Kelebihan dan Kekurangan Linux Dibanding Windows dan OS lain

20 Aug 2013 12:45 74518 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai sistem operasi komputer dekstop, Linux memang tidak terlalu populer jika dibandingkan Microsoft Windows maupun Mac  OS. Bahkan banyak orang yang sering memandang sebelah mata OS gratisan ini dan dianggap belum sebanding dengan Windows.

Sistem operasi berlambang Pinguin ini selain gratis juga berlisensi GNU dimana kode sumber Linux bisa dimodifikasi, dipergunakan secara bebas atau bahkan didistribusikan lagi. OS Linux yang lebih dikenal dengan istilah distribusi Linux atau distro Linux biasanya sudah termasuk berbagai software pendukung seperti server web, basisdata, bahasa pemrograman, tampilan desktop (desktop environment) yang diantaranya adalah GNOME,KDE dan Xfce. Atau bahkan juga tersedia paket aplikasi kantor (office suite), mulai dari OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric maupun LibreOffice. Nah, selain kemudahan-kemudahan diatas, masih ada banyak kelebihan dan kekurangan Linux yang mungkin saja tidak terpikirkan oleh Anda.

Apa saja kelebihan dan kekurangan Linux itu? Mari simak selengkapnya dibawah ini:

  • Gratis, adalah kelebihan yang dimiliki Linux. Anda tidak harus mengeluarkan uang hanya untuk memasang OS ini. Bandingkan jika harus menggunakan Windows original yang harganya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.
  • Linux adalah sistem operasi FULL 32-bit, jadi tidak ada kode 16-bit maupun campuran keduanya dalam setiap aplikasinya. Inilah yang membuat kemungkinan terjadi crash antar aplikasi sangat kecil.
  • Meskipun hal ini relatif, namun pada kenyataannya OS Linux lebih unggul dalam hal keamanan. Hal ini dikarenakan Linux adalah sistem operasi yang multiuser sehingga apabila ada virus yang menyerang user tertentu, maka dimungkinkan sangat sulit untuk menyebar ke user lain.
  • Kelebihan OS Linux adalah memiliki grafis antarmuka (GUI) seperti sistem operasi modern lainnya. Pada interface grafisnya disebut dengan X-Window System, berbeda dengan X-Windows. Interface tersebut juga hadir dalam pilihan tampilan yang cukup bervariasi dan dinamis.
  • Dalam Linux selalu ada peringatan saat komputer meminta Reboot (Restart ulang) sesaat setelah melakukan instalasi program. Bandingkan dengan sistem operasi lain seperti Windows yang justru sering Restart ulang secara otomatis tanpa ada peringatan.
  • Linux dapat mendukung akses hingga 33 macam sistem file yang jenisnya berbeda, diantaranya adalah sistem file FAT16, FAT32 (dari DOS), HPFS (OS/2), VFAT (Win), Minix, UFS (Solaris), SCO,Xenix, Novell, dan lain-lain.
  • Linux tidak ada batasan mengenai bagaimana konten yang digunakan pada sistem. Artinya, memang tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer maupun hal-hal yang menyebabkan konflik dengan perangkat keras maupun perangkat lunak.
  • Ada berbagai program-program penting maupun aplikasi-aplikasi jenis networking yang sudah tersedia dalam Distro (baik dalam bentuk CD maupun disket). Hal ini cukup memudahkan pengguna sehingga tidak perlu repot-repot lagi mencari aplikasi tambahan.
  • Kelebihan OS Linux lain yang sangat membantu adalah kebutuhan resource yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Hal ini membuat Linux sangat kompatibel untuk digunakan pada PC dengan spesifikasi minim. Pengguna Linux tidak harus membeli perangkat keras mahal karena Linux dapat berjalan pada PC dengan konfigurasi minimal: Microprosesor 386 DX baik itu Intel, AMD Cryix dan lain-lain, RAM 4 MB serta Harddisk yang hanya memerlukan ruang 85 MB.
  • Jangan mengira bahwa Linux hanyalah sistem operasi tunggal. Sama seperti sistem operasi lainnya, ada berbagai pilihan Linux yang diantaranya adalah Ubuntu, Debian, Fedora, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan lain-lain. Namun Ubuntu dan Fedora adalah jenis OS Linux yang paling populer digunakan.
  • Ada banyak komunitas di dunia maya pengguna Linux sehingga bagi pemula tidak perlu kahwatir apabila mengalami masalah. Dalam komunitas, anggotanya dikenal loyal dan mau saling membantu memecahkan permasalahan maupun hanya sekedar memberi tips-tips. Beberapa link situs komunitas pengguna Linux di Indonesia adalah Forum Linux, Linux Indonesia, Ubuntu Indonesia, dan masih banyak lagi.
  • Anda tidak perlu khawatir akan adanya razia software bajakan di bandara yang terutama pada komputer jinjing karena Linux adalah sistem operasi bebas.
  • Menggunakan Linux juga bisa berarti Anda turut mengurangi pembajakan software yang secara khusus adalah sistem operasi.

Demikian beberapa kelebihan OS Linux dibanding OS lain. Tertarik untuk menggunakan Linux? Silahkan unduh dari link ini untuk jenis Linux Ubuntu atau di sini untuk Linux Fedora. Untuk membahas kekurangan Linux sendiri, Paseban akan membahasnya pada artikel mendatang. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel