Audiogalaxy - Aplikasi Musik Android Streaming ala iCloud

8 Aug 2012 11:30 2883 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Audiogalaxy merupakan **aplikasi musik Android** yang dapat digunakan untuk streaming musik. Anda bisa melakukan streaming musik dari PC ke Android Anda secara cepat dan mudah tanpa harus melakukan sinkronisasi atau mengcopy terlebih dahulu

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa musik adalah bagian dari hidup kita. Seperti udara yang dihirup, musik hadir di sekitar kita. Musik juga bisa dikatakan sebuah "bahasa internasional” yang bisa dinikmati oleh siapa saja karena walaupun Kita tidak mengerti arti dari lagu tersebut Kita tetap bisa menikmati alunan musik di dalamnya. Karena kepopuleran musik, hampir semua orang pasti menyimpan koleksi musik baik itu di ponsel, PC ataupun media lainnya yang memudahkan Kita untuk mendengarkan musik kapanpun dan dimanapun. Bagi para pengguna smartphone khususnya Android mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi streaming musik, salah satu aplikasi streaming musik terbaik untuk Android adalah Audiogalaxy.

Audiogalaxy merupakan aplikasi musik Android yang dapat digunakan untuk streaming musik. Anda bisa melakukan streaming musik dari PC ke Android Anda secara cepat dan mudah tanpa harus melakukan sinkronisasi atau mengcopy terlebih dahulu. Jika iPhone terkenal dengan iCloud service-nya maka walaupun tidak bisa dibilang sebuah cloud service, Audiogalaxy memiliki kualitas yang setara dengan sebuah cloud service. Dengan bantuan Audiogalaxy mengatur media penyimpanan musik yang berukuran besar dan menemukan lagu tertentu menjadi sangat mudah dilakukan.

Untuk menikmati aplikasi ini Anda harus menginstall Audiogalaxy di Android dan computer Anda. Ketika pertama kali menggunakan Audiogalaxy maka aplikasi ini akan langsung melakukan scanning pada file musik di komputer, opsi scanning ini bisa dibuat agar secara otomatis dilakukan atau berdasarkan pengaturan yang Anda buat sendiri. Kemudian jika komputer Anda dalam keadaan menyala dan terhubung ke Web dimana Audiogalaxy bekerja maka Anda bisa mendengarkan lagu-lagu yang ada di computer melalui Android Anda. Audiogalaxy mampu memutar audio file berformat MP3, AAC, ALAC, FLAC, OGG, dan WMA music format. Anda juga bisa mengakses Library Anda dari computer manapun, sebuah cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin sedikit memamerkan koleksi lagu Anda ke teman. Ada tiga opsi pada halaman muka Audiogalaxy yang bisa dipilih: Explore yang menyediakan daftar lagu-lagu yang baru-baru ini didengarkan; Friends, bisa digunakan untuk mengetahui musik apa yang sedang didengarkan oleh teman Anda di jejaring social Anda; dan yang terakhir adalah Stream Your Music yang sesuai namanya adalah untuk melakukan streaming musik dari komputer ke Android.

Audiogalaxy memiliki beberapa kelebihan yang mendukungnya sebagai aplikasi streaming musik terbaik untuk Android. Pertama, baik untuk server dan Android client-nya bisa Anda gunakan secara gratis. Kedua, server Audiogalaxy tidak ditulis dalam Java sehingga hanya membutuhkan ukuran memory yang cukup wajar (bervariasi tergantung Android yang dimiliki). Ketiga, dengan Audiogalaxy Anda tidak perlu membuka router port untuk mengakses musik walaupun ini berarti segi keamanan akan berkurang ketika melakukan streaming melalui server Audiogalaxy namun karena pertimbangan factor kepraktisan Audiogalaxy banyak penggunanya yang tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. Yang menarik, Android client dapat berpindah ke bagian lagu tertentu kapanpun baik lagu tersebut sudah diunduh ataupun belum diunduh. Fitur Genie Mode akan memudahkan Anda menyusun Playlists berdasarkan lagu-lagu yang telah mengantri dimainkan di Android Anda.

Terlepas dari kelebihan yang dimilikinya, Audiogalaxy juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, Audiogalaxy hanya bisa digunakan di Windows dan Mac, sebuah hal yang sangat disayangkan bagi pengguna OS terbuka seperti Linux yang sekarang ini sedang popular. Audiogalaxy juga tidak bisa membaca Library dengan struktur direktori sehingga Anda harus mengetahui setidaknya nama artist ataupun nama albumnya. Biasanya sebuah aplikasi musik didukung dengan bitrate yang beragam namun tidak untuk Audiogalaxy yang hanya menyediakan satu bitrate yaitu High Quality Audio yang bisa di on/off-kan. Hal ini sangat disayangkan karena walaupun banyak menawarkan kemudahan dalam streaming musik namun output musik tidak berbanding lurus sehingga kenikmatan mendengarkan musik berkurang. Biasanya sebuah computer memiliki lebih dari satu media pemutar musik sehingga server yang digunakan juga lebih dari satu, Audiogalaxy memang bisa melakukan switch users untuk memainkan media dari multiple server namun prosesnya cukup merepotkan jika dibandingkan dengan aplikasi Subsonic.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, Audiogalaxy masih merupakan aplikasi musik yang pantas di unduh di Android karena menawarkan sebuah kemampuan true streaming music, tidak membutuhkan memory yang terlalu besar dan gratis untuk diunduh. [FJ]

video preview

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel