Super Hexagon - Game Menantang di iOS yang Membuat Anda Kecanduan

7 Oct 2012 14:00 2467 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Game dengan konsep sederhana dan memiliki grafik yang biasa pun bisa menjadi primadona. Buktinya game menantang seperti Super Hexagon dari developer indie Terry Cavanagh telah didonwload 10 ribu penggemar tiga hari setelah dirilis pertama kali pada tanggal 31 Agustus 2012 dan terus bertambah sampai saat ini.

Bukan hanya game dengan gambar berkualitas tinggi atau kompleksitas yang beragam saja diminati para penggemar game iOS. Game dengan konsep sederhana dan memiliki grafik yang biasa pun bisa menjadi primadona. Buktinya game menantang seperti Super Hexagon dari developer indie Terry Cavanagh telah didonwload 10 ribu penggemar tiga hari setelah dirilis pertama kali pada tanggal 31 Agustus 2012 dan terus bertambah sampai saat ini. Ini membuktikan game sederhana mampu menjadi salah satu game favorit dengan syarat ide gamenya haruslah bagus dan memberikan rasa penasaran yang tinggi bagi penggemarnya.

Di game ini kita akan berperan sebagai sebuah segitiga kecil di tengah layar. Tantangannya, kita harus mampu mengelak dari segi enam yang berdatangan dari bagian pinggir layar yang berberak menuju pusat layar. Pada segi enam tersebut ada celah yang merupakan jalan kita untuk melewati serangan segi enam. Mata kita harus cepat melihat celah tersebut dan memperkirakan kapan kita harus men tap kana dan kiri, karena segi enam ini tidak bisa dihentikan sampai stage yang kita jalani selesai. Bila terkena sekali, game akan berakhir dan harus mengulang lagi dari awal. Ketelitian sangat diperhitungkan pada game ini.

Control pada game ini hanya ada dua saja, kiri dan kanan. Anda bisa men tap dimana saja asal masih dibagian kiri dan kanan layar karena tidak ada tombol yang di buat untuk game sederhana ini. Segitiga selaku pemeran utama akan mengikuti tap kita kekanan dan kekiri. Kemudia segi enam yang terus berdatangan sambil bergerak kekiri dan kanan. Ketepatan dan perhitungan menggerakkan segitiga yang pas pada celah disegi enam adalah kunci keberhasilan bermain game yang satu ini. Walau terkesan sederhana game ini cukup sulit, dengan stage-stage yang semkin lama semakin sulit cukup membuat Anda sibuk sendiri.

Game ini tidak memiliki stage dengan tingkat easy, normal atau hard. Pilihan stagenya pada awal permainan yaitu (Hexagon, Hexagoner, Hexagoney) atau bisa diibaratkan hard, harder, hardest. Setelah menyelesaikan ketiga stage awal tersebut kita akan diberi stage tiga tambahan. Setiap stage memiliki kesulitan yang berbeda-beda. Misalnya perubahan kecepatan si segi enam, gerakan ke kiri dan ke kanan atau jumlah celah yang diberikan. Developer akan memberikan tingkatan baru pada game ini yaitu Hyper Mode yang pasti merupakan raja dari raja mode-mode yang ada saat ini. Dengan tipe bermain seperti ini membuat Super Hexagon menjadi game sulit ditaklukkan pada gamer. Namun di situlah keunggulannya, sederhana dan sulit yang membuat gamer penasaran.

Dalam sebuah stage terbagi dalam level lagi, level akan meningkat dengan tolak ukur waktu. Contohnya, untuk naik level dari level satu ke dua Anda harus bisa bertahan selama 20 detik pada level pertama dan begitu seterusnya. Level ini tidak menghentikan permainan. Permainan akan terus berlanjut hanya saja pola rintangan si segi enam akan berubah. Bila diperhatikan dengan seksama setiap detik, si segi enam membentuk pola-pola khusus. Kita harus terus berlatih agar dapat lebih lama dan terbiasa menghadapi si segi enam. Bila sudah terlatih dengan baik, bersiap untuk tingkatan yang lebih sulit lagi.

Grafik game ini sangat sederhana. Dengan unsur retro dan kekhasan pixel art pada gambar-gambarnya membuat kita teringat akan game windows 98. Walau grafiknya seperti ini, tidak akan mengurangi keinginan kita untuk terus bermain. Agar lebih terpacu dan menyelami peran sebagai si segi tiga developer game ini menyarankan agar kita memakai headphone. Namun musik ini bisa membuat kita terpacu dan mengikuti irama game atau malah membuat kita panic karena bit musik yang mengikuti kecepatan dari si segi enam. Kurangannya, kontrol di game ini sangat sensitif dan cepat. Kita tidak bisa mengatur sensitinya. Bila ada pengaturan seperti itu orang-orang akan lebih enak bermain karena tidak semua orang mampu menyentuh layar dengan sensitif. Kalimat yang bisa mengawali game ini. Don’t panic!!!

Bila Anda tertantang untuk memainkan game ini, bisa di download di sini. Hanya saja game ini bukanlah game gratis, tapi tidak mahal hanya $ 0.99. Developer juga memberikan Leaderboard agar kita bisa adu skor dengan pemain-pemain Super Hexagon lainnya. Jangan kaget bila skor anda beda tipis sekali dengan pemain lain karena dalam game ini milisecond pun diperhitungkan. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel