3Doodler - Printer 3D dengan Bentuk Pena Pertama di Dunia

15 Nov 2013 21:00 3584 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

3Doodler mungkin bukanlah nama yang familiar untuk sebuah printer 3D dengan bentuk pena.

3Doodler mungkin bukanlah nama yang familiar untuk sebuah printer 3D dengan bentuk pena. Printer 3D ini memulai debutnya pada pameran IFA di Jerman dan menjadi salah satu kontestan yang meramaikan pameran tersebut. 3Doodler ini merupakan printer 3D dengan bentuk pena yang memungkinkan Anda untuk membuat mainan plastik Anda sendiri. Pada awalnya, WobbleWorks, perusahaan pencipta 3Doodler harus menggalang dana hingga $30,000 atau sekitar Rp335 juta dan pada akhirnya perusahaan ini mampu menggalang dana hingga $2.34 juta hingga akhir Maret.

IFA 2013 menanandai kemunculan 3Doodler pertama kali pada saat performa printer 3D ini menggunggah video nya di YouTube dan hasil yang ditampilkan oleh printer 3D ini sangat mengesankan meskipun Anda harus benar-benar menjadi master untuk menggunakan perangkat ini. WobbleWorks menjadi salah satu anggota IFA 2013 yang mana menurut sumber, WobbleWorks hanya menyediakan sebuah stan kecil yang mana mejanya dipenuhi dengan beragam macam bahan plastik yang mana sebagai bahan utama untuk membuat mainan Anda sendiri.

Simak videonya di bawah ini:

Kecanggihan 3Doodler

Untuk membuat mainan plastik, Anda harus menggunakan bahan plastik ABS dan itu merupakan tenaga utama dari pena printer 3D ini sendiri. Bahan ini merupakan bahan biodegradable yang sama digunakan dalam printer 3D yang lebih mahal yang bisa Anda temukan di pasaran. Untuk menciptakan mainan Anda sendiri, Anda hanya cukup memasukkan salah satu tongkat berwarna ke bagian atas pena dan itu akan membuat perangkat ini melelehkan plastik cair dari ujung.

Printer 3D 3Doodler merupakan perangkat yang berisik dan sedikit ringkih. Printer 3D ini terlihat seperti  prototipe yang rumit namun apa yang dihasilkannya benar-benar cantik. Memiliki berat sebesar 200 gram dan dimensi yang sebesar 180x24 mm.

Bagaimana Cara Mengg

Untuk menggunakan , Anda akan diberikan tiga buah instruksi sederhana: satu tombol untuk melambat, satu untuk cepat dan jangan pernah Anda menyentuh ujung pena. Jika Anda tidak ingin tangan Anda terluka, maka Anda tidak perlu menyentuh ujung pena, karena ujung pena ini menghasilkan plastik panas.

Untuk Anda yang kidal, maka Anda tidak akan mudah untuk memegang pena printer 3D. Tinta yang digunakan oleh perangkat ini masih terbuat dari plastik, dan Anda akan menggunakannya seperti halnya laba-laba dalam membuat sarang. Beruntung 3Doodler tidak digunakan untuk menulis tetapi untuk membangun sebuah objek. Kertas akan hanya menjadi alas Anda untuk menciptakan objek dan mahakarya Anda sendiri.

Anda harus membiasakan diri untuk menggunakan printer 3D dalam bentuk pena ini, mungkin pada saat pertama Anda menggunakannya, Anda hanya akan menciptakan sebuah gumpalan plastik meskipun Anda memiliki imajinasi untuk menciptakan sebuah objek tertentu.

Ubah kecepatan dan Anda akan mendapati bahwa hal-hal yang terjadi akan lebih mudah, plastik akan keluar lebih cepat dan kita bisa mengendalikan aliran plastik yang banyak. Ketika Anda selesain menciptakan sebuah objek, maka Anda harus menarik pena printer 3D ini dengan cepat, jika tidak, maka Anda akan memperburuk tampilan objek Anda.

Ketika Anda sudah terbiasa menggunakan pena printer 3D ini maka Anda akan menemukan hal yang menyenangkan dalam pena ini. Anda perlu sentuhan kreatif dan harus mengetahui apa yang akan Anda coba buat sebelum Anda meletakkan pena di atas kertas sebagai alas dan Anda akan siap untuk bersenang-senang menggunakkan ini. Dan jika Anda memang memiliki darah atau bakat seni di dalam diri Anda, maka Anda tak sulit untuk menciptakan objek artistik Anda sendiri atau membuat beberapa bangunan terkenal di dunia, seperti Eiffel.

Kesimpulan

Printer 3D telah membuat transisi dari mimpi dengan realitas, tetapi masih belum bisa memenuhi pasar untuk penggunaan rumahan dalam beberapa tahun kedepan. Jadi untuk Anda yang berharap untuk mendapatkan printer 3D secepatnya, maka Anda harus menahan keinginan ini.

Hal ini dapat dimengerti, karena printer 3D ini sangat unik, baik orang dewasa dan anak-anak ingin bermain dengan itu dan melihat apa yang bisa mereka ciptakan dengan menggunakan printer 3D ini. Menurut WobbleWorks, pena bukanlah sebuah mainan, meskipun ada batas usia yang ditetapkan 12+ pada perangkatnya. Peringkat ini berarti bahwa keselamatan Anda lah yang lebih penting. Anda bekerja dengan plastik panas yang mana pena ini dapat menghasilkan panas sebesar 270 derajat.

3Doodler rilis pada bulan ini, dan ini merupakan royek Kickstarter. Jika Anda pre-order sekarang, maka perangkat senilai $99 ini akan tiba pada bulan Februari. Untuk info lain, Anda bisa masuk ke http://www.the3doodler.com/ [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel