1

Perkembangan Aplikasi Google Play dan Apple App Store

29 May 2013 14:00 4963 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini banyak perusahaan teknologi berbondong - bondong membangun sebuah aplikasi untuk iOS, meskipun pangsa pasar untuk ponsel berbasis Android juga tumbuh pesat.

Saat ini banyak perusahaan teknologi berbondong - bondong membangun sebuah aplikasi untuk iOS, meskipun pangsa pasar untuk ponsel berbasis Android juga tumbuh pesat. Kenapa aplikasi untuk iOS masih mendominasi penggunaan aplikasi pada smartphone di jaman sekarang ini? Permasalahannya bisa saja berasal dari kurangnya peramu aplikasi dari Android itu sendiri, minimnya penguji aplikasi beta Android, rintangan teknis, masalah fragmentasi, potensi pendapatan dan banyak lagi. Namun, ada persepsi umum bahwa persaingan aplikasi Google Play dan Apple iTunes yang menjadi raksasa besar perusahaan aplikasi saat ini akan terus bersaing.

Dengan mengesampingkan kritikan pedas dari berbagai media, Google Play masih kekurangan jumlah aplikasi "top", baik aplikasi Google Play gratis maupun aplikasi berbayar.

Pada 20 hari pertama bulan Mei 2013, hanya terdapat 32 aplikasi dari 50 aplikasi iOS gratis tersedia di toko Google Play, dan hanya 29 aplikasi dari 50 aplikasi berbayar yang tersedia di AS. Data tersebut berasal dari Canalys.

Dari 50 aplikasi gratis dan top 50 aplikasi berbayar ditampilkan di Apple App Store dan Google Play di Amerika Serikat (selama rentang waktu yang sama), para analis menemukan hanya 34 persen aplikasi yang sama ditampilkan pada aplikasi Windows Phone atau BlackBerry World.

Dari data di atas, membuat orang bertanya - tanya harapan apa yang dimiliki oleh BlackBerry dan Windows Phone untuk perkembangan aplikasi mereka. Bahkan aplikasi besar untuk Android saja masih harus bertahan sekuat tenaga dalam perkembangan aplikasinya. 

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan sendiri untuk memastikan bahwa aplikasi besar iOS dapat diaplikasikan juga di Google Play Store," ujar Tim Shepherd, analis senior Canalys.

Dengan kata lain, Anda bisa mencoba untuk membuat pendapat bahwa data saja tidak dapat melukiskan gambaran yang lengkap tentang perbedaan dan keunggulan antara Google Play dan Apple App Store. Masing - masing dari kedua toko aplikasi tersebut masih bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar yang besar. 

Dan untuk saat ini memang aplikasi untuk iOS masih unggul dibandingkan aplikasi untuk Android itu sendiri. Kita lihat saja sampai mana persaingan ini akan mencapai puncaknya. [NRZ]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel