Cobian Backup (Gravity) - Aplikasi Backup Data Terbaik

4 Dec 2012 18:00 4269 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cobian Backup adalah program *multi-threaded* yang dapat digunakan untuk menjadwalkan dan juga sebagai cadangan file dan direktori dari lokasi asli mereka ke sebuah direktori lain/drive di komputer yang sama atau komputer lain dalam sebuah jaringan, juga dapat digunakan sebagai FTP backup yang mendukung kedua arah (download dan upload).

Cobian Backup adalah program multi-threaded yang dapat digunakan untuk menjadwalkan dan juga sebagai cadangan file dan direktori dari lokasi asli mereka ke sebuah direktori lain/drive di komputer yang sama atau komputer lain dalam sebuah jaringan, juga dapat digunakan sebagai FTP backup yang mendukung kedua arah (download dan upload).

Cobian Backup terdapat dalam dua versi yang berbeda yakni aplikasi dan layanan (services). Program ini menggunakan sumber daya memori maupun hardisk yang sangat sedikit dan dapat berjalan di latar belakang pada sistem Anda (running in the baackground), memeriksa jadwal backup Anda dan juga mengeksekusi backup Anda bila diperlukan.

Aplikasi ini bukanlah sebuah aplikasi backup biasa yang hanya menyalin file dan folder dalam modus kompresi asli atau ke tujuan lain, membuat salinan keamanan sebagai hasilnya. Aplikasi ini bisa jadi dan bisa diibaratkan sebuah lebih baik digambarkan sebagai "Scheduler for security copies” karena terdapat perlindungan enkripsi yang cukup kuat untuk melindungi file Anda.

Menunda backup pada data-data penting di komputer adalah hal yang tidak boleh dilakukan terutama data atau file tersebut bersifat rahasia. Aplikasi ini mendukung enkripsi jeni AES yang cukup kuat untuk sebuah aplikasi keamanan data untuk mengurangi resiko mengenai data pribadi Anda yang dapat diakses oleh siapa saja dan siapa saja yang tidak boleh melihat.

Program ini dapat diinstal dalam sejumlah cara yang berarti cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan cara yang ingin Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda dapat memilih untuk menginstalnya sebagai sebuah program rutin yang akan dipanggil kapan pun ia dibutuhkan, atau Anda mungkin ingin menginstalnya sebagai sebuah aplikasi autostarting untuk semua pengguna atau hanya pengguna tertentu. Pilihan terakhir adalah untuk menginstalnya sebagai sebuah layanan (services) dan Anda kemudian dapat menunjukkan akun pengguna mana yang boleh mengaksesnya layaknya sebagai account administrator.

Apllikasi ini adalah sebuah aplikasi backup terbaik yang mencakup semua fitur canggih yang hampir sama dengan aplikasi backup lainnya yang berbayar atau aplikasi produk komersial. Penjadwalan merupakan fitur penting dari setiap aplikasi backup, karena hal tersebut untuk memastikan bahwa proses backup yang terus up to date dan tentu saja Anda memiliki pilihan untuk menciptakan incremental backup atau pilihan menu backup lainnya.

Remote management berarti memungkinkan Anda untuk mengambil kendali dari backup Anda dari komputer lain, atau menggunakan satu mesin (server) untuk mengelola backup untuk semua komputer di rumah maupu jaringan komputer. Proses memilih file mana yang harus dimasukkan ke dalam backup data, dan Anda dapat menggunakan pilihan seperti nama dan lokasi, juga ukuran atribut file, dan masih banyak lagi untuk memastikan bahwa data yang di-backup aman. Kemampuan untuk membuat proses backup ganda, yang masing-masing dapat dijalankan pada jadwal yang berbeda, artinya aplikasi Backup Cobian 11 dapat beradaptasi sesuai apa jenis data yang Anda miliki untuk bekerja dengan dan kebutuhan yang berbeda.

Aplikasi Cobian Backup adalah aplikasi freeware yang artinya Anda bisa mempergunakannya secara gratis tanpa membayar, adapun spesifikasi kebutuhan minimumnya adalah sebagai berikut ini:

Spesifikasi kebutuhan minimum aplikasi Cobian Backup

Sistem operasi minimal Windows 2000, Windows 7 (32 bit), Windows 7 (64 bit), Windows Server, Windows Vista (32 bit), Windows Vista (64 bit), Windows XP. Kebutuhan perangkat keras:

  • 128 MB RAM

  • 40 MB free space

  • Microsoft.NET 3.5 (ONLY 3.5) jika Anda ingin menggunakan Volume Shadow Copy, jika belum memilikinya download pada situs Microsoft di sini. Dan aplikasi Cobian bisa Anda dapatkan di sini.

Cobian Backup 11 (Gravity). Installation tutorial.

Cobian Backup 11 -Creating a task

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel