1

Ternyata Facial Recognition pada OS Android Ice Cream Sandwich Bisa Diakali Menggunakan Foto

17 Nov 2011 15:30 3466 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu fitur terbaru pada OS (Operating System) Android 4.0 adalah sistem keamanan pengunci perangkat menggunakan teknologi facial recognition. Dengan fitur ini pengguna bisa unlock perangkat mereka menggunakan *scan* wajah mereka.

Salah satu fitur terbaru pada OS (Operating System) Android 4.0 adalah sistem keamanan pengunci perangkat menggunakan teknologi facial recognition. Dengan fitur ini pengguna bisa unlock perangkat mereka menggunakan scan wajah mereka.

Hanya beberapa hari kemudian, banyak diskusi di internet yang mempertanyakan keamanan dari sistem facial recognition ini. Pertanyaan yang muncul adalah bisakah sistem pengunci facial recognition ini diakali menggunakan foto? Sementara respon Google atas pertanyaan yang beredar dan banyak didiskusikan ini adalah fitur ini "will only get better".

Yang terjadi kemudian adalah, seseorang berhasil menjawab pertanyaan ini dengan bukti video. Dan ternyata jawabannya adalah: facial recognition Android 4.0 bisa diakali dengan foto.

Berikut bukti video yang diciptakan oleh pengguna dari Malaysia:

Ice Cream Sandwich Face Unlock feature compromised

Begitu beberapa pihak meragukan keaslian dari tes video facial recognition ini, pengguna dari Malaysia tersebut menambahkan penjelasan:

"Beberapa dari Anda pasti berpikir bahwa itu adalah sebuah trik dan saya telah mengatur Nexus Galaxy untuk mengenali gambar. Saya tekankan bahwa perangkat tersebut saya setting untuk mengenali wajah saya."

Tetapi tentu saja fitur facial recognition ini masih dalam versi Beta. Jadi masih mungkin fitur ini tidak akan bisa diakali menggunakan foto nantinya pada rilis versi akhir.

Pihak ketiga pengembang sistem facial recognition sedang mengembangkan hal seperti nantinya setting facial recognition mengharuskan adanya suatu ekspresi khusus, atau mungkin perangkat baru unlock setelah ia mengindentifikasi pengguna telah berkedip, yang mana akan membuatnya tidak mungkin untuk diakali menggunakan foto.

Dan untuk sementara ini, Anda yang telah mengupdate perangkat menjadi OS Ice Cream Sandwich dan memiliki banyak file penting di smartphone Android Anda, sebaiknya jangan menggunakan fitur facial recognition ini dulu untuk mengunci perangkat Anda sebelum update versi akhir telah rilis. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel