1

Inovasi Teknologi Mobile yang Berhasil Merubah Wajah Industri

23 Nov 2011 16:30 4141 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk saat ini hampir semua hal telah ditemukan, sehingga istilah penemuan teknologi menjadi jarang digunakan, tidak seperti dulu. Tetapi perkembangan tidak berhenti hanya di situ saja, karena masih ada satu istilah yang paling berperan yakni inovasi teknologi.

Untuk saat ini hampir semua hal telah ditemukan, sehingga istilah penemuan teknologi menjadi jarang digunakan, tidak seperti dulu. Tetapi perkembangan tidak berhenti hanya di situ saja, karena masih ada satu istilah yang paling berperan yakni inovasi teknologi.

Dan kali ini Paseban akan membahas mengenai disruptive companies yang merupakan sebuah perusahaan yang melakukan inovasi teknologi dan berhasil menginvasi pasar, sehingga memaksakan terjadinya perubahan dan menciptakan sektor industri baru.

Berikut ini beberapa disruptive companies yang melakukan inovasi teknologi tersebut:

Tech Disruptor: iPad

Meskipun dari segi harga masih lterbilang ebih mahal daripada kompetitor lainnya, namun iPad tetap memimpin dengan market share sebesar 68.3%. Dan dari survei yang dilakukan Mediapost, inovasi teknologi iPad menggantikan peran laptop sebesar 19%, peran e-readers sebesar 13% dan perangkat media hiburan sebesar 10%.

Berikut hasil dan proyeksi peningkatan iPad dari 2008 hingga 2015 :

iPad

Dengan menantang ide komputer portabel, inovasi teknologi Apple iPad membuka sektor industri tablet PC baru, menginvasi pasar dan memimpin dunia teknologi tablet PC.

Web Disruptor: Google Apps

Produk ini menantang software word processing, kalender dan spreadsheet program konvensional. Dengan sederhana dan efektif, Google Apps mengubah tren industri software-software tersebut dengan menambahkan inovasi teknologi sehingga bisa terintegrasi dan share secara online.
19 bulan pertama setelah peluncuran Google Apps, 10 juta orang menggunakannya dan terus bertambah. Meskipun Microsoft Office masih menguasai dengan market share 80%, dan Google Apps pada angka 8%, namun inovasi teknologi Google Apps layak disebut sebagai web disruptor karena menjadi yang pertama dalam mengajukan industri cloud based information sharing.

Telecommunication Disruptor: Skype

Dengan menggunakan teknologi VoIP, Skype melakukan inovasi teknologi dengan menyediakan layanan telepon dan mengirim pesan murah dibandingkan layanan tradisional yang hal ini tentu saja bisa menjadi ancaman bagi operator ponsel.

Pertumbuhan konsisten Skype:

Skype

Skype bisa dibilang sebagai pionir yang mendorong industri telekomunikasi kearah internet sourced technology.

Tech and game disruptor: Zynga

Menggabungkan dua komponen yang disukai banyak pengguna, media sosial dan game, sekaligus menawarkan platform game tanpa memerlukan perangkat game console tambahan, inovasi teknologi Zynga mendobrak dan mengubah wajah industry game.

Pertumbuhan pengguna Zynga:

Zynga

Pertumbuhan pendapatan Zynga:

Zynga 2

Entertainment/Retail Disruptor: Netflix

Netflix menawarkan inovasi teknologi streaming yang bisa mengakses berbagai macam hiburan video, dan mengubah industri rental video.

Pertumbuhan pengguna Netflix:

Netflix

Web/music disruptor: Pandora

Sebagai pionir dalam industri internet radio, inovasi teknologi Pandora menawarkan layanan radio pribadi yang bisa pengguna tentukan sendiri.

Pertumbuhan radio vs internet radio:

Internet Radio

Total pendapatan radio online sejak Pandora didirikan pada tahun 2000:

Pandora

Pandora mendefinisi ulang format dari radio, dan memaksakan industri tersebut ke arah yang lebih personalization. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel