbedaan ini di atas kertas, Samsung Galaxy Note 3 terlihat lebih tajam dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 2 pada genggamana tangan Anda.

Spesifikasi

Tidak hanya meningkatkan estetika pada desain dan kemampuan layarnya, Note 3 juga meningkatkan dapur pacu internalnya di balik desain kulit imitasinya ini. Samsung Galaxy Note 3 hadir dengan prosesor Quad-core 2.3GHz dengan dukungan LTE atau prosesor Octa-core 1.9GHz tergantung kebutuhan pada pasar. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Note 2 didukung oleh proseosor Quad-core 1.6GHz. Galaxy Note baru ini juga dilengkapi dengan sedikit lebih banyak memori RAM sebesar 3GB dibandingkan dengan iterasi sebelumnya.

Samsung telah meningkatkan kapasitas baterainya yang mana sebelumnya sebesar 3.100 mAh menjadi 3.200 mAh. Baterai 3.100 mAh pada Note 2 ini mampu membawa Note 2 berathaan hingga 7 jam 45 menit selama uji coba.

Fitur Baru

Samsung telah melakukan tweak pada tampilan antarmuka TouchWiz untuk menambahkan fitur baru yang layak untuk mendapatkan pujian. Saat ini Anda bisa membuka aplikasi yang sama dalam dua jendela yang terpisah pada layar awal, yang sangat berguna ketika melihat beberapa halaman web sekaligus. Sebelumnya, Anda hanya dapat membuka aplikasi yang terpisah pada jendela yang berbeda. Fitur Drag and Drop baru pun memungkinkan Anda untuk memindahkan konten di antara dua jendela yang berbeda, yang mana ini berarti Anda dapat dengan mudah melakukan drag and drop gambar dari gallery Anda langsung menuju ke pesan singkat atau email.

Fitur baru yang juga menonjol adalah Air Command yang diintegrasikan pada S Pen, jadi Anda dapat membuka menu ketika Anda mengarahkan S Pen pada layar Anda tnapa harus mengetukkan S Pen pada layar. Menu yang ditampilkan pada half-ring menu ini antara lain, SFinder, Scrapbooker, Action Memo Screen Write dan Pen Window.

Kamera

Kamera 8MP yang ditanamkan di dalam Samsung Galaxy Note 2 tidaklah cukup untuk pengguna saat ini, Samsung Galaxy Note 3 menggantinya dengan kamera sebesar 13MP yang ditemani dengan kamera sekunder sebesar 1.9MP.

Sistem Operasi

Samsung Galaxy Note 3 datang dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.3 yang mana membuat ponsel ini menjadi satu-satunya ponsel yang cocok untuk dipasangkan dengan Samsung Galaxy Gear. Android Jelly Bean 4.3 membawa peningkatan layanan termasuk  OpenGL ES 3.0 graphics.

Kesimpulan

Jika Anda tertarik untuk melakukan upgrade perangkat Note 2 Anda atau mencoba Note untuk pertama kali, maka Samsung Galaxy Note 3 ini menajdi perangkat yang wajib Anda perhitungkan. Namun sayang, untuk harga, Samsung Galaxy Note 3 ini masih belum diketahui berapa kisaran harganya nanti ketika dikapalkan di pasar tanah air. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel