Review Komputer Mini : Mac Mini vs Intel NUC vs Tabulet Alpha

9 Dec 2012 15:00 4125 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perkembangan komputer dari yang berukuran besar, berat, dan hanya disimpan di tempatnya, kini mulai berevolusi menjadi ukuran yang semakin mengecil, ringan, dan mudah dibawa kemana saja (portable), tetapi tentunya dengan performa yang semakin meningkat. Seperti 3 PC komputer mini yang saat ini makin banyak digandrungi.

Komputer merupakan gadget yang dibutuhkan oleh setiap orang dan juga digunakan untuk keperluan sehari-hari, mulai dari mengerjakan sebuah pekerjaan, bermain games, dan juga digunakan untuk menguji coba komputer tersebut. Perkembangan komputer dari yang berukuran besar, berat, dan hanya disimpan di tempatnya, kini mulai berevolusi menjadi ukuran yang semakin mengecil, ringan, dan mudah dibawa kemana saja (portable), tetapi tentunya dengan performa yang semakin meningkat. Seperti 3 PC komputer mini yang saat ini makin banyak digandrungi. Penasaran seperti apa spesifikasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Mac Mini

Inovasi yang pertama membuat PC mini adalah dari Apple, karena yang paling popular dengan PC mininya adalah milik Apple ini, yaitu Mac Mini. Dari tampilannya Anda tidak akan pernah membayangkan dengan bentuknya yang persegi dan kecil mampu untuk membantu pekerjaan Anda sehari-hari. Bodinya yang dilapisi oleh sleek aluminum enclosure merupakan ciri khas dari Apple, sehingga tahan terhadap goncangan dan bantingan.

Untuk kinerjanya, Mac mini ditenagai oleh 2 pilihan prosesor, pertama menggunakan dual core Intel Core i5 atau menggunakan Quad core Intel Core i7, sayangnya di Indonesia hanya baru tersedia dual core Intel Core i5. Untuk kebutuhan media penyimpanan, Anda bisa mendapatkan 500GB yang bisa diisi oleh berbagai macam file. Sedangkan untuk grafis, diberikan grafis dari Intel HD Graphics 4000 yang terbaru dan performanya tidak kalah dengan NVIDIA Geforce dan ATI Radeon.

Fitur yang disediakan di Mac Mini ini tedapat 4 buah port USB 3.0, SDXC card slot, WiFi 802.11 n, Bluetooth 4.0 terbaru dengan wireless technology, Gigabit Ethernet, dan terdapat Thunderbolt port HDMI. Untuk OSnya disematkan OS X Mountain Lion ditambah dengan iLife. Jika Anda memang berminat, harga yang ditawarkan dari situs resmi Apple yaitu mulai dari $599.

Intel NUC (Next Unit of Computing)

Merupakan produk terbaru dari Intel yang akan diluncurkan pada bulan Desember 2012. Ukurannya yang hanya 4 inch ini akan menarik perhatian dunia karena ini merupakan produk pertama Intel dengan meluncurkan PC mini yang benar-benar kecil, berbeda dengan PC pada umumnya.

Terdapat 2 buah pilihan barebone yaitu DC3217IYE dan DC3217BY yang sama-sama ditenagai oleh prosesor Intel Core i3 dengan besaran clock 1.8GHz, sedikit lebih tinggi dari Intel Atom tetapi performanya tidak bisa dianggap remeh dengan prosesor Intel Core i3. Urusan grafis, sama dengan Mac Mini yang ditenagai oleh Intel HD Graphics 4000.

Fitur yang disematkan pada Intel NUC ini terdapat 2 buah port USB 2.0 dibelakang dan 1 buah port USB 2.0 di depan, Gigabit Ethernet untuk menyambungkan dengan perangkat komputer yang lainnya, dual HDMI port sehingga bisa mendukung untuk menggunakan 2 layar sekaligus. OS yang dipasangkan yaitu OS terbaru, Windows 8. Untuk harga belum ada kepastian di Indonesia, tetapi diperkirakan di pasar Amerika ditawarkan mulai dari $300.

Tabulet Alpha

Kali ini produk lokal yang ikut meramaikan pasar komputer mini dalam bentuk yang berbeda dengan yang sebelumnya, yaitu berbentuk keyboard. Sebenarnya Tabulet Alpha ini sudah lama beredar dengan mengacu popularitas dari Mac Mini, hanya saja namanya memang masih asing didengar. Bentuknya yang unik dan memang tidak se-mini Mac Mini dan Intel NUC memberikan kemudahan bagi Anda agar tidak perlu repot-repot membeli keyboard lagi.

Prosesor yang digunakan masih menggunakan Intel Atom D525 dan ditenagai oleh RAM sebesar 2GB, dengan tenaga sebesar itu cukup bagi Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti Anda menggunakan Netbook. Dengan grafis dari Intel GMA3150, Anda bisa menonton film 720p tanpa ada hambatan dan juga memainkan game-game menengah ke bawah.

Untuk media penyimpanan disediakan ruang sebesar 250GB SATA 2, cukup untuk menyimpan file-file Anda. Fitur-fitur yang disediakan di Tabulet Alpha ini terdapat WiFi 802.11 b/g/n, LAN port, D-Sub 15pin Out, Line Out, COM, dan speaker. Untuk OS, diberikan sistem operasi dari Windows XP Professional SP3. Dengan garansi 1 tahun, Anda bisa mendapatkan komputer mini ini dengan harga Rp 2,4juta. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel