Aplikasi Android Terbaik Untuk Tracking Aktifitas Olahraga Anda

14 Aug 2013 11:30 6018 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Olahraga merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang, mulai dari olahraga yang ringan hingga olahraga yang berat. Namun sayangnya, terkadang kita tidak bisa mengetahui secara langsung kualitas olahraga yang kita jalani karena tidak adanya peralatan untuk mengukurnya. Alat pengukur tersebut memang lumayan mahal sehingga banyak orang yang enggan untuk membelinya.

Olahraga merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang, mulai dari olahraga yang ringan hingga olahraga yang berat. Namun sayangnya, terkadang kita tidak bisa mengetahui secara langsung kualitas olahraga yang kita jalani karena tidak adanya peralatan untuk mengukurnya. Alat pengukur tersebut memang lumayan mahal sehingga banyak orang yang enggan untuk membelinya. Untungnya, Anda kini tidak perlu khawatir lagi karena telah ada berbagai macam aplikasi Android terbaik untuk mengukur atau melakukan tracking aktivitas olahraga yang Anda lakukan.

Aplikasi Android terbaik tersebut sangatlah mudah untuk digunakan sehingga akan membantu Anda dalam meningkatkan kualitas olahraga yang Anda lakukan. Apa sajakah aplikasi tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

MapMyRIDE

MapMyRIDE merupakan salah satu aplikasi Android terbaik yang dapat Anda coba bagi yang sering bersepeda. Aplikasi ini mempunyai berbagai macam fungsi yang dapat Anda rasakan manfaatnya ketika sedang bersepeda seperti untuk memudahkan Anda dalam melacak rute, jarak, maupun kecepatan dengan menggunakan GPS pada perangkat Android Anda.

Menariknya, aplikasi MapMyRIDE ini dapat digunakan bagi Anda yang menggunakan Android dengan sistem operasi Android versi 2.1 ke atas. MapMYRIDE ini sangat cocok menjadi teman Anda saat melakukan kegiatan olahraga yang paling Anda gemari tersebut. Secara otomatis aplikasi tracking olahraga ini dapat menghitung penurunan berat badan, penurunan kalori, hingga jarak tempuh Anda saat melakukan perjalanan menggunakan sepeda. Sangat mudah dan efektif bukan?

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, Anda dapat mendownload aplikasi terbaik MapMyRide untuk Android di sini.

MY TRACKS

Aplikasi Android selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi My Tracks. My Tracks merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai fungsi hampir sama dengan aplikasi MapMYRIDE. Aplikasi My Tracks ini dapat Anda gunakan saat melakukan aktivitas diluar rumah, seperti jogging, hiking, ataupun bersepeda keliling kota.

Aplikasi ini juga menggunakan GPS yang dapat merekam setiap sudut jalan yang Anda lalui. Sehingga jika Anda bepergian, Anda dapat menandai titik arah relevan, serta dapat meminta untuk mendengar informasi suara otomatis tentang kemajuan yang Anda peroleh selama berolahraga. Selain itu juga, terdapat beberapa fitur lain yg ditawarkan dalam aplikasi ini, yaitu:

- Merekam data dalam satuan Metrik atau Imperial (dikonfigurasi dari menu Rekaman, di bawah Pengaturan)

- Menampilkan gerakan Anda dalam hal Speed atau Pace (dikonfigurasi dari menu Tampilan, di bawah Pengaturan).

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi olahraga Android ini, Anda dapat mengunduhnya aplikasi terbaik My Tracks untuk android ini di sini.

STRAVA CYCLING

Aplikasi Android untuk olahraga yang ketiga ini tidak kalah hebatnya dengan aplikasi yang pertama dan kedua. Aplikasi Strava Cycling ini dapat mencatat dan menganalisis kinerja Anda pada saat melakukan pendakian bersama teman-teman Snda. Selain itu terdapat berbagai macam data statistik yang juga dapat Anda peroleh, seperti halnya statistik tentang jarak yang Anda tempuh, kecepatan, serta jumlah kalori yang dihasilkan saat berolahraga tersebut. Fitur lain yang dapat Anda nikmati dari aplikasi ini di antaranya Anda dapat melihat peta lokasi dari tempat pendakian yang Anda lakukan, dan juga tersedia Fitur untuk mendeteksi pencarian tempat pendakian terbaik di seluruh penjuru dunia.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda dapat mendownload aplikasi terbaik Strava Cycling untuk Android ini di sini.

ENDOMONDO

Aplikasi terkhir terbaik yang dapat Anda gunakan ketika berolahraga adalah Endomondo. Endomondo merupakan aplikasi yang memiliki tingkat popularitas paling tinggi dibanding aplikasi sejenisnya pada sistem operasi Android. Aplikasi ini sangat ideal jika digunakan untuk bersepeda, jogging, dan melakukan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan aktivitas fisik untuk menempuh jarak tertentu. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini di antaranya adalah:

- Melacak setiap olahraga luar ruangan termasuk durasi, kecepatan jarak, dan kalori

- Mencatat data latihan secara manual, misalnya, lari treadmill atau latihan beban

- memberikan feedback dalam bentuk audio untuk setiap mil atau km selama berolahraga

- menyajikan rute Anda pada peta

- Posting olahraga yang Anda lakukan ke Facebook Timeline

- Membuat catatan playlist musik untuk setiap latihan yang Anda lakukan

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda dapat mengunduh aplikasi ini di sini.

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel