Opera Mobile Emulator - Aplikasi Untuk Menguji Tampilan Website dan Blog Pada Perangkat Mobile

30 Jul 2012 09:00 3707 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Browser Opera merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan pada perangkat bergerak *(mobile devices)* seperti pada perangkat Android, iPhone, table, dan lainnya.

Browser Opera merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan pada perangkat bergerak (mobile devices) seperti pada perangkat Android, iPhone, table, dan lainnya. Mungkin di antara Anda ada yang hobi, belajar atau berprofesi sebagai pembuat website atau blog, tentunya Anda perlu untuk menguji tampilan website atau blog tersebut. Lalu apa fungsinya Anda menguji tampilan tersebut? Mungkin jika Anda membuka sebuah website atau blog yang telah Anda buat mungkin tidak ada masalah dengan tampilannya namun bagaimana jika website atau situs tersebut digunakan atau dibuka pada perangkat bergerak seperti pada tablet dan smartphone? Mungkin akan ada tampilan yang berantakan dan tidak sesuai dengan tampilan pada komputer dan Notebook.

Saat ini Opera memberikan sebuah solusi untuk Anda dengan menawarkan sebuah aplikasi mobile emulator, aplikasi ini dapat dipergunakan dan diinstal pada komputer atau notebook. Perlu diketahui bahwa Opera Mobile Emulator dapat dijalankan pada sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Opera Widget yang memungkinkan Anda dapat menampilkan sama seperti pada browser Opera sehingga ada beberapa faktor lainnya yang dapat diuji ketika Anda akan membuat blog atau website.

Opera Mobile Emulator ini sangat ringan digunakan pada komputer, di mana source code program emulator ini sama dengan source code program yang ada pada browser Opera untuk desktop, jadi Anda tidak perlu ragu mengenai fungsi Opera Mobile Emulator ini.

The launcher

Ketika Anda membuka aplikasi Opera ini, Anda akan mendapatkan tampilan launcher di mana launcher ini berfungsi untuk mengatur jenis ponsel atau smartphone apa saja yang ingin Anda coba untuk melihat tampilannya. Selain itu juga tedapat pilihan resulusi layar monitor, pengaturan pixel layar monitor, metode input layar (touch, tablet, atau keypad)
Profiles

Dengan fitur ini Anda bisa menguji sebuah tampilan situs websiter atau blog pada telepon seluler atau tablet seperti Sony Xperia, Samsung Galaxy Tab, Nokia, dan lainnya. Jika Anda menginginkan tampilan sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa mengaturnya pada menu options seperti pengaturan Resolution, Pixel Density, Input dan Arguments.

Screen resolution

Perangkat mobile dan tablet hadir dengan beberapa ukuran resulusi layar yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu untuk mengujinya agar website atau blog Anda dapat sesuai dengan tanpilan yang diharapkan, adapaun fitur yang dapat diubah adalah seperti resolusi layar dengan jenis layar VGA, HVGA, VVGA, WXGA,QVGA, QHD, dan lainnya, Anda juga bisa mengubah resolusi layar sesuai dengan keinginan Anda pada menu Options.

Pixel density

Pixel density adalah sebuah istilah yang digunakan yang mengacu pada jumlah piksel pada layar monitor seperti gambar yang akan memperngaruhi kualitas suatu gambar pada tampilan layar monitor, dengan aplikasi emulator ini, Anda bisa merubah ukuran piksel sesuai keinginan Anda.

Input

Pada beberapa telepon genggam, smartphone, dan juga tablet memiliki metode input yang berbeda-beda, pada aplikasi ini Anda diberikan pilihan agar para pengunjung nyaman dengan situs website atau blog milik Anda tersebut, adapaun metode input yang ditawarkan adalah (touch, tablet, atau keypad). Untuk mengetahui lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi link situs Opera di sini.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi Opera ini dan jika masih penasaran serta ingin mengunduhnya, Anda bisa mengunjungi link resmi milik Opera di sini. Sebagai seorang webmaster atau blogger tentunya Anda perlu menguji tampilan pada website atau blog milik Anda tersebut agar para pengunjung website bisa betah dan nyaman saat mengunjungi situs Anda tersebut. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel