1

Kumpulan Barang & Produk Apple yang Paling Bersejarah dan Berharga Miliaran

26 Jan 2012 17:00 3895 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Citra Apple sebagai perusahaan penghasil *gadget* yang banyak digemari oleh penggunannya di seluruh dunia menjadikan produk Apple banyak sekali dicari oleh penggemarnya. Sehingga tak ayal jika banyak barang dan produk yang dianggap bersejarah dijual dengan harga termahal.

Citra Apple sebagai perusahaan penghasil gadget yang banyak digemari oleh penggunannya di seluruh dunia menjadikan produk Apple banyak sekali dicari oleh penggemarnya. Mereka berbondong-bondong memenuhi antrian produk Apple yang telah dirilis di pasaran global.

Tak terkecuali dengan barang-barang bersejarahnya. Walau bukan termasuk produk Apple, berkat ikon Apple yang kuat, barang-barang yang dianggapnya bersejarah tersebut memiliki harga hingga mencapai miliaran rupiah. Beberapa barang bersejarah yang dibanderol dengan harga mahal tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Apple Computer Company Partnership Agreement

Dokumen kerjasama antara para pendiri Apple (Steve Jobs, Ronald Wayne dan Steve Wozniak) ini adalah tonggak awal berdirinya perusahaan tersebut. Lembaran dokumen itu berisi tanda tangan para pendiri Apple yang ditandatangi pada tanggal 1 April 1976. Dokumen tersebut dilelang di rumah pelelangan Sotheby, New York. Sebelumnya, dokumen kerjasama tersebut dimiliki oleh Ronald Wayne selaku salah satu pendiri. Tapi, dari hasil tawar menawar di rumah lelang tersebut, Lembaran Apple Computer Company Partnership Aggreement berhasil terjual kepada Eduardo Cisneros, CEO Cisneros Corporation.

Tak tanggung-tanggung, Eduardo mengucurkan uang sebesar US$ 1.594.500 atau sekitar 14 miliar hanya untuk mendapatkan dokumen kerjasama tersebut.

Apple I

Para penggemar produk Apple tak banyak yang menyangka bahwa nenek moyang perangkat Apple yang mereka gunakan saat ini memiliki pelindung dari kayu. Apple I adalah produk pertama Apple Inc yang sangat memiliki nilai sejarah yang besar. Walau terbilang usang, seorang kolektor asal Italia berani membayar produk ini sebesar US$ 212.000 atau sekitar Rp 2 miliar.

Logo Pop Art Apple Karya Andy Warhol

Jika Anda adalah seorang penggemar produk Apple fanatik, pasti logo Apple dengan garis-garis warna pelangi sudah akrab di mata Anda. Rupanya, gambar tersebut bukan hasil karya seniman grafis biasa. Logo Apple tersebut adalah buah dari kreatifitas legendaris seni lukis Pop Art, Andy Warhol. Logo klasik Apple tersebut berhasil terjual seharga US$ 26.000 pada tahun 2009 silam.

Plang Apple Inc Pertama

Pada tahun 1976, Apple mencoba mempromosikan produk Apple Computer pertama mereka dengan membuat sebuah plang. Plang ini pula yang sempat menjadi landmark kantor pertama Apple di Cupertino. Seorang pria bernama M. Thomas Liggett Jr, salah satu pegawai Apple yang telah mengamankan plang tersebut ketika itu, pada tahun 2008 telah menjualnya seharga US$ 18.000. Pria yang beruntung!

Toolbox Pembuat Apple Computer

Alat-alat di dalam toolbox inilah yang kelak membantu tiga pendiri Apple menciptakan produk Apple pertamanya. Toolbox berwarna biru tersebut milik Steve Wozniak, tapi kemudian ia memberikannya kepada M. Thomas Ligget, Jr, yang juga menyimpan plang pertama Apple Inc. Barang yang telah berkarat ini terjual seharga US$ 7.000. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel