Hari Jadi Kota Bandung, Milikilah Aplikasi Wisata Bandung di Android

25 Sep 2012 15:00 4554 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam rangka hari jadi Kota Bandung yang ke-202, Paseban memperkenalkan Aplikasi H!Bandung. Aplikasi ini dirancang khusus dengan berbeagai informasi penting di dalamnya, Anda bisa menemukan informasi seperti nomor telepon taksi, hotel atau bahkan rute angkot di Bandung. Simak selengkapnya di artikel ini.

Alat telekomunikasi seperti ponsel pada masa ini tidaklah lagi berfungsi sebagai alat komunikasi dasar seperti telepon dan SMS namun fungsinya mulai dikembangkan. Mungkin tetap pada jalur komunikasi, namun komunikasi yang lebih kompleks seperti mengirim dan menerima email, chatting, video call atau penggunaan VoIP sebagai dasar berkomunikasi. Tujuannya tak lain tak bukan adalah untuk mempermudah kebutuhan manusia, karena beberapa metode baru tersebut memungkinkan komunikasi yang lebih cepat dan lebih lengkap namun dengan biaya yang lebih murah.

Alat komunikasi saat sekarang juga telah menjelma sebagai alat serba bisa yang tak ada hubungannya dengan komunikasi. Ponsel keluaran terbaru disebut ponsel pintar, bahkan untuk vendor sekelas Sony yang pada saat masih bernama Sony Ericsson masih banyak mengeluarkan feature phone kini berkomitmen hanya akan memproduksi ponsel pintar saja. Kemajuan teknologi yang melahirkan perangkat-perangkat canggih tersebut. Ponsel pintar adalah ponsel yang telah mengadopsi sistem operasi tertentu, misalnya Android, iOS atau Windows Phone. Android yang saat ini sedang meroket menyediakan ribuan aplikasi-aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia, mulai dari aplikasi office hingga permainana.

Kali ini Paseban akan membicarakan sebuah aplikasi kecil namun bermanfaat pada sistem operasi Android. Bukanlah aplikasi-aplikasi serius seperti office, organizer ataupun aplikasi kantoran laiinya, namun aplikasi ini dinilai penting karena menjadi sumber informasi terpecaya. Aplikasi ini tidak diperuntukan buat seluruh orang Indonesia, namun hanya diperuntukan khusus bagi warga Bandung atau orang-orang yang akan berlibur ke kota wisata Bandung. Ya, mari kita perkenalkan H!Bandung. Artikel ini juga dibuat dalam rangka hari jadi Kota Bandung yang ke-202, pada hari Selasa 25 September 2012 ini.

Aplikasi ini dirancang khusus dengan berbeagai informasi penting di dalamnya, Anda bisa menemukan informasi seperti nomor telepon taksi, hotel atau bahkan rute angkot di Bandung. Jika Anda ingin mencobanya, terlibih dahulu unduh aplikasi ini lewat Google Play dengan ukuran yang cukup kecil hanya 1.6 MB, aplikasi ini sudah memiliki rating yang cukup baik sebesar 4.7.

Setelah berhasil mengunduh dan memasangnya pada ponsel pintar Anda, silahkan coba buka aplikasi ini. Anda akan melihat susunan informasi yang tertata rapi didalamnya. Seperti informasi tempat makan dan minum yang ada dikota bandung lengkap dengan ulasan singkat, menu, nomor telepon alamat dan juga harganya. Adapula informasi hotel, tempat perbelanjaan dan juga tempat rekreasi yang juga dilengkapi ulasan singkat, nomor telepon, alamat dan juga harga. Bisa dikatakan informasi yang tersaji sangat lengkap bagi Anda warga Bandung atau pelancong yang ingin pergi ke tempat wisata Bandung.

H!Bandung

Beralih ke bagian tengah aplikasi, Anda akan melihat kolom Public Transportation yang berisi Angkot, Bus dan Taksi. Rute angkot yang tersedia sangat interaktif, Anda diharuskan mengiput daerah tempat asal dan tujuan Anda kemudian dengan memilik Get Route aplikasi ini akan menunjukan angkot apa yang Anda pilih dan dimana Anda menaikinya. Menu Bus juga sama dengan Angkot, namun bedanya Anda menggunakan Bus dalam perjalanan Anda. Khusus untuk Taksi, aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan nomor telepon taksi lengkap yang ada di Bandung. Jika Anda ingin menghubungi taksi, cukup pilih salah satu Taksi yang Anda inginkan maka aplikasi ini secara otomatis melakukan panggilan telepon lewat ponsel Anda. Tidak perlu repot-repot mencatat lagi bukan?

Berikutnya Anda bisa lihat pada bagian paling bawah aplikasi ini yang juga menyimpan berbagai informasi penting. Ada Offline Maps yang Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dengan ukuran 18MB. Kemudian ada News & Promo yang menampilkan berbagai berita tentang Bandung, tentunya menu ini membutuhkan koneksi internet. Menu berikutnya juga tak kalah penting, Traffic Info yang menyajikan informasi lalu lintas Bandung. Sayangnya Traffic Info yang diberikan hanyalah sebatas kicauan dari twitter lewat sebuah akun yang memang menyediakna informasi lalu lintas Kota Bandung. Dan terakhir adalah About Bandung yang menceritakan sedikit tentang Kota Bandung.

Secara overall aplikasi ini cukup lengkap dalam menyajikan informasi, namun tetap ada beberapa kekurangan yang Paseban temui. Pada menu bagian atas terdapat Tickets/Tours yang saat ini tidak dapat diakses. Kemudian ada kesalahan pada nomor telepon Taksi Cipaganti, pada saat ingin menghubungi taksi tersebut nomor telepon yang tertera tidak dapat diakses. Setelah melakukan pencari informasi ternyata benar nomor telepon yang tertera pada aplikasi ini salah, ada kekurangan satu digit angka nol. Harapan berikutnya agar aplikasi ini dibenahi dan dilengkapi agar menjadi aplikasi wajib para wisatawan yang datang ke kota wisata Bandung. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel