Komputer & Gadget

Samsung Galaxy Y S6310, Smartphone Penerus Galaxy Y dengan Berbagai Pengembangan

1 year ago 0 4916 by Plimbi Editor

Kesuksesan Samung Galaxy Y untuk pasar smartphone kelas entry level membuat Samsung bergerak dengan merilis suksesor dari Galaxy Y yang diberi nama Samsung Galaxy Y S6310. Terdapat beberapa peningkatan yang cukup baik dari Galaxy Y lama ke Galaxy Y S6310 terutama pada bagian prosesor yang meningkat dari prosesor 830 MHz ARMv6 menjadi 1 GHz Cortex-A5 serta memori RAM dari 290 MB menjadi 768 MB. Peningkatan ini jelas harus dilakukan karena teknologi yang ada pada Galaxy Y lama sudah tidak mampu lagi bersaing dengan teknologi baru serta sistem operasi Android yang semakin membutuhkan perangkat keras yang baik.

Desain dan Dimensi

Dibanding dengan desain Samsung Galaxy Y pertama, Galaxy Y S6310 mampu tampil lebih baik berkat desain yang sedikit diperbarui serta material dan finishing yang terlihat lebih baik dan tidak murahan seperti Galaxy Y terdahulu. Masalah pada Galaxy Y pertama adalah material yang digunakan terlalu glossy atau mengkilap serta meninggalkan bekas sidik jari yang banyak, hal inilah yang coba ditinggalkan pada Galaxy Y S6310 dengan membuat finishing yang tidak terlalu mengkilap serta tidak terlalu mudah meninggalkan bekas sidik jari di bagian badan smartphone. Dimensi dari Samsung Galaxy Y S6310 juga tergolong cukup nyaman digunakan karena berdimensi 109.4 x 58.6 x 12.5 mm. walaupun bisa dibilang tebal, hal ini dirasa wajar karena smartphone yang tipis biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Performa dan Layar

Peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada sektor perangkat keras dan layar. Sektor perangkat keras seperi prosesor dan memori RAM mendapat peningkatan yang sangat baik walaupun jika dinilai menggunakan standar masa kini, perangkat keras yang digunakan termasuk kelas rendah. Hal yang wajar mengingat smartphone ini ditargetkan untuk menggantikan Samsung Galaxy Y lama di pasar entry level. Selain prosesor dan memori RAM, sistem operasi dari Samsung Galaxy Y juga menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean yang baru daripada Gingerbread yang digunakan pada seri yang terdahulu. Jika layar Galaxy Y yang lama menggunakan layar berukuran 3 Inch beresolusi 320 x 240 piksel, layar Galaxy Y yang baru bertambah menjadi layar dengan ukuran 3.2 Inch dengan resolusi 480 x 320 piksel.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

Hampir tidak ada perbedaan antara Samsung Galaxy Y dengan Galaxy Y S6310 pada sektor konektivitas karena Galaxy Y baru tetap mengusung teknologi lama macam WiFi, Bluetooth, serta dukungan jaringan internet sampai HSDPA. Tambahan HSUPA dengan kecepatan 5.76 Mbps sedikit membedakan Galaxy Y S6310. Memori penyimpanan mengalami peningkatan yang drastis dari memori internal berkapasitas 180 MB menjadi 4 GB dengan dukungan memori eksternal dari micro SD tetap tersedia pada seri yang baru.

Kamera dan Video Recorder

Sektor kamera juga ikut dirombak dengan mengganti kamera 2 MP pada Galaxy Y lama menjadi 3.15 MP untuk kamera Samsung Galaxy Y S6310. Peningkatan kamera berimbas juga pada video yang dihasilkan dengan resolusi VGA dengan frame rate 24 fps yang berbanding cukup jauh dengan video yang dihasilkan Galaxy Y lama yaitu video beresolusi QVGA yang lebih kecil serta frame rate mencapai 15 frame per detik.

Baterai dan Fitur Lain

Baterai pada Samsung Galaxy Y S6310 tidak terlalu meningkat secara signifikan karena hanya ketambahan 100 mAh dibanding baterai Galaxy Y lama yang berkapasitas 1200 mAh. Kapasitas ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan smartphone sekelas yang bisa mencapai angka 1500 mAh ke atas.

Harga dan Kesimpulan

Harga dari Samsung Galaxy Y S6310 sendiri berkisar di angka  € 160 atau sekitar 2.1 juta Rupiah, harga yang cukup mahal untuk sebuah smartphone yang diperuntukkan untuk kelas entry level. Samsung Galaxy Y S6310 merupakan smartphone kelas pemula yang cukup handal dengan peningkatan yang cukup signifikan dari pendahulunya membuat para pengguna Galaxy Y lama maupun calon pembeli dapat melirik smartphone ini untuk mengganti Galaxy Y lama atau mencari smartphone kelas pemula yang cukup baik dari Samsung. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor
Plimbi Editor
Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor View all posts →

Related Post

Post Of The Week

6 Robot Cantik Ini Bisa Menggantikan Peran Manusia

Penyimpanan internal dan RAM Android Anda Penuh? Gunakan…

Belajar Fotografi untuk Pemula: 9 Kesalahan mendasar Dan…

Tips dan Trik Android: Fitur Android Accessibility yang…

Modul Xposed Framework yang Layak Ada di Gadget…

Smartphone Android Lollipop Vivo X5Pro Resmi Rilis Usung…

Butuh Uang? Cobalah 5 Aplikasi Penghasil Uang Ini