1

Efek SOPA : Situs File-Sharing MegaUpload Ditutup

20 Jan 2012 11:30 3969 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada hari kamis kemarin, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka telah melakukan tindakan besar dengan menutup MegaUpload, sebuah situs *file-sharing* populer yang digunakan untuk secara luas men-*download* gratis film dan acara televisi.

Pada hari kamis kemarin, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka telah melakukan tindakan besar dengan menutup MegaUpload, sebuah situs file-sharing populer yang digunakan untuk secara luas men-download gratis film dan acara televisi.

MegaUpload telah menerima surat dakwaan dari grand jury di Virginia atas konspirasi pemerasan, konspirasi untuk melakukan pelanggaran hak cipta dan biaya lainnya pada 5 Januari (tentang SOPA selengkapnya klik di sini). Pemerintah federal pada hari Kamis menangkap empat orang dan mengeksekusi lebih dari 20 surat perintah penggeledahan di Amerika Serikat dan delapan asing negara, merebut 18 nama domain dan aset sekitar $ 50 juta, termasuk server yang berjalan di Virginia dan Washington, DC.

MegaUpload sendiri adalah sebuah "loker digital" yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file yang kemudian dapat di-streaming atau di-download oleh orang lain. Anak perusahaan situs Megavideo ini sangat populer untuk download film dan acara TV secara tidak sah. Pengguna yang meng-upload konten yang terbukti sangat populer juga dibayar untuk partisipasi mereka.

Dalam pernyataan bersama, Departemen Kehakiman dan FBI menyebut tindakan ini sebagai "salah satu kasus pidana hak cipta terbesar yang pernah dibawa oleh Amerika Serikat."

Ira Rothken, pengacara MegaUpload, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia hanya belajar dari tindakan dalam siaran pers pagi ini dan belum membaca seluruh dakwaan. "Kesan awal kami adalah bahwa tuduhan tersebut tidak berdasar dan MegaUpload akan menggugat mereka dengan penuh semangat," katanya. "Kami memiliki keprihatinan mendalam atas proses jatuh tempo dan aset-aset yang diambil tanpa kesempatan untuk sidang."

Menurut dakwaan itu, Departemen Kehakiman menyatakan bahwa MegaUpload adalah sebuah "konspirasi besar" dan sebuah organisasi kriminal global "yang anggotanya terlibat dalam pidana pelanggaran hak cipta dan pencucian uang dalam skala besar."

Situs ini dinyatakan memiliki lebih dari 50 juta pengunjung setiap hari, menurut pihak berwenang federal. Dan operator MegaUpload mendapatkan lebih dari $ 175 juta keuntungan ilegal dan menyebabkan kerugian pemegang hak cipta sekitar $ 500 juta.

Empat operator MegaUpload telah ditangkap di Selandia Baru, sementara tiga lainnya masih buron. Ketujuh orang tersebut, masing-masing dikenakan maksimal 55 tahun penjara.

Kasseem Dean, yang dikenal sebagai produser musik "Swizz Beatz" dan suami dari Alicia Keys, tidak disebutkan dalam dakwaan, meskipun ia dilaporkan menjabat sebagai chief executive officer Megaupload. Rothken mengatakan bahwa Beatz datang sebagai CEO baru-baru ini ketika "masa transisi terjadi." [ND]

Update : Website departemen Kehakiman dan Universal Music Group, yang telah terlibat dalam litigasi dengan MegaUpload, menjadi down pada hari Kamis. Situs diserang oleh anggota kelompok hacker Anonymous dalam menanggapi tindakan melawan MegaUpload, menurut laporan di CNET News. Selengkapnya klik di sini.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel