Empat Software Audio Mixer dan Aplikasi Edit Lagu Gratis di Komputer PC

29 Aug 2013 15:00 123585 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dalam artikel kali ini Paseban akan memperkenalkan untuk Anda beberapa software audio mixer serta untuk editing file audio yang benar-benar gratis tanpa crack. Cocok bagi Anda yang suka merekam musik buatan sendiri kemudian di edit selayaknya musik profesional. Selain itu aplikasi yang gratis tentu lebih sederhana, dan cukup mudah dipelajari. Bahkan mungkin Anda bisa belajar secara otodidak dan dengan cepat mampu mengedit file audio sesuai yang diinginkan. 

Dalam artikel kali ini Paseban akan memperkenalkan untuk Anda beberapa software audio mixer serta untuk editing file audio yang benar-benar gratis tanpa crack. Cocok bagi Anda yang suka merekam musik buatan sendiri kemudian di edit selayaknya musik profesional. Selain itu aplikasi yang gratis tentu lebih sederhana, dan cukup mudah dipelajari.

Bahkan mungkin Anda bisa belajar secara otodidak dan dengan cepat mampu mengedit file audio sesuai yang diinginkan. Simak selengkapnya, software audio mixer untuk komputer PC ini:

-       FL Studio

Untuk yang pertama kita mulai dengan FL Studio yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Fruity Loops. FL Studio dapat Anda andalkan untuk proses mixing lagu maupun editing file audio pada PC. FL Studio saat ini banyak berubah dibandingkan saat masih bernama Fruity Loops, yakni dari hanya sebuah sequencer MIDI menjadi aplikasi pengeditan audio yang cukup lengkap. Dijamin Anda bisa melakukan mixing layaknya seperti di studio profesional di perangkat PC maupun laptop sendiri. Fitur-fitur utama dalam FL Studio diantaranya adalah support multiple midi-ins, antarmuka yang mudah dipahami, sederhana namun lengkap, tersedia banyak plugin, serta fitur Mixer yang dapat diisi dengan preset.

FL Studio menjadi sebuah sequencer yang sangat bagus, praktis dan cocok digunakan bagi siapa saja. Dengan adanya tampilan Browser view serta multiple editing window sederhana seperti playlist, piano roll maupun pola audio lain membuat aplikasi ini bisa bekerja menurut metode sendiri. Bagi yang belum mengetahui Browser view, ini adalah resource untuk file dari jenis apapun yang dibutuhkan, mulai dari preset sampai proyek serta partitur.

Pada situs distributor software softonic.com, aplikasi FL Studio tersedia secara gratis dengan versi terbaru 11.0.3 berukuran file 298 MB. Berikut linknya:

-       Anvil Studio

Bukan hanya FL Studio saja aplikasi Mixing profesional yang tersedia gratis, namun Anda juga bisa menggunakan Anvil Studio yang memiliki fitur tidak kalah bagus. Anvil Studio bisa menjadi program yang penting dan dapat diandalkan untuk Anda yang hobi merekam musik dengan MIDI dan maupun peralatan audio lainnya. Segudang fitur ada dalam Anvil Studio, diantaranya adalah editing audio dengan format file MID dan file WAV standar, melakukan editing dinamis bersamaan saat lagu diputar, sehingga lebih mudah untuk bereksperimen dengan irama ditambah berbagai macam fitur editing lain yang berguna.

Anvil Studio dirancang oleh Willow Software dan kini sudah tersedia dalam versi terbaru 2013. Ukuran file sangat kecil seperti Ngwave, yakni hanya 2.9 MB. Anda dapat mengunduhnya secara gratis pada link ini:

-       Audacity

Untuk yang selanjutnya Anda bisa menggunakan Audacity, sebuah aplikasi mixing lagu dengan segudang fitur unggulan dan kemudahannya dalam penggunaan. Audacity merupakan aplikasi yang tersedia secara gratis, mudah digunakan, mendukung multi-track audio editor serta adanya fitur perekam. Aplikasi ini dapat Anda jalankan diberbagai platform OS, mulai dari Windows, Mac OS X, dan GNU Linux serta sistem operasi lainnya. Untuk fitur kunci yang utama diantaranya adalah dapat merekam live audio, dapat mengedit file format WAV, AIFF, FLAC, MP2, MP3 maupun Ogg Vorbis menjadi file audio modern, mengubah kecepatan atau pitch rekaman, serta dapat memotong, menyalin, atau campuran audio secar bersama-sama.

Audacity untuk sistem operasi Windows dapat Anda unduh pada link ini, sedangkan untuk sistem operasi lain dapat Anda unduh di sini:

-       Audiodope

Dari beberapa aplikasi diatas, mungkin Audiodope adalah yang paling sederhana. Namun Anda tetap akan menikmati berbagai fitur untuk kemudahan mixing lagu. Selain fitur editing suara, Audiodope juga menawarkan fitur merekam suara, serta fasilitas konversi audio. Pengolahan dan editing juga dapat dilakukan sambil menjalankan trek musik. Selain itu, Audiodope juga dilengkapi alat yang mampu meredam noise serta menambah efek suara secara variatif. Pada Toolset terdapat berbagai tampilan, mulai dari frekuensi analyzer, nada dan generator noise serta teks untuk fitur Speech.

Audiodope tersedia secara gratis dan ukuran file hanya 3.1 MB untuk berbagai macam Windows modern. Unduh segera pada link ini: [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel